Cara memperbaiki pembajakan browser

Ceritanya kemarin malam saya diminta bantuan oleh adik teman untuk mengecek laptopnya, awalnya sih hanya untuk update antivirus tapi setelah saya amati ternyata kok browsernya (Mozilla Firefox, Google Chrome, Internet Explorer dan mungkin masih ada lagi) dibajak oleh halaman pencarian MyStartSearch.com, ada toolbar tidak dikenal, juga muncul banyak iklan dari HappySave. Serius hal ini ikut membuat saya frustasi karena menyulitkan saat browsing, apalagi cara mengatasinya sendiri cukup repot tapi mudah – yang paling penting adalah teliti saja.

Ya sayangnya memang tidak bisa lenyap begitu saja sisa – sisanya oleh software antivirus walau berhasil dideteksi dan dibasmi karena setting browser yang sudah terlanjur dirusak akan dibiarkan.

mystartsearch

Jadi ada beberapa langkah manual yang harus dilakukan sebelum atau setelahnya dan langkah – langkah berikut sudah disederhanakan:

  1. Bersihkan addon atau ekstensi browser. Kalau anda menemukan nama – nama tidak dikenal atau mirip dengan pembajak browsernya harap dimatikan dan dihapus.
    Terlalu repot? Silahkan reset browser anda: Internet Explorer, Mozilla Firefox, Google Chrome. Saya anjurkan agar melakukan backup bookmark dan password anda terlebih dahulu.
  2. Cek daftar program yang terinstall di Windows. Kalau ada nama software yang tidak dikenal maka silahkan uninstall saja. Kadang walau di browser sudah dibersihkan tapi kalau masih ada aplikasi malwarenya maka akan terulang kembali kasusnya.
    windows-7-add-remove-program
  3. Semuanya sudah dibersihkan tapi kok setiap menjalankan browser masih terbuka halaman MyStartSearchnya? Terus terang hal ini sempat membuat saya bingung beberapa lama tapi ternyata modusnya sederhana tapi efektif. Silahkan cek shortcut aplikasi browser anda (klik kanan > Properties) dan perhatikan di Target apakah ada alamat situs yang terbuka di homepage atau halaman new tab browser anda. Hapus saja.
    google-chrome-shortcut-mystartsearch
  4. Terakhir atau malah diproses awal juga bisa, silahkan scan menggunakan antivirus dan saya sangat menyarankan juga dicek memakai MalwareBytes Anti-Malware juga Adwcleaner.

Memang untuk memperbaiki browser dari pembajakan mesin pencari, halaman tab baru, toolbar, dan iklan – iklan kadang cukup merepotkan karena banyak sekali modus operandi yang digunakan dan seringkali tersembunyi. Tapi bukan berarti tidak bisa dibasmi bersih, cuma butuh telaten saja.

Kalau anda mengalami kesulitan silahkan ditanyakan di komentar, kalau bisa dituliskan selengkap mungkin apa nama situs yang muncul atau ciri – ciri lainnya. Serupa juga dengan nama addon atau program yang tidak dikenal bisa ikut disertakan kalau tidak yakin aman dihapus atau tidak.

Semoga bermanfaat. 🙂

Satu pemikiran pada “Cara memperbaiki pembajakan browser”

Tulis komentar...