Anomali SSD VGEN

Kalau dihitung sejak saya pertama beli SSD merek V-GEN ini sudah hampir 2 tahun. Tapi bukan berarti tanpa ada cerita, sudah 2 kali saya klaim garansi karena kerusakan tapi beda kasus keduanya.

Soal pengalaman dan pelayanan garansi, terus terang VGEN tanpa cela. Cepat dan tidak dipersulit proses RMA mereka. Kebetulan SSD saya 240GB sudah tidak produksi jadi direplace ke yang setara dengan sedikit upgrade 256GB. Ya… masa nolak.

hd sentinel vgen ssd overview

Dari tukar barang per Agustus 2020 sampai sekarang berarti hampir setahun, dan saya baru sadar ada keanehan dalam informasi SMART dan hasil analisa HD Sentinelnya. Bisa dilihat healthnya barusan turun ke 99% dan performance ke 80%.

Bukan masalah tanda-tanda bakal rusak lagi dalam waktu dekat, tapi angka-angka statistik di SMART kok terlalu datar. Tidak ada cela kecuali penggunaannya saja. Mungkin memang tidak ada masalah, dan amin saja.

Yang jadi tanda tanya besar adalah suhunya. Kenapa kok titik tertinggi dan terendah bisa persis 40 derajat dalam pemakaian hampir setahun ini. Ga masuk akal kan? Apalagi jelas tidak hanya digunakan untuk Word atau Excel saja, kadang ngegame dengan intensif. Masa temperaturnya normal-normal saja? Soalnya masalah terakhir yang saya alami di SSD VGEN utamanya karena suhu terlalu tinggi.

hd sentinel vgen ssd temperature

Apakah saya merasakan adanya masalah atau kerusakan? Terus terang tidak, walau dikatakan performanya turun setidaknya jauh lebih cepat daripada harddisk. Mungkin kalau dibandingkan NVMe bakal terasa bedanya.

Tidak ada file atau folder yang hilang maupun korup mendadak. Semoga saja tidak, tapi belajar dari pengalaman saya sebelumnya sudah membuat backup sistem operasi dengan Macrium Reflect dan data-datanya di harddisk eksternal.

Tapi karena masa garansinya SSD itu 3 tahun maka saya mempertimbangkan untuk klaim garansinya lagi kalau ada degradasi kualitas dalam sisa waktunya.

Ini masalahnya cuma di saya, atau ada yang mengalami hal serupa di V-GEN atau merek lainnya?

Tinggalkan komentar