Cara cek resi Yanwen

Diantara beberapa metode pengiriman barang dari Cina maka seperti China Post atau EMS (Express Mail Service) maka nama Yanwen Express mungkin pernah anda dengar. Kadang beberapa penjual di AliExpress akan menggunakan jasa ekspedisi Yanwen untuk mengirimkan barangnya ke Indonesia, dan tentu saja kita harus tahu bagaimana statusnya.

Pastinya dari si penjual anda akan mendapatkan sebuah nomor resi yang bisa digunakan untuk melacak bagaimana keadaan paket anda sejak dari negara asal sampai negara tujuan. Nah… untuk melakukan proses trace and tracking ini sangatlah mudah, silahkan kunjungi situs Yanwen dan langsung saja isikan nomor resinya di kotak Tracking Number dan klik Search.
yanwen-tracking-number
Proses pencariannya sendiri sangatlah cepat, akan langsung muncul tabel berisikan data mengenai paket anda. Informasi yang ditampilkan termasuk sederhana, cuma waktu dan statusnya saja.
yanwen-tracking-results
Berikut adalah contoh hasil pengecekan resi Yanwen:

Destination Country-Indonesia

2015-03-12 00:00Indonesia Arrive at Indonesia Airport-(Yanwen’s Track End)

Original Country-Yanwen?5100045086165? To China Post Air Mail?5100045086165?

2015-03-11 00:00BeiJing Handled by Airline,Flight No. MH371
2015-03-10 00:00Beijing Internationg Mail Center Prepare to Dispatch
2015-03-09 00:00BeiJing Arrived at Beijing Internationg Mail Center
2015-03-09 00:00Beijing Internationg Mail Center Received
2015-03-07 20:00ShenZhen Despatched from ShenZhen Yanwen Sorting Center
2015-03-07 18:00ShenZhen Arrived at ShenZhen Yanwen Sorting Center

Kalau paket anda dikirimkan sudah lebih dari 3 bulan maka datanya tidak bisa dilacak melalui layanan trackingnya, anda harus menghubungi customer service Yanwen untuk mengetahuinya.

Nah… selanjutnya akan saya jelaskan mengenai Yanwen ini. Dari pengalaman nomor resi Yanwen ini walau sudah sampai di Indonesia setelahnya tidak bisa dilacak atau ada update karena memang mereka hanya menampilkan informasi sampai ke negara tujuan. Biasanya kalau menggunakan EMS atau Registered Airmail dari China Post kita bisa melanjutkan trackingnya melalui situs Pos Indonesia, dan sayangnya Yanwen ini tidak bisa seperti itu sistemnya.

Dari hasil baca – baca di Internet ternyata Yanwen sebenarnya merupakan perantara dalam pengiriman paket dan akhirnya akan menggunakan China Post juga dalam shippingnya tapi anda akan mendapatkan nomor resi berbeda. Kalau tidak salah untuk pengiriman gratis (free shipping) dari Cina beberapa penjual akan menggunakan pengiriman yang tidak bisa dilacak karena memang tidak ada nomor resinya, dan ini adalah yang paling murah tarifnya. Jadi banyak yang menggunakan Yanwen sebagai penyedia fake AirWay Bill, AWB atau nomor resi palsu ini diberikan kepada pembelinya supaya tidak sering tanya – tanya status barangnya.

Apakah barangnya akan sampai? Saya tidak mengatakan kalau menggunakan Yanwen akan ditipu, tapi karena tidak menggunakan nomor resi sendiri kita tidak bisa mengetahui keadaan paketnya. Apalagi menggunakan layanan pengiriman paket paling murah dari Cina waktunya bisa sangat lama. Paling cepat dahulu 1 bulan kira – kira, paling lama yang saya alami 3 bulan. Saya malah lupa pernah beli barang dari Cina waktu itu.

Kesimpulannya? Kalau saya sendiri jika bisa akan menghindari penjual yang memakai jasa Yanwen Express dalam pengiriman barangnya. Bukan tidak percaya, tapi tidak tahu sama sekali kondisi paketnya dalam proses pengiriman bisa membuat frustasi.

Semoga bermanfaat. 🙂

23 pemikiran pada “Cara cek resi Yanwen”

  1. saya sekarang sedang menunggu paket kiriman dgn Yanwen juga, setelah paket sampai di indonesia, apakah yang mengantar ke rumah adalah petugas Pos Indonesia atau kurir lain pak? atau justru kita yang mengambil ke kantor kurirnya?
    Regard!

    Balas
    • Selamat pagi Upi, kurir Pos Indonesia mas yang mengantarkan. Tapi harap bersabar ya, dari pengalaman lama sekali sampainya. Kalau kita mengambil sendiri lebih sering disebabkan pembayaran pajak impornya, nanti diberitahu lewat surat panggilan mas.

  2. saya juga menunggu kirimkan dari yanwen ni, kalo diliat status barang udah keluar dari China cuma abis itu udah gak bisa dicek lagi di web pos ems sedangkan di status yanwen sudah the end.

    Balas
    • Halo Kris, ya itu ga enaknya Yanwen mas. Kalau dilacak dari asalnya sih memang ada dan tampaknya normal – normal saja. Tapi begitu – katanya – sampai di Indonesia lenyap tidak ada kabarnya.

  3. saya juga menunggu kirimkan dari yanwen ni, mmng kayaknya benar ni yanwen cuma sebagai perantara ke china post kmrin sempat bingung jga krena dpat no tracking nya cuma 11 digit nomerik saja tidak ada awalan hurup dan akhiran huruf yg seperti biasa lewat china post. Tpi setelah 3 hari saya cek sekarang paket di oper ke china post dan no trakingnya ganti dengan awalan huruf terus 11 digit nomerik lalu ada akhiran huruf juga. Dan no tracking yg baru, saya coba cek ke yanwen ke baca juga dengan status terakhir yg sama. Mudah2 an nanti kalau tiba di indonesia bisa di cek lwat Ems pos krna no trackingnya sdah biasa seperti pakai china post…..ini pengalaman belanja online dri china yg kedua kalinya yg tentunya masih ada rasa harap2 cemas.

