Cara mematikan @wifi.id di modem Huawei

Kaget saat menyalakan modem Huawei dari Telkom Speedy muncul beberapa nama jaringan hotspot selain yang anda namai sendiri? Biasanya jaringan yang “menumpang” ini adalah layanan [email protected] yang akan ikut memanfaatkan WiFi di rumah anda. Kalau ada orang yang benar – benar ikut menggunakan wifi.id maka ini bisa mempengaruhi kecepatan koneksi internet anda. Karena itu lebih baik dimatikan saja.

Untungnya untuk menonaktifkan hotspot lain ini di modem Huawei lebih mudah daripada modem TP-LINK yang juga merupakan merek modem WiFi umum yang sering dibagikan gratis oleh  Telkom Speedy. Disini saya menggunakan Huawei HG532e, kalau model anda berbeda kemungkinan tidak banyak perbedaan caranya.

Anda tinggal mengakses halaman administrasi modem WiFi Huawei dengan mengetikkan alamat 192.168.1.254 dan kemudian mengisikan username dan password (coba admin dan admin jika anda lupa). Atau kalau sudah digantikan passwordnya silahkan cek daftar username dan password default modem Telkom Speedy.

huawei-hg532e-login

Setelah itu akses menu Basic, kemudian WLAN. Ubah opsi SSID Index menjadi SSID2 dan perhatikan namanya pada SSID akan berubah menjadi [email protected] atau nama lainnya yang mirip.
huawei-hg532e-basic-wlan

Hilangkan centang pada tulisan Enable di SSID dibawah kolom – kolom diatas untuk menonaktifkannya.

Setelah itu anda bisa mengecek jaringan hotspot apa saja yang aktif sekarang dan semestinya akan sudah hilang. Saran saya silahkan cek SSID Index lainnya siapa tahu ada tambahan lagi yang bukan untuk anda pribadi.

23 pemikiran pada “Cara mematikan @wifi.id di modem Huawei”

    • Selamat pagi Kamal, sama-sama mas. 🙂 Malah sebaliknya mas karena tidak ada yang menumpang koneksi internet anda malah minimal bisa menstabilkan kecepatannya.

  1. Mlm mas,,sya bru ingin mnggunakan email buat mndaftar nti,,tpi gmna crax mngetahui email sya bisa d gnakan ato lom,,,thanks

    • Selamat pagi Axell, sebentar mas… ini mendaftarkan email untuk apa ya? Kalau ingin tahu bisa digunakan atau tidak coba dikirimi pesan atau registrasi saja ke situs apapun semestinya akan dikirim email konfirmasi.

    • Selamat pagi Richie, sudah coba username: support dan password: theworldinyourhand saat login ke modemnya? Seingat saya gara – gara ini dahulu tidak muncul settingnya.

  2. knapa tidak bisa access masuk ke 192.168.1.254 yah mas ?

    Edit:

    modem saya HG532E tap saya tidak bisa masuk ke 192.168.1.254 malah saya hanya bisa masuk ke 192.168.1.2? mohon bantusnnya mass,, karena speedy instan saya bisa di akses tetangga…
    thanks

    • Halo Youri, berarti alamat IP untuk administrasi modemnya sudah diganti oleh Telkom mas. Asalkan fungsinya masih tetap tidak masalah kok mas walaupun lain alamat IPnya.

      Bisa dimatikan tidak wifi.id-nya?

  3. Mass saya mau nanya cara menonaktifkan wifi id di modem huawei HG8245A gimana ya, soal nya tetanggaku semua pada pakai wifi id sehingga modem aku jadi sangat panas

    • Halo Andis, mengikuti yang saya bahas diatas tidak bisa mas? Tapi secara umum cek pengaturan SSID modemnya mas. Biasanya ada beberapa yang aktif sekaligus dan salah satunya ya wifi.id ini. Efeknya selain panas itu juga ikut mempengaruhi kecepatan internet anda lho, walaupun sedikit.

    • Halo Vadel, ini Huawei tipe apa mas? Sudah coba SSIDnya diganti ke yang nomor 2, terus dikembalikan ke yang @wifi.id? Istilahnya berusaha membuat glitch sistemnya supaya bisa dimatikan. Dulu secara tidak sengaja saya menemukan cara ini di modem teman, kasusnya sama dengan anda centangnya dalam keadaan tidak bisa diubah.

  4. mas ,, saya lupa username sama password nya mas mau masuk,, saya mau ganti password wifi saya ,, cuman gimana masuk nya soalnya saya lupa ,, mohon bantuan nya mas 🙂

  5. punya saya HG8245H, user dan pass masih admin, tp di SSID wlan saya hanya ada SSID punya saya, tidak muncul @wifi.id dan seamless.id, padahal di signal muncul kedua wifi tsb, bagaimanan untuk menonaktifkannya?

Tulis komentar...