Cara menarik dana di Tokopedia

Jadi ceritanya hampir 1 minggu saya menunggu pengiriman jaket dan beberapa jersey sepakbola yang dibeli lewat Tokopedia sejak pembayaran, tapi mendekati batas waktu pengiriman (5 hari) akhirnya dibatalkan oleh tokonya. 🙁 Kok tidak dari awal – awal saja kalau barangnya tidak tersedia, membuang waktu jadinya. Nah… uang saya dikembalikan dalam bentuk saldo Tokopedia dan saya ingin menariknya ke rekening bank saya daripada dibiarkan mengendap disana.

Dari percobaan saya ternyata cukup mudah proses, tinggal anda akses halaman Deposit Tokopedia dan kemudian akan ada tombol Tarik Dana di bagian kanan.

tokopedia-deposit

Nanti akan muncul jendela popup, nanti tinggal mengisikan berapa jumlah uang yang ingin ditarik, nomor rekening dan banknya (saya menariknya ke BCA) – bisa otomatis kalau anda pernah melakukan transaksi di Tokopedia, kode OTP (One-Time Password) yang akan dikirimkan ke nomor handphone terdaftar dan password akun Tokopedia anda. Kalau sudah klik saja Konfirmasi.

tokopedia-konfirmasi-penarikan-dana

Nanti penarikan dana akan masuk ke rekening anda maksimal 2 hari kecuali pada hari libur karena hanya beroperasi pada hari kerja. Jadi harap bersabar kalau anda mencairkannya di akhir minggu atau hari libur.

122 pemikiran pada “Cara menarik dana di Tokopedia”

  1. saya kan selalu login tokopedia lewat akun fb.. tapi pas saya mau tarik dana saya diminta password.. pas saya masukin password fb gk mau.. terus harusnya saya login pake pass yg mana dong.. kan sayang tuh dana saya mengendap disitu gk bisa d.tarik ulang

    Balas
    • Halo Mimie, wah… ini terus terang saya belum mengalami mbak. Rasanya akun Tokopedia anda sudah otomatis dibuatkan username dan passwordnya, coba reset password dulu: https://www.tokopedia.com/reset.pl dan cek inbox email anda. Mestinya sama dengan yang digunakan untuk Facebook.

    • Halo Metta, coba mbak lakukan forgot password. Semestinya akan dikirimkan ke alamat email yang digunakan untuk Facebook. Kode OTPnya akan dikirimkan nomor handphone terdaftar mbak.

  2. Kok pas pilih bank ga muncul yaa. Cuma ada opsi tambah rekening aja tuh. Apa karna saya tiap transaksi lewat indomaret yaa. Mhn bimbingannya ?

    Balas
    • Halo Risti, anda mau narik dana tanpa rekening bank? Wah… ya tidak bisa mbak, nanti ditransfer kemana? Tambahkan dulu nomor rekening anda.

  3. Kolom nomor rekening > pilih salah satu bank (ngga ada pilihannya) cuma ada > tambahkan rekening ( nambah kolom baru) tp pas d isi. Malah ngga bisa diproses. ?

    Balas
  4. Masbro. Itu d atas contoh tarik dana. Padahal saldo yg tersedia 62000 kan saldo masbro ada 479000?
    Jd yg masuk ke rek. Masbro berapa?

    Balas
    • Halo Jhoni, itu alurnya pesanan saya dibatalkan mas senilai Rp.479.000 dan dikembalikan ke saldo Tokopedia. Setelah itu saya buat belanja lagi senilai Rp.417.000 dan dibayar langsung menggunakan saldonya. Sisanya itulah yang saya tarik.

