Cara cek mutasi rekening Bank Mandiri secara online

Walaupun kita bisa melihat detail transaksi finansial yang terjadi dalam rekening Bank Mandiri dengan mencetak buku tabungannya tapi ini cara yang masih manual dan cukup repot kalau sewaktu – waktu harus ke kantor cabangnya. Solusi terbaiknya adalah lewat internet banking Mandiri karena kita bisa mengecek mutasi rekening setiap saat tanpa batas waktu. Jelas sangat memudahkan bukan? Apalagi kalau kita profesinya adalah berjualan lewat olshop, harus tahu keluar masuknya dana dengan rinci.

Tapi syaratnya anda sudah ke mesin ATM, meminta kode aktivasi dan kemudian mengaktifkannya. Bukan proses yang sulit berdasarkan pengalaman saya, cuma agak repot saja. Tapi kalau dibandingkan manfaatnya ya tidak rugi kok.

Bagaimana caranya? Silahkan login dulu ke internet banking Mandiri personal menggunakan username dan password akun anda. Kemudian dari halaman utama klik menu Informasi Rekening dan pilih Mutasi Rekening.

internet-banking-mandiri-mutasi-rekening

Nanti silahkan memilih nomor rekening tabungan Mandiri anda, kemudian atur apakah ingin melihat daftar transaksi yang terjadi berdasarkan jangka waktu (misal: 1 Desember 2015 sampai 31 Desember 2015) atau berdasarkan jumlah transaksi terakhir (misal: 10 transaksi finansial terbaru). Bila sudah yakin klik Kirim.

Kemudian akan muncul daftar mutasi rekening dalam bentuk tabel berdasarkan kriteria yang telah anda tentukan sebelumnya seperti gambar dibawah. Anda akan tahu detail informasi seperti transfer, penarikan dana, setoran, biaya administrasi, bunga dan sebagainya. Tentu juga berapa saldo rekening anda.

internet-banking-mandiri-mutasi-rekening-jangka-waktu

Bank Mandiri sendiri cuma memberikan akses mutasi rekening 6 bulan terakhir dan 1 bulan terakhir untuk rincian data transaksinya. Jadi kalau menurut anda penting maka sebaiknya disimpan atau didownload dalam bentuk CSV, nantinya bisa dibuka oleh Microsoft Excel untuk mengolah datanya.

Semoga bermanfaat. 🙂

40 pemikiran pada “Cara cek mutasi rekening Bank Mandiri secara online”

  1. cara paling cepet & gratis buat cek mutasi 🙂 asal ada koneksi internet
    sayang token rusak jadi ib mandiri cuma berfungsi buat cek mutasi doang, kalau buat transaksi terpaksa pakai sms banking walau lumayan nguras pulsa tapi masih mending dibanding harus ke atm yang jauh

    • Betul sekali, awalnya harus repot – repot ke ATM buat konfirmasi kalau ada yang transfer. Tapi kalau dipikir – pikir ya sangat merepotkan juga. Lebih enak di rumah ngeceknya. Hehe. 😀

      Kalau tokennya rusak bisa diganti yang baru, bayar 20ribu tapi. Daripada kalau hilang harus membuat surat kehilangan dari polisi.

  2. mas chandra.. ! kalo dI aplikasi mandiri mobile yang saya download di google play. emng ga ada tombol untuk mutasi rekening nya.. apa ada aplikasi lain lagi… ! kasih tau donk mas.

    • Halo Riyan, saya lihat – lihat tampaknya aplikasi Android Mandiri memang belum bisa cek mutasi rekening mas. Solusi sementara ya akses internet banking Mandiri dari browser hp, bisa kok mas.

  3. Mw tanya za….aq sdh k’atm trs daftar internet banking….tapi knp klr ” Atm anda tidak dperboLehkan/d’izinkan utk mendaftar ”
    KLo ky begitu knp za….
    Mksh…ats jwbnx

    • Halo Adel, untuk fitur – fitur di internet banking semuanya gratis mbak. Kecuali transfer atau bayar tentu harus ambil dari saldo.

  4. hai kak,
    mau tanya kalau untuk cek mutasi rekening 4 bulan yg lalu kok sudah gak muncul ya? keterangan nya kaya gini ” APR-1110077 – Record Mutasi Transaksi tidak ditemukan”
    mohon penjelasan nya,terimakasih 🙂

  5. Saya rencana mau buka rekening tabungan valas bank mandiri dalam bentuk USD, kira – kira berapa potongan per-bulannya? Dan penarikan uangnya apakah bisa di tarik dalam bentuk USD apa dalam bentuk rupiah?

  6. Mau tanya. Putri saya punya Atm dr sekolahan.. Karena kebijakannya membayar bulanan lewat bank. Atm suka saya gunakan untuk saya sendiri (ibunya). Kalo mau mutasi di internet madiri trus bagaimana ea caranya.. Karena dari sekolahan hanya dapat kartu atm saja. Tanpa amplop..

  7. Mau tanya nih. Bagaimana cara mengetahui nama pengirim ke rekening kita? Saya kan olshop dan pake MANDIRI, kalo ngecek mutasi kok ga ada nama pengirim nya. Semoga jawabannya bisa membantu, TERIMAKASIH

    • Lewat internet banking? Memang seminim itu mbak informasinya, harus ditanyakan langsung ke kantornya kalau mau detail.

      Saran saya untuk transfernya ditambahkan kode unik beberapa rupiah untuk membedakannya.

  8. Hai kak, saya mau nanya nih, kalo di saat cetak mutasi kan ada nominal lalu huruf D/C yg tertera di kertas cetaknya itu apakah d untuk debit dan c nya apa ya? Dan yg mana yg duit masuk yg mana duit keluar saya kurang paham terima kasih 🙂

    • Bisa mas, kalau niatnya hanya ingin cek saldo + mutasi lewat ATM cukup. Tapi kalau ingin bertransaksi online maka perlu ke cabangnya buat ambil Token.

  9. mas mau tanya jd saya kemarin tf uang ke rekening adik sya nah hari ini tencana saya mau print out apakah nanti kelihatan datanya? dan klo kelihatan namanya apa dan nama penerima tf saya kelihatan atau tidak

Tulis komentar...