Anomali bayar Grab pakai LinkAja

Sebenarnya saya sangat jarang menyentuh LinkAja karena hampir tidak ada kebutuhan yang mewajibkan untuk itu. Tapi karena godaan cashback dari CIMB Niaga ya iseng saja lah ngisi saldonya. Karena saya lihat banyak aplikasi mendukung metode pembayaran ini, terutama Grab yang setiap hari saya pakai.

Soal cara pesan di Grab rasanya tidak perlu dijelaskan karena semuanya sudah paham. Kali ini ceritanya saya order makanan lewat Grab Food, setelah semuanya ditotal Rp. 27.000 saja. Metode pembayaran dari OVO saya ganti ke LinkAja. Saldo cukup, semuanya lancar bukan? Ya… di akhirnya sih memang, tapi ada beberapa keanehan saja yang diwajarkan.

grab cs linkaja tagihan bukan sebenarnya

Saat pesanan berlangsung saya mendapatkan notifikasi dari LinkAja bahwa pembayarannya diambil Rp. 47.000. Otomatis bingung dong saya, kok ditagihkan lebih banyak daripada aslinya, bahkan saya kepikiran apa salah pesan atau lupa pakai promonya.

Isi notifikasinya “Reserve transaksi di PT. GRAB senilai Rp. 47.000 tgl 12/04/2021 berhasil. Saldo anda Rp. 19.001. Info: linkaja.id”

Saya cek ulang semuanya sudah benar, tidak ada yang salah. Ya otomatis saya buru-buru komplain ke customer service Grab lewat livechat di aplikasinya. Agak nunggu lama antriannya, tapi akhirnya disambungkan ke cs manusia bukan bot.

Singkat cerita, ini ternyata normal saja. Dimana saldo yang diambil kelebihan itu nanti akan direfund sesuai yang dipakai saja. Kutipan livechatnya ada di gambar pertama Oke, agak tenang saya.

Update, ternyata ada yang komplain masalah serupa dan dinyatakan ini normal.

Namun tidak berhenti disini kisahnya, ternyata pesanan saya ditolak oleh restonya. Bedanya dengan OVO, pakai LinkAja saldonya tidak langsung dikembalikan. Dan lagi-lagi saya kontak csnya, diberi batas waktu 1×24 jam dananya akan masuk.

grab livechat refund linkaja

Walau was-was tapi dalam 1 jam ternyata refund berhasil ga perlu nunggu seharian. Cuma jeleknya tidak seinstan OVO memang, bayangkan kondisi urgent dan tidak bisa pesan ulang karena saldo ditahan.

Akhirnya pesan di resto lain dan kejadian diatas berulang lagi, kena charge lebih dan saya bisa pastikan selisih selalu 20 ribu lebih mahal dari aslinya. Entah kenapa selalu di angka itu. Aneh kan?

Sekarang saldo saya sisanya 35 ribuan. Motivasi saya cuma penasaran saja, misal saya pesannya mepet nominal kan ditagihkan lebih besar Rp. 20.000. Apakah akan tetap diproses pesanannya atau malah gagal?

Ya cus saja saya tes, dan beneran di notifikasi kena 55 ribuan dan statusnya gagal. Tapi di aplikasi Grab pesanan saya tetap diproses seperti biasa, lancar kok sampai diantarkan ke rumah.

linkaja saldo tidak mencukupi

Dan LinkAja walau tulisannya gagal uangnya tidak cukup, tapi akhirnya benar kok tagihannya. Dalam inbox akan ada penjelasan bawah “Maaf, nomor_hp saldo LinkAja tidak mencukupi. Silahkan isi saldo. Cara isi saldo dapat Anda temukan di website linkaja.id“.

Sungguh mengherankan kombinasi Grab dan LinkAja ini. Kesimpulannya: Nominal tagihannya lebih besar dari aslinya dan lama refundnya kalau pesanan dicancel.

LinkAja ini anak tiri di ekosistem Grab.

7 pemikiran pada “Anomali bayar Grab pakai LinkAja”

  1. Waahhh barusan aku ngalamin ini kak yang kayak begini. Jajan 38 ribu, kok bayar pake link aja 58 ribu. Kan lumayan juga selisih Rp 20 ribunya bisa buat jajan yang lain. Itu nanti apakah kembalinya deposit masuk ke link aja atau ke akun grab kita ya?

    Balas
  2. Wah, mampir sini krn browsing2 stlh ngalamin kejadian serupa. Total grabfood 35k, eh ada notif link aja sukses bayar 55k.
    Smg selanjutnya ada kebaikan yg lbh jelas dan tdk terkesan membingungkan begini.

    Balas
    • Betul sekali. 😀

      Walaupun pada akhirnya tidak ada masalah pada tagihan atau saldo tersisa. Tapi jelas bikin bingung saat belanja.

      Apalagi kalau order batal itu refundnya tidak seinstan OVO. Nyangkut dulu beberapa jam.

  3. Wah dari tadi kebingungan saldoku dimnaaa 20 rb lagi.. Sedih2 gimana gitu. Maunya tanya nanti sama mas grab yg nganter sate. Eh, kepikiran gugling nyari info…
    Untung ketemu web ini. Makasih ya infonya. Mudah2an bentar lagi refund nya masuk ke linkaja

    Balas
    • Saya nulis karena minim yang share. Tampaknya karena ga banyak yang pakai linkaja buat bayar di grab. 😀

      Iseng coba karena ada promo, lah kok kena charge lebih mahal. Tapi setelah dicek sisa saldonya bener, akhirnya diulang lagi untuk memastikan.

      Semoga lekas diperbaiki oleh grab atau linkaja, bikin bingung kalau pertama kali kejadian.

Tinggalkan komentar