Cara mengatasi masalah DNS Server Lookup Failed

Bagikan:

Apabila pada saat anda browsing internet pesan DNS Server Lookup Failed muncul pada browser anda, maka ini menandakan bahwa server DNS yang anda gunakan sedang bermasalah atau tidak dapat diakses.
Di Mozilla Firefox akan keluar halaman dengan judul Server not found.

mozilla-firefox-server-not-found

Sedangkan di Google Chrome akan muncul halaman berisi pesan This webpage not available, dengan detail kode Error 105 (net::ERR_NAME_NOT_RESOLVED): Unable to resolve the server’s DNS address.

google-chrome-this-webpage-not-available

Mengganti DNS Server yang digunakan

Sebelum anda melakukan perubahan setting DNS Server yang sedang anda gunakan, pastikan dulu permasalahannya terletak pada ISP atau DNS Server. Silahkan buka command prompt terlebih dahulu, ketikkan ping 8.8.8.8 dan lihat apakah ada respon, selanjutnya ping google.com dan lihat apakah ada respon.

windows-7-command-prompt-ping

Jika ada respon mungkin sedang ada masalah pada ISP yang anda pakai, anda bisa menggunakan Google Public DNS untuk memperbaiki masalah ini. Silahkan anda ubah DNS Server yang anda gunakan ke 8.8.8.8 dan 8.8.4.4, kemudian pilih repair pada Network Connections yang aktif.

windows-network-connections-detail

Alternatifnya anda bisa menggunakan OpenDNS sebagai DNS server.

Jika cara diatas belum berhasil, anda bisa menggunakan cara manual untuk mengganti DNS Server anda melalui command prompt. Anda bisa mengakses command prompt melalui Start > Run > ketik cmd.

windows-run-cmd

Pertama anda bisa membersihkan cache DNS yang sedang digunakan dengan mengetikkan pada jendela command prompt perintah ipconfig /flushdns, kemudian ketik ipconfig /registerdns.

windows-ipconfig-flushdns-registerdns

Dengan mengikuti langkah – langkah diatas maka komputer anda akan menggunakan Google Public DNSĀ  atau OpenDNS sebagai DNS Servernya.

Menggunakan Proxy untuk mengakses website

Kadang DNS Server yang digunakan oleh penyedia layanan internet anda belum diupdate sehingga catatan lama yang bermasalah tetap dimanfaatkan. Anda bisa mencoba mengakses situs bermasalah menggunakan proxy baik yang bertipe web proxy seperti Hide My Ass! maupun menggunakan proxy server di Mozilla Firefox dengan bantuan Proxy Searcher.

proxy-searcher

Mengakses situs menggunakan Internet Archive

Kalau situs tersebut tidak bisa dibuka karena sudah mati atau memang DNS Server rusak coba gunakan layanan Wayback Machine dari Internet Archive.

wayback-machine-browse-utekno-july-snapshot

Gunanya adalah melihat arsip yang disimpan dari situs tersebut walau sudah tidak ada lagi atau dalam keadaan offline.

Lainnya

Kalau anda tidak bisa mengakses apapun di internet dengan error DNS, berarti ini masalah dari koneksi internet anda. Hubungi saja ISP yang anda gunakan untuk menyampaikan keluhan anda. Bila anda menggunakan Telkom Speedy telepon saja 147, biasanya dalam 1×24 jam akan didatangi teknisi.

Tags:
Comments(2)
  1. Felix Fronaldo February 17, 2014
  2. rafayle September 16, 2014

Tulis komentar...

Read more:
Dsimic / CC BY-SA 3.0 / Wikimedia Commons
Cara mengatasi “Check Cable Connection!”

windows-error-task-scheduler-engine-has-stopped-working
Cara mengatasi “Task Scheduler Engine has stopped working” di Windows

Close