Cara cek mutasi rekening di m-BCA

Dibandingkan KlikBCA yang perlu token untuk melakukan transaksi, maka aplikasi mobile bankingnya m-BCA lebih mudah dan praktis untuk penggunaannya. Sudah lama saya menggunakannya untuk alat utama pengecekan informasi rekening BCA saya, salah satunya cek mutasi tabungan terbaru.

Kadang kita terima transfer dari teman dan ingin melihat apa benar saldonya sudah masuk. Atau ada pembeli yang belanja barang dagangan anda secara online dan katanya sudah transfer, semuanya perlu mengecek buktinya kan? Kalau internet banking sudah aktif masih bisa dicek lewat browser, tapi kalau harus ke ATM malah repot dan resiko jadi korban penipuan online.

Disini saya akan menjelaskan langkah-langkah melihat mutasi yang terjadi pada rekening BCA anda. Tapi sebelumnya anda perlu install aplikasi BCA Mobile dan melakukan aktivasi fitur finansialnya. Bisa lewat ATM atau HaloBCA.

Cara cek mutasi rekening lewat m-BCA

  1. Buka aplikasinya, dan tap pada menu m-BCA. Isikan kode akses yang telah anda setting sebelumnya, apabila lupa atau pindah hp bisa direset sendiri.
  2. Kemudian pilih menu m-Info.
  3. Dan lanjutkan tap Mutasi Rekening.
  4. Selanjutnya isikan rentang waktu data mutasi tabungan anda yang ingin dilihat. Defaultnya hari ini, dan maksimal 7 hari. Kalau di KlikBCA bisa 30 hari. Tap Send dan isikan nomor PIN anda.
  5. Informasi daftar transaksi terbaru di rekening BCA anda akan muncul. Silahkan perhatikan dan bandingkan apakah benar sudah ditransfer. Datanya bisa disimpan dalam bentuk PDF atau dishare juga.
  6. Selesai.

Untuk mengetahui apakah transfer atau uangnya sudah masuk, maka tulisannya warna biru dan ada kode CR (Credit). Sedangkan kalau anda membayar atau transfer ke orang lain maka warnanya adalah merah dengan kode DB (Debet).

Sedikit tambahan saja, apabila si pengirim uang memberikan bukti transfer melalui struk ATM atau screenshot m-BCA sendiri, selama dananya belum tercatat dalam mutasi maka harap tahan dulu.

Proses transfer sesama BCA atau antar bank lain biasanya berlangsung instan, jadi waspadalah kalau dibilang ada penundaan atau kliring. Dan sekarang edit gambar/foto sudah semakin canggih, sekalian saja tunggu besok untuk mencegah penipuan.

Sekian dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar