Cara cek status pemesanan Tokopedia

Setelah membeli barang di Tokopedia dan telah melakukan konfirmasi pembayaran akhirnya kita tinggal menunggu kapan order kita diproses penjualnya dan dikirimkan. Biasanya pada tahap ini kita sebagai pembeli was – was, bukan karena akan kehilangan uang karena kalau ini sudah dijamin Tokopedia dengan sistem rekbernya – melainkan kapan barangnya tiba dan bagaimana kondisinya nanti saat diterima.

Semua hal tersebut yang ingin kita ketahui dapat dengan mudah dicek pada halaman Status Pemesanan di Tokopedia, pastikan anda telah login terlebih dahulu. Halaman ini baru ada isinya kalau anda sudah melakukan order atau sudah mengkonfirmasi pembayaran – bisa manual atau otomatis tergantung metode pembayaran yang anda gunakan.

Secara umum akan terlihat apa status dari order anda, dan apabila sudah diberi nomor resi maka bisa langsung dicek dengan klik tombol Lacak.

Kalau anda ingin mengetahui detail proses order anda di Tokopedia (bukan proses pengiriman menggunakan ekspedisi) maka klik pada Tampilkan, langsung geser kebagian paling bawah.

Contoh isi status detail pemesanan Tokopedia:

  • Buyer
    19/05/2015 08:20
    Transaksi selesai
  • Buyer
    19/05/2015 08:20
    Pesanan telah tiba di tujuan
  • Seller
    18/05/2015 13:56
    Pesanan telah dikirim
    Pesanan Anda dalam proses pengiriman oleh kurir
  • Seller
    16/05/2015 15:08
    Pemesanan sedang diproses
  • Tokopedia
    16/05/2015 14:03
    Verifikasi Konfirmasi Pembayaran
    Pembayaran telah diterima Tokopedia dan pesanan Anda sudah diteruskan ke penjual
  • Buyer
    16/05/2015 13:36
    Melakukan Konfirmasi Pembayaran
    Menunggu proses verifikasi pembayaran
  • Buyer
    14/05/2015 10:26
    Melakukan proses Check Out order
    Menunggu konfirmasi pembayaran

Terus terang dari pengalaman saya berbelanja di Tokopedia tidak ada masalah sama sekali, pengiriman menggunakan Pos Indonesia (tapi format nomor resi yang diberikan kok seperti JNE/TIKI ya) walaupun yang termurah pun tetap sampai dengan cepat dan aman – hanya 1 hari malah, belum sempat saya cek resi malah sudah diterima duluan. Haha 😀 Mungkin lokasi sellernya ada di kota sebelah.

Bagaimana dengan pengalaman anda?

379 pemikiran pada “Cara cek status pemesanan Tokopedia”

  1. mas, saya belanja di tokopedia no resinya ga bisa di temukan terus ya.? terus di tulisan pesanan telah dikirim yg tadinya dari seller ko berubah jadi system tracker..
    itu kenapa ya…

    Balas
  2. Saya mau tanya, kalo status pemesanan “Transaksi belum selesai” dan di detail proses pemesananya “Melakukan proses Check Out order menunggu konfirmasi pembayaran”. Saya sudah transfer uang sesuai yg harus di bayarkan, dan sudah di verifikasi dr pihak tokopedia, tapi setelah saya tanya k penjual, belum ada orderan dr tokopedia. Itu gimana ya? Apa yg hrs di lakukan? Terima kasih..

    Balas
    • Halo Dwi, kalau dari statusnya itu masih pada tahap verifikasi pembayaran mbak belum sudah dikonfirmasi. Nanti kalau sudah baru notifikasinya masuk ke seller. Ditunggu saja mbak.

  3. Gan saya belum tau letak no resi yang penjual input ke saya,saya bingung kt pnjual sudah kirim no resi nya ke saya tp’sya bingung entah pnjual yg bohong atau aku nya yg memang blm tau letak no resi yg pnjual kasih ke aku.so dah q coba cari g ktmu.prtnyaan saya dimna saya bs liat no resi yg kt nya sdh di input?trs klo sy mau cek brng yg sya pesen sdh dikirim p lom tnpa no resi bsa ga?cm pnya INV/20160635/XVI/41089212

    Balas
    • Halo Novi, dari mbak dapatkan nomor invoicenya itu klik saja Lacak mbak. Asalkan si seller benar sudah mengirim maka sudah bisa langsung dicek dari Tokopedia.

  4. Kasus sya jg sma kya mba Dwi poni septiani pda status pmesanan sya udh tf n udh konfirmasi pembayaran jg..stelah sya cek hri berikutnya sya tnya ke pnjual ktanya blum dpet invoice dri tokopedia…itu gmna ya mas pdahal sya udah knfir pembyaran tggal nunggu verifikasi tokopedia..knpa lama bgt

    Balas
    • Oh itu harus menunggu verifikasi pembayaran dari tim billing Tokopedia mbak. Apalagi kalau membayarnya lewat transfer bank biasa. Baru diproses pas jam kerja masalahnya.

