Cara backup kontak Android ke Google otomatis

Dari pengalaman yang paling merepotkan kalau berganti handphone Android baru adalah masalah kontaknya, jelas tidak mungkin kalau disimpan dalam SIM card yang kapasitasnya terbatas. Apalagi kalau kita sudah mengisikan beberapa nomor telepon didalam satu kontak beserta alamat rumah, tanggal lahir dan foto orangnya. Walau kita bisa melakukan backup kontak manual menjadi format VCF tapi ternyata ada cara yang lebih mudah dan prosesnya akan berlangsung otomatis – ini untuk backup dan pemulihan datanya di perangkat Android baru anda.

Hal ini baru saya ketahui saat berganti dari Lenovo A369i (Android 4.2.2 Jelly Bean) menjadi ASUS Zenfone 5 (Android 4.4.2 Kitkat) karena seluruh kontak saya tidak terbawa ke hp baru. Ternyata saat saya pertama mensetting hp lama saya tidak mengaktifkan backup dan sinkronisasi data kontak dengan akun Google. Akhirnya saya menghidupkan fitur ini secara manual.

Bagaimana caranya backup kontak ke akun Google?

  1. Silahkan buka Settings (Pengaturan/Setelan) kemudian pada bagian Personal tap di Backup & reset.
    android-settings-personal
  2. Pada pengaturan backup dan reset ini aktifkan Back up my data.
  3. Pastikan Backup account menuju akun Gmail/Google anda.
    android-backup-reset-settings
  4. Nah.. untuk otomatis memulihkan data handphone lama di handphone baru beri tap untuk memberi centang di Automatic restore.

Ini memastikan agar data kontak yang sudah ada dan setiap kontak baru akan otomatis diupload ke Gmail, sinkronisasi modifikasi kontak juga berlangsung secara rutin ini memastikan agar data terbaru yang tersimpan.

Metode ini jelas lebih praktis dibandingkan memulihkan kontak melalui file VCF dan apalagi secara manual memasukkan satu persatu dijaman dahulu. Oh ya, anda bisa memastikan apakah kontak – kontak anda sudah ada di Google dengan membuka Gmail dan cek kontak yang tersimpan, bila ada dan sesuai dengan yang ada di gadget Android anda maka sudah berhasil, bila tidak silahkan lakukan langkah – langkah diatas.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...