Anomali SSD VGEN

Advertisements

Kalau dihitung sejak saya pertama beli SSD merek V-GEN ini sudah hampir 2 tahun. Tapi bukan berarti tanpa ada cerita, sudah 2 kali saya klaim garansi karena kerusakan tapi beda kasus keduanya.

Soal pengalaman dan pelayanan garansi, terus terang VGEN tanpa cela. Cepat dan tidak dipersulit proses RMA mereka. Kebetulan SSD saya 240GB sudah tidak produksi jadi direplace ke yang setara dengan sedikit upgrade 256GB. Ya… masa nolak.

hd sentinel vgen ssd overview

Dari tukar barang per Agustus 2020 sampai sekarang berarti hampir setahun, dan saya baru sadar ada keanehan dalam informasi SMART dan hasil analisa HD Sentinelnya. Bisa dilihat healthnya barusan turun ke 99% dan performance ke 80%.

Advertisements

Bukan masalah tanda-tanda bakal rusak lagi dalam waktu dekat, tapi angka-angka statistik di SMART kok terlalu datar. Tidak ada cela kecuali penggunaannya saja. Mungkin memang tidak ada masalah, dan amin saja.

Yang jadi tanda tanya besar adalah suhunya. Kenapa kok titik tertinggi dan terendah bisa persis 40 derajat dalam pemakaian hampir setahun ini. Ga masuk akal kan? Apalagi jelas tidak hanya digunakan untuk Word atau Excel saja, kadang ngegame dengan intensif. Masa temperaturnya normal-normal saja? Soalnya masalah terakhir yang saya alami di SSD VGEN utamanya karena suhu terlalu tinggi.

hd sentinel vgen ssd temperature

Apakah saya merasakan adanya masalah atau kerusakan? Terus terang tidak, walau dikatakan performanya turun setidaknya jauh lebih cepat daripada harddisk. Mungkin kalau dibandingkan NVMe bakal terasa bedanya.

Tidak ada file atau folder yang hilang maupun korup mendadak. Semoga saja tidak, tapi belajar dari pengalaman saya sebelumnya sudah membuat backup sistem operasi dengan Macrium Reflect dan data-datanya di harddisk eksternal.

Tapi karena masa garansinya SSD itu 3 tahun maka saya mempertimbangkan untuk klaim garansinya lagi kalau ada degradasi kualitas dalam sisa waktunya.

Ini masalahnya cuma di saya, atau ada yang mengalami hal serupa di V-GEN atau merek lainnya?

Advertisements

2 pemikiran pada “Anomali SSD VGEN”

  1. sama nih, vgen sata 256GB, pertama beli 2 minggu hdsentinel hasilnya 24 bad sector health 61%
    garansi ditukar baru
    penggantinya 2 minggu kemudian hd sentinel nya 23 bad sector health 66%
    keduanya average temp >55C pake caddy di laptop
    selama ini pake vgen ramnya bagus tp ssd nya beda nih

    Balas
    • Saya malah mengalami masalah baru mas.

      Setelah semua suhu selalu konstan 40 Celsius. Performanya turun ke 80%an, dan healthnya jadi 99%.

      Dulu saya kira suhunya normal, tapi ga pernah berubah. Agak ngeri juga kalau tiba-tiba mokad.

      Masalahnya saya sudah tukar 3x dalam 2 tahun masa garansi, mau ganti lagi keburu habis garansinya. Ya sudahlah nerima saja.

      Keponakan saya pakai merek SSD ga jelas data SMART+sensornya normal.

Tinggalkan komentar