    • Halo Nando, ya komplain ke sellernya mas. 🙂 Kalau sudah lewat 24 jam kemungkinan memang tidak ada kiriman dengan nomor resi tersebut. Coba laporkan ke cs Tokopedia.

  5. Mas sy mau tny, mohon info nya. Saya transaksi tokopedia dg Cicilan CC. Status dr seller sdh “pesanan sedang diproses”, namun ternyata brg yg dimau tdk sesuai dan akhirnya sy batalkan. Namun seller blm membatalkan. Apakah 5×24 jam stlh verifikAsi pembayaran dan seller blm memberikan no resi akan dibatalkan scr otomatis dr Toped masih berlaku? Tks

    Balas
    • Halo Widya, oh maksudnya kalau menggunakan cicilan kartu kredit dan barang belum dikirimkan lewat batas waktu apakah sama dengan transaksi biasa ya mbak?

      Hmm.. kalau ini terus terang saya belum tahu jadinya seperti apa. Tapi mestinya sih ikut batal juga mbak, karena saya yakin kasusnya mbak ini juga bukan pertama kali terjadi.

  6. Mas mau tanya, saya mesen barang di tp, nah terus sudah on process,resinya jugak sudah terlacak.
    Tapi status pengiriman belum muncul muncul (status barang on transit, barang sampai di destinasi, dll)
    itu kenapa ya? mungkin jne nya belum ngirim?

    Balas
  7. Di status pemesanan saya ko terdapat sistem tracker ya?
    Pesannya menunggu status pengiriman dari kurir.
    Itu artinya udah ada di jne apa belum ya? Soalnya saya jg mendapatkan no resi tapi ga bisa di cek, katanya resi tidak di temukan

    Balas
  8. gan, saya belanja di tokopedia no resinya ga bisa di temukan terus ya.? terus di tulisan pesanan telah dikirim yg tadinya dari seller ko berubah jadi system tracker..itu kenapa ya…apa barang akan sampai kerumah?

    Balas
    • Halo Meilinda, itu nomor resi sudah terdeteksi tapi dari trackernya ekspedisi belum ada datanya mbak. Ditunggu saja mestinya akan ada informasinya setelah beberapa lama.

  9. Mau tanya saya belanja di tokopedia dan dsudah melakukan pembayaran dan sudah juga di proses sama penjualnya padahal saya bayar pas 4 september skrhg udh tgl 11 september tp blum dikirim juga sama penjualnya

    Balas
  10. Saya udha bayar lewat indomaret . Statusnya udah di “verifikasi konfirmasi pembayaran . “Di kirinya kan toko pedia ,, tapi saya kaget ada bacaan ” batal otomatis 1 hari lagi di pemesanan nya ” ini gmn ya

    Balas
  11. Bang ngikut curhat dong,
    Kan saya beli di tokped… nah sudah ambil + Barang sudah di kirim. Udah di kasih No resi juga. Berhubung udah 4 hari gak datang juga saya coba check di WEB JNE… dan yang saya takutkan terjadi, “Not Found”… Lekas saya ke kantor cabang JNE nya, JNE juga bilang tidak ada No resi itu. Mampus….
    Udah coba hub pemilik toko malah no respon. Sampe sekarang belun juga datang. Itu memungkin untuk di Refound gak yah?

    Balas
  12. Min sy mw tanya, sy kan sudah melakukan pembayaran di TP,,trus sy konfrm ke seller ny kata ny sudah di kirim&no resi ny dikirim cz pke JOB seller ny..sy blm trima no resi ny sudah 1 hr… Brp hri max no resi ny dikirim&dikirim kmna?

    Balas
  13. Mas, saya beli di toped sudah muncul pemberitahuan di email saya bahwa barang telah tiba di alamat rumah saya tapi tidak ada kurir yang datang ke alamat rumah saya

    Balas
  14. Gan mau Tanya, kalau misal sudah ada pemberitahuan bahwa barang sudah sampai dari kurirnya, tapi belum sampai di tempat saya gimana? Di trackingnya itu malah diterima atas nama org lain. Dan di riwayat transaksi itu, sebelum hari pemberitahuan itu, sellernya mengganti no.resi pengiriman. Masalah kaya gini gimana gan?

    Balas
    • Halo Fini, itu memang tujuannya untuk anda tidak mbak? Sering kejadian kalau barang ternyata belum dikirimkan tapi karena tidak ingin ordernya batal akhirnya diisi nomor resi abal – abal atau milik orang lain.

Tulis komentar...