Cara blokir website di modem FiberHome

Karena banyak jenisnya konten di internet dan kadang tidak sesuai untuk konsumsi anak dibawah umur maka kita harus lebih perhatian mengenai apa saja yang diakses online. Atau anda ingin membatasi penggunaan bandwidth dengan memblokir situs – situs tertentu seperti YouTube. Nah… kalau anda juga menggunakan modem FiberHome AN5506-04-FG/F2 (saya dapat dari MyRepublic) maka bisa dengan mudah diterapkan.

Yang pertama tentulah langsung login ke halaman administrasinya: 192.168.1.1 dari browser. Kalau username dan password defaultnya belum berubah maka isikan admin & admin. Kemudian pindahkan ke halaman Security dan aktifkan Firewall. Enable dan klik Apply.
fiberhome-security-firewall
Selanjutnya buka bagian URL Filtering, aktifkan dan pilih modenya. Bisa whitelist berarti hanya situs dalam daftar yang bisa diakses, atau blacklist yang berarti url yang didalamnya akan diblokir aksesnya.

fiberhome-security-url-filtering

Kemudian masukkan aturan URLnya dengan klik Add dan isikan saja alamat websitenya.

Apa yang terjadi kalau ada yang berusaha mengakses alamat situs yang masuk daftar blokir? Maka akan muncul pesan error Server not found di Firefox atau This webpage is not available di Chrome seakan – akan website tersebut tidak ada.

google-chrome-youtube-is-not-available

Tapi perangkat atau komputer yang terhubung harus direstart dulu, kalau sebelumnya sudah mengakses situsnya dan masih aktif ya tidak bisa karena informasi DNSnya masih tersimpan.

Semoga bermanfaat. 🙂

6 pemikiran pada “Cara blokir website di modem FiberHome”

  1. Ada beberapa situs judi online yang tidak bisa diblokir.. setelah d coba tetap situs trsebut masih bisa dibuka.. seperti dewa poker dan poker88bos.com tetap tidak bisa d buka.. mohon solusinya gan..

Tulis komentar...