    • Owh iya maaf kurang fokus.
      Skrg situasinya sy yg jual masbro (jualan pertama kali lwt tokopedia). Sebelumnya d saldo sy sdh ada nominal sekitar 3900 sekian, hasil dr chasback ongkir jne.
      Trus sy menjual barang dgn nominal 4 jt + ongkir 21 rb.
      Pembeli sdh konfirmasi terima barang dan saldo sy tertera 4jt 24900, tp saat sy mau tarik kok saldo yg tersedia bisa d tarik hanya cashback itu 3900.
      Apakah hr menunggu beberapa hari br bs d tarik, sy menggunakan rek.bank mandiri.
      Mohon pencerahan dan masukanya masbro. Tks

    • Haha, santai saja mas. 🙂

      Mungkin saldo anda yang tertahan itu kena review mas, seingat saya waktunya 3 hari sejak masuk dananya ke saldo anda. Tampaknya untuk jaga – jaga laporan dari pembeli jadi tidak langsung dilepaskan.

      Kalau ga salah saldo Tokopedia bisa kena review karena:
      1. Jenis layanan kiriman berbeda, misal pembeli pilih YES ternyata pakai REG kirimnya.
      2. Berat barang diluar kewajaran.
      3. Pembayaran kartu kredit.
      Mungkin ada lagi kriteria lainnya.

    • Owh… emang pembeli menggunakan metodekartu pembayaran cicilan kartu kredit. Maklum newbie saller… heehee
      Oke masbro terimakasi pencerahannya.

    • gan aku bli tokopedia trus dipulangin ..unagnya disaldo..aku mau tarik dan aku mau blanjain kata sandi akunnya salah padahal aku masuki tokopedia lewat akun fb.

    • Solusi satu – satunya ya minta bantuan customer service Tokopedia mbak, sering kok masalah login Facebook ini.

    • Sy mau tarik dana dari pembelian yang sdh sy lakukan dan krn kemungkinan barang kosong maka dana tsb masuk ke saldo sy di tokopedia. Pada saat sy revisi rekening sy, yg sebelumnya tidak sy isi koq saldo sy di tokopedia menjadi 0 ? Lantas saldo sy sebelumnya kemana ?

  5. Sy sudah melakukan transfer untuk menambah saldo tokopedia untuk pembelian barang tp belum mnambah dsaldo tokopedia..dan saya ingin melakukan penarikan jg belum tahu cara mndpatkan kode OTP..mohon bantuanya sudah saya coba tp selalu gagal

    Balas
    • Halo Rain, nomor hpnya sudah benar mas? Kode OTPnya nanti dikirim kesana soalnya. Atau coba daftarkan nomor hp alternatif.

  6. Sy melakukan penarikan dana lewat bank BCA pada hari sabtu. Belum mendapat kode otp. Setelah sy cek ternyata no rekening yg saya masukkan salah. Sudah mengikuti saran tokopedia, tp belum ada tanggapan sampai dg senin ini. Bagaimana seharusnya?

    Balas
    • Halo Via, dananya belum dicairkan kan? Ya… laporkan lagi mbak. Mestinya kalau pas hari kerja akan dibalas 1×24 jam.

    • Belum cair min, kan nomor rekening saya salah. Tp tidak ada email konfirmasi apapun dari toped. Notif yang saya terima hanya Withdrawal Deposito (PT. BANK CENTRAL ASIA TBK – 013084**** – ***via ) (processed). Tidak ada notif completed. Berarti kan tarik dana gagal. Sudah lapor ke berbagai akses tokopedia mulai dari layanan pengguna, email, facebook, telp, tetap tidak ada respon, sementara saldo saya sudah 0. Mohon pencerahannya.

    • Eh… apa mungkin sudah ditransfer ya mbak ke nomor rekening yang salah? Atau di sistemnya walau gagal tapi dana dihold? Ikut bingung saya. 🙁

      Coba buka surat pembaca gimana mbak? Biar banyak yang baca.

  7. Gan saya kan belanja di tokped, udah satu minggu setelah saya kirim uang lewat indomaret kok barang belum juga sampai. Udah gtu pihak toko ngasih no resi palsu, bagaimana tuh gan. Minta solusinya

    Balas
  8. Dr siang ud tf,,tp notifnya malah menunggu konfirmasi pembayaran.dan d kolom ubah pembayaran smpe skarang sttus nya msh menunggu..saya ud klik unggah bukti pembayaran tp msh menunggu konfirmasi trs..itu knp ya ?? Trs solusi nya gmn

    Balas
    • Halo Riri, kalau sudah melakukan konfirmasi mestinya ya tinggal menunggu saja mbak. Tidak lama mestinya kalau pas jam kerja.