    Balas
    • Halo Supardis, betul mas dan sulit sekali menemukan informasi soal Yanwen. Saya tahunya ya ini trik penjual di Cina sana supaya tidak dikejar – kejar pembeli soal nomor resi. Mungkin mereka dropshipping bukan stok sendiri jadi barangnya juga nunggu supplier.

  4. Bang chandra sy mau tanya ada ga no resi yang pake nya angka semua sy di kasih sama penjual di ali expres no resi nya= 03085566995 nama sy arif trima kasih

    Balas
    • Saya kok tidak pernah tahu ya mas. Mungkin jenis kiriman pos tidak tercatat, kadang yang ambil paling murah pengirimannya seperti itu.

    • Ya mas chandra kata penjualnya pake pengiriman ekonomi biasa nya sampai berapa minggu ya pake nya kalau ga salah china pos small paket plus

    • Oh… mungkin sekitar 2 mingguan mas sampai di Indonesia. Biasanya pakai kargo laut yang bisa lama sekali perjalanannya kalau ambil paket yang murah.

  5. ane perkirain barang ane nyampe pas awal bulan puasa kemaren
    tapi ampe sekarang belum dateng :'(
    nomor resi 03097855402
    barangnya juga cuma $5 masa mau nipu gara-gara $5 lagian pesan di aliexpress, mau dispute malu… :'( ngoa ngoa :'(

    Balas
    • Loh, ga masalah kok mas. Itu hak kita sebagai pelanggan. Dan memang cukup sering kejadian barangnya tidak sampai dalam jaminan waktu AliExpress. Misal setelah kita sukses dispute dan barangnya tiba bisa disimpan sendiri.

    • Saya aja cuma $1,5 saya dispute minta refund ? habis barangnya gak nyampe, gak bisa di track, tokonya juga ngilang gak bisa dibuka.

  6. Wah baru saja saya dapet seller yg ngirimnya pake yanwen logistic. Tau gitu saya tanya dulu ya “standard free shipping” nya pake jasa ekspedisi apa.
    Di tempat anda di bagian “Shenzhen Despatched from yanwen sorting center” ke “Beijing International mail center received” cuma 2 harilah di tempat saya dah dari tgl 1oktober kemarin sampai sekarang (hampir 2 minggu), belum sampai ke beijing center. Normalnya berapa hari ya kira2?

    Balas
    • Halo Andi, masalahnya data kiriman Yanwen ini ngawur mas. Abaikan saja. Kiriman kita pakai jenis untracked yang tidak bisa dilacak secara nyata.

  7. Maaf mas saya mau tanya
    Pesanan saya sudah hampir 120 day kalo di liat di tracking nya yanwen ini !! Dari notif nya di terangin sorry sistem is under maintenence !! Saya komplain ke penjual dia bilang saya jiga tidak tau kenapa !! Saya coba disput tidak bisa !! Apakah saya di tipu apa emg cara kerja yanwen begini ? Soalna pertma saya pake expdsi ini !!

    Balas
    • Setahu saya Yanwen ini cuma logistik yang akhirnya pakai jasa China Post mas. Untracked, tidak bisa dilacak. Tapi memang ada kirimannya.

      Belanja dimana mas? Kalau AliExpress coba minta refund saja.

  8. mas, nanya dong, saya beli barang di ebay,baru kali ini dikrim lewat yanwen, kalau saya track , sudah sampai di indo tanggal 17 juni 2017, ini tracking no nya, AA…28198YN, mau ceknya kemana ya? kantor pos? txs

    Balas
    • Kalau langsung ke kantor pos biasanya tidak kenal format resi itu mas. Malah lebih enak langsung tanya ada kiriman ke alamatnya tidak.

  9. Sangat kecewa dengan yanwen..ni kurir ilegal kali ya..brg sy sdh 2bln blm dtng. Lain kali hindari ni kurir. Minimal pake china post aja teman2..

    Balas
  10. Waduh jadi was was belanja di aliexpress pake yanwen untung ja sepatu konsumen udh saya akalin pake aksesoris lain, kebayang kl nunggu aksesoris dr cina ampe skrg pun blm nyampe2 gileee sepatunya udah sy kirin k konsumen malah udh di pake katanya, , ohiya ada yg tau kl belanja di Alibaba sm ebay apa bs pake mbanking???kl aliexpress kan bisa itu lah knp sy suka blnja d aliexpress karna mudah bahasanya jg bisa d translet otomatis ?

    Balas
  11. yanwen ataupun kurir yang gak bisa dilacak sih gak masalah. yang masalah itu karena ggak bisa dilacak di dalam negeri itu yang masalah. bisa aja tuh orang pos atau orang becuk bangsat yang maling barang kita.
    ane pesen pernak-pernik baju, 1 bh komponen elektronk yang harganya 5rebu bisa nyampe.
    eh pas pesen jam tangan, kalkulator scientific, dibangsat tuh
    pokoknya barang umum yang bisa dipakai mending pakai regular deh toh biaya kirm juga murah

    Balas
  12. Saya punya pengalaman juga tuh beli barang elektronik dari china pesan 4 macam yang datang cuma 2 macam yang 2 macamnya gak tau mampir dimana, dilihat pada bungkusnya ada terbuka seukuran barang yang raib tadi, kira2 yang nakal orang cina nya atau mungkin orang kita sendiri ya?

    Balas

Tulis komentar...