Apa itu ctfmon.exe?

Saat anda mengecek proses program yang sedang berjalan di Windows melalui Task Manager besar kemungkinan akan menemukan satu yang bernama ctfmon.exe. Bisa jadi anda penasaran ini fungsinya apa dan jangan – jangan merupakan virus atau malware lainnya. Sebelum anda panik saya jelaskan dulu ini adalah salah satu fitur dari Microsoft Office yang akan ikut otomatis diinstall dan aktif di background.

Apa fungsi ctfmon.exe? Guna dari proses ini adalah membantu masukan dengan metode alternatif seperti bahasa Asia Timur (Cina, Jepang, Korea, dan sebagainya). Lebih tepatnya anda bisa menemukannya di Alternative User Input dan Office Language bar. Kalau kita hanya mengetikkan dokumen Office (Word, Excel, PowerPoint, dan lainnya) dalam bahasa Indonesia atau Inggris maka program ini bisa dengan aman dimatikan.

Bagaimana cara mematikan ctfmon.exe? Saya tidak akan berbelit – belit menggunakan metode panjang, langsung saja jalankan command prompt dan ketikkan perintah – perintah berikut: Regsvr32.exe /u msimtf.dll dan Regsvr32.exe /u msctf.dll, harap dieksekusi satu per satu.
cmd-regsrv32-exe-u-msimtf-dll-msctf-dll

Ini menginstruksikan agar Windows menghapusnya dari daftar proses yang diaktifkan saat booting nanti. Tapi langkah kita belum terhenti karena selanjutnya kita perlu memanggil System Configuration (msconfig.exe) dan buka tab Startup anda akan menemukan ctfmon.exe didalamnya, hilangkan centang pada opsi tersebut supaya pada saat Startup tidak dijalankan. Jika sudah kedua langkah ini dilakukan maka proses ini sudah berhasil anda nonaktifkan.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...