  9. INV/20160610/XVI/VI/39010940
    mohon bantuanya sya jual pulsa transaksinya sdah selesai diterima sama pembeli tp uang nya ilang gtu aja setelah diterima ga masuk ke akun toko sy nominalnya 84000rb mhon dibantu admin

    Balas
  10. min, maksud dari cabang itu cabang apa sih min?
    cabang pas buka tabungan atau cabang dimana kita mau tarik saldonya?
    mohon jawabannya

    Balas
  11. Mohon izin gan saya meng cansel barang di karenakan stok abis …. berapa lama dana yg sudah saya tranfer di kembalikan dalam saldo tokopedia ?

    Balas
    • Halo Endang, pesanannya sudah ditolak oleh sellernya? Kalau sudah maka sesaat kemudian mestinya sudah dikembalikan.

  12. halo, saya tidak bisa cairkan saldo ke rekening BCA saya, selalu minta OTP dan setelah di klik ada notifikasi kode telah dikirimkan ke HP saya, tp ini telah saya coba hampir 2 minggu tidak pernah bisa, padahal npotifikasi nya akan dikirim ke email saya juga, tokopedia pun CS nya tidak pernah respon email complian saya

    Balas
    • Halo Reza, wah.. ditunggu balasannya saja mas. CS Tokopedia setahu saya cuma operasional pas jam kerja.

  13. Saya mau penarikan saldo di tokopedia tp nmr tlp lama y hilang tidak bisa isi kode otp,, bgmn cara y agar kode otp saya bisa dikirim via email,sy log in kembali tidak bisa terbentur kode otp y,, tolong dibantu

    Balas
    • Halo Tsania, maksudnya diisikan nama dan nomor rekening lain? Mungkin bisa sih, asalkan sudah diverifikasi.

  14. Mas bro saya mau tanya saya sebagai penjual saya mau tarik dana dari saldo sebesar 2.191.544 hr kamis kemarin ke bank saya BTN tp malah dibalas dari tokopedianya “Refund: Canceled Withdrawal Request (Nomor rekening Anda salah.)” Padahal nomor rekening saya sudah benar mohon pencerahannya masih kepotong biaya antar bank 5000 ?

    Balas
    • Halo Adip, wah ini harus dilaporkan ke Tokopedia mas. Memang repotnya antar bank ya seperti ini, kadang kodenya salah.

  15. saya salah masukan resi, tp sudah di terima oleh pembeli. dan saldo saya direview. biasanya berapa hari dana di kembalikan ?? pasti aman ??

    Balas
  16. Saya mau narik dana, tapi setiap narik selalu gagal, ktnya rek salah, atau apalah, padahal no rek sudah benar tpi selalu ditolak , itu gmna ya kak

    Balas
  17. Pada tanggal 2 November 2016 saya memesan Blackview BV6000 dan sudah mentransfer dananya, pada hari juga saya mendapat konfirmasi dari Tokopedia namun saya diminta untuk mengisi OTP yang dikirim ke no HP saya yang pada saat pemesanan saya lupa memeriksa no HP saya (no HP saya sudah tidak aktif). Tanggal 3 November 2016 saya menerima barang pesanan tersebut namun tetap tidak bisa konfirmasi penerimaan barang karena tetap diminta OTP oleh Tokopedia, mohon bantuannya agar saya bisa merubah no HP saya untuk bisa melakukan konfirmasi penerimaan barang dan untuk kelanjutan pemesanan saya yang lain. Terima kasih.

    Balas
  18. Malem min, mau tanya, kalo setelah barang dikonfirmasi sukses berapa lama biasanya dana bisa ditarik, keperluan supplier soalnya min, thnx ya

    Balas
  19. Gan mau nanya, jadi gini kmrn saya sudah order jaket dr tokopedianya, trus saya udah konfirmasi sblm uangnya di krm krna saya pkir btas wktnya 2 hari kan, jadi barusan tadi saya trnsfer uangnya, trus pas saya cek di tokopediannya ternyata pemesanan saya di batalkan, lalu uang saya kemana? saya harus ambil dengan cara apa? mohon bantuannya gan ?

    Balas
  20. saya membeli saldo tokopedia lewat atm 500.000 trus saya transfer 500.000 ternyata saldo g masuk masuk. sampai batas waktu yg ditentukan. ada konfirmasi transaksi gagal. ada perintah silakan tarik dana dan sertakan bukti pembayaran. gimana caranya mas.. sedangkan saldo saya masih tetap 47000….

    Balas
  21. Mau nanya gan.. itu sampe di rekening nya pas di tarik dana nya berapa hari kalau waktu agan?
    Itu udh otomatis atau agan konfirmasi dlu ke pihak toko pedia nya? Makasih:)

    Balas
  22. Transaksi sudah dinyatakan sukses oleh pihak tokopedia..tapi kenapa uang belum juga masuk ke rekening saya? Mohon di balas secepatnya

    Balas
    • Maksudnya jualannya sukses ya? Itu masuk ke saldo Tokopedia mbak, harus pengajuan mencairkan dananya seperti yang saya tulis diatas.

  23. Mohon bantuannya.
    Pesanan saya di tolak oleh tokonya..
    Saya membayar waktu itu lewat indomaret.
    Kemana uang saya dikembalikan?
    Karna Sudah 3 hari namun saldo tokopedia sy tidak bertambah..

    Balas
  24. Gan mau nanya saya menjual setelah barang d konfirmasi sukses, trus saldonya kena review, ga bisa di ambil, itu harus ngehubungi costumer service tokopedia buat penarikannya ?

    Balas
  25. Kak kalo misal saya udah masuk tahap proses , 5 hr teruuus si penjual bilang udah dikirim tp resinya blom di input, nah jatuh tempo besok batal otomatis ituuu uang saya jg lgs masuk kan?

    Balas
  26. Maaf mas kl sy masuk via fb trus lupa password nah yg jd mslh email fb nya udh ga aktif gimana cara reseth password nya yah? Mksh

    Balas
  27. Mas saya kan mau mencairkn uang dari saldo tokopedia, nah saat pengisian nama akun itu saya bingung, jdi nama akun di penarikan saldo it diisi dengan nama akun rekening kita atau nama akun tokopedia ??

    Balas
  28. Maaf saya tidak bisa tarik saldo penjualan saya karena no hp saya sudah tidak aktif. Ada solusi kah buat saya agar bisa menarik saldo saya ke rekening!!
    Saya sudah hubungi help center tokped belum ada jawaban

    Balas
    • Pengalaman saya gan, agan masuk aja minta kode verifikasi, dan klo no hp sudah tidak aktif maka ada tulisan klik disini,Agan klik aja, nah habis itu ada dua kolom yang harus di isi, pertama foto ktp(pastikan data harus terlihat jelas) yang kedua buku tabungan atau no bukti transaksi toped, kalo ane bukti tf tokped aj, trus ikutin petunjukbselanjutnya,di proses 1×24jam, agan tinggal ganti no hp yg sudah tidak akti pake yg masih aktip gan,supaya dapat kode perivikasi, semoga membantu.

    • Wah ya cuma bisa menunggu bantuan cs Toped mas, tidak ada cara bypassnya karena ini urusan identitas dan keamanan akun.

  29. gan kalau saldonya mau dipake buat belanja tapi kurang saldonya buat beli barang tersebut, terus di pinta pasword tokopedia maksudnya apa itu ya gan
    tolong bantuannya

    Balas
  30. Mohon infonya mas saya salah masukkan nama banknya pak tolong dibantu pak . seharusnya bank btn persero malah bank