Cara mematikan Google Text-to-speech di Android

Advertisements

Text-to-speech adalah fitur Android yang berfungsi mengucapkan teks, jadi tulisan yang ada di layar handphone anda akan dijadikan suara. Dari percobaan saya cukup bagus kok pelafalan kata – kata Indonesianya.

Nah… tapi dari pengalaman juga sangat jarang membutuhkan fitur ini, biasanya antara salah menekan atau otomatis aktif. Apalagi kadang proses update data suaranya dilaksanakan secara rutin – bisa jebol kuota internet kita dan mubazir kalau tidak pernah dipakai.

Secara default yang dipasangkan adalah aplikasi Google Text-to-speech tapi di handphone saya yang lain (ASUS Zenfone 5) yang terinstall adalah Pico TTS. Disini saya menggunakan Lenovo A369i dengan Android 4.2.2 Jelly Bean Realme 3 Pro Android 10.

Advertisements

Sebenarnya caranya juga sama saja dengan menghapus app di Android, silahkan buka Settings (Pengaturan/Setelan) > Device (Perangkat) > Apps (Apl). Kemudian pindahkan tab aktif ke? Downloaded atau All dan tap pada Google Text-to-speech Engine.

realme 3 pro android app list

Didalamnya anda tidak akan menemukan opsi untuk menghapusnya dan Uninstall Updates hanya membersihkan pembaruan datanya, tapi kita bisa matikan (disable) aplikasinya. Langsung saja tap untuk menonaktifkannya dan kalau ada update yang pernah diinstall maka akan dihapus terlebih dahulu. Ini berakibat penggunaan internal storage akan semakin kecil juga.

Untuk uninstall Google TTS ini anda harus menggunakan akses root, tapi saya anjurkan biarkan saja dan kalau tidak dibutuhkan maka disable saja daripada nanti ada masalah pada aplikasi yang membutuhkan fitur ini. Oh ya, anda bisa sekalian mematikan Google Speech-to-text yang berfungsi mengubah ucapan menjadi tulisan.

Apabila anda mengalami masalah dengan aplikasi mirip Google Assistant, ini bisa dimatikan juga.

Advertisements

14 pemikiran pada “Cara mematikan Google Text-to-speech di Android”

    • Data yang disimpan oleh Google TTS hilang mas. Gampangnya gini, mas main game kalau di clear datanya, maka perlu main dari awal atau login ulang.

    • Mas cek Settings > Language & Input > Text to Speech output > ganti ke Google dan download voice datanya. Nanti tidak diminta lagi.

  1. Saya menggunakan aplikas By Voice. Banyak pilihan suara dalam TTS, namun kadang setiap kali TTS diseting ke suara pria nomor 5 hanya berjalan sementara. Tak lama kemudian kembali ke suara asal wanita. Saya menggunakan HP Vivo S1 Pro. Mohon solusinya Gan.

    Balas

Tinggalkan komentar