Bagaimana cara komplain ke AkuLaku?

Ternyata cukup banyak yang share keluhan dan pengalaman buruknya dalam berbelanja lewat aplikasi AkuLaku. Terutama di masalah pengiriman barang dimana DP sudah dibayar, tapi hingga beberapa hari hari atau bahkan hitungan minggu belum sampai di tangan. Padahal dari status pesanan sudah dibawa ekspedisi untuk dikirimkan ke pembeli.

Sanggahan dulu, saya banyak belajar soal sistem AkuLaku dari setiap komplain yang dituliskan pengunjung lain soal Raja Kirim. Dan akhirnya menyimpulkan mana yang paling efektif agar bisa mendapatkan respon.

Nah… secara resmi untuk menyampaikan pertanyaan atau keluhan bisa lewat beberapa jalur dibawah:

Tapi kalau dilihat dari curhat sesama customer AkuLaku, bisa cek saja review aplikasinya di Play Store, Facebook, Surat Pembaca dan dimanapun yang membahas AkuLaku tampaknya sulit sekali mendapatkan respon.

Apabila pembayaran DP dan kredit lancar, tapi barangnya yang dipesan belum diterima mungkin anda lebih kecewa lagi, apalagi tidak ada kabar sama sekali.

Terus bagaimana? Dari ratusan komentar yang masuk, ada 2 solusi yang bisa membuat anda berdiskusi dengan pihak customer service AkuLaku:

  1. Pertama, dan yang paling jelas, langsung datangi alamat kantornya.
  2. Kedua. Saya peringatkan dulu, menurut saya tidak etis tapi kadang terpaksa dilakukan karena memang tidak ada alternatif lain.Yakni jangan bayar dulu cicilannya. Kenapa? Nanti akan dihubungi oleh pihak AkuLaku kenapa belum dilunasi tagihannya untuk bulan itu. Dari sini anda bisa ngobrol dengan csnya, setelah itu mungkin bisa sepakat atau mendapatkan solusi

Sekali lagi, khusus cara kedua, saya tidak menganjurkan karena ini sudah kewajiban buyer untuk mengikuti kontraknya agar kreditnya lancar. Tapi dari laporan tampaknya cukup manjur. Tapi tidak menutup kemungkinan bisa jadi lain lagi prosedur aftersalesnya kedepannya, siapa tahu jadi kerjasama dengan debt collector kalau macet. Resiko ditanggung sendiri.

Update, saya dapat laporan dari customer AkuLaku ternyata sudah berubah dari dihubungi cs saat tidak bayar cicilan tapi didatangi debt collector untuk menagih tunggakan kreditnya. Jadi tips kedua diatas sudah tidak direkomendasikan lagi.

Semoga AkuLaku memperbaiki kualitasnya kedepannya karena layanannya sangat membantu untuk membeli barang dalam bentuk cicilan tapi tanpa syarat yang ribet maupun perlu kartu kredit. Kurang bagus rasanya kalau buyer pembayaran lancar tapi barang belum diterima hingga berminggu – minggu, atau bahkan sudah masuk pembayaran cicilan periode berikutnya.

396 pemikiran pada “Bagaimana cara komplain ke AkuLaku?”

Tulis komentar...