Bukan review KoinWorks

Advertisements

Ini bukan review soal KoinWorks, juga ga ada pembahasan mendalam soal sistem P2P Lending. Karena saya bukan ahlinya dan daripada menyesatkan banyak orang kan bahaya. Jadi ini cuma kesan atau opini yang terbentuk setelah saya menggunakan aplikasi investasi ini selama hampir setahun. Dari sisi orang awam.

Catatan saja, total investasi saya sangat kecil. Cuma 200 ribuan saja. Ini karena sebelum menilai instrumen investasi tertentu, minimal saya coba dulu lihat bagaimana hasilnya. Tentu yang dijanjikan atau dipromosikan bisa beda dengan kenyataan, saya maklum kalau itu. Intinya selama diawasi OJK setidaknya waras lah perusahaannya.

koinworks p2p

Berdasar pengalaman saya melakukan investasi bukan tabungan, seperti reksadana di Bibit, emas di Pegadaian, dan saham di Stockbits. Tujuan saya ya mencari keuntungan setinggi mungkin yang masuk akal dan patuh hukum. Nah… Koinworks kan P2P lending, jadi dana yang kita setor akan dipinjamkan ke orang atau usaha lain yang membutuhkan. Kita akan mendapatkan bunga dari sana. Karena inilah persentasenya bisa lebih tinggi daripada yang konvensional.

Advertisements

Cara beli Koin P2P sendiri sangatlah mudah, tinggal pilih pinjaman apa yang sedang tersedia dan dicek rating resikonya. Yang huruf A, B,C dan seterusnya. Seperti gambar diatas. Terlihat berapa lama masa pinjamannya dan persentase keuntungannya setahun, kalau 3 bulan ya dibagi saja.

Nah… karena ini uang dingin dan nominal kecil saya ga terlalu peduli juga, jadi tidak secara aktif dipantau. Sempat 2-3 kali lunas tanpa ada masalah, jadi diputar kembali uangnya daripada didiamkan. Ada fitur KoinRobo untuk otomatis belinya.

Tapi ada kejadian satu pinjaman yang tampaknya gagal bayar. Seingat saya, samar-samar memang ada semacam jaminan/asuransi bahwa akan dikembalikan uang kita. Yang saya lihat pada skema pengembaliannya cuma bikin geleng-geleng. Uang yang saya investasikan cuma Rp. 100.000 tapi lunasnya bakal di tahun 2023 karena tiap bulan dicicil sekian ratus atau ribu rupiah saja. Pantes bisa makan waktu 2 tahun lebih.

koinworks jadwal pembayaran

Advertisements

Saya cuma membayangkan kalau misal dulu masukkan dana sekian juta atau lebih, apa ga stres lihat sistem cicilannya seperti itu. Mungkin memang sesuai akad kalau yang utang gagal bayar akan direfund dengan cara seperti itu, tapi jelas saya ga ingin mengulangi lagi.

Kesimpulan yang saya dapat, lebih mudah memahami dan investasi di reksadana atau saham daripada utang-utangan ini. Kalau sudah masalah, resiko nyangkutnya lama walaupun bakal balik juga.

Kalau ada koreksi silahkan. Saya kembali tekankan karena nilai investasi saya kecil jadi alur saya ya cuma beli produknya dan biarkan, kadang 1-2 bulan dicek. Dan hal yang saya ceritakan diatas adalah yang saya tangkap keseluruhannya.

Dan saya masih ada investasi di Koinworks sampai saat ini, tapi tidak nambah. Cuma tidak ada minat menarik uangnya saja.

Advertisements

Tinggalkan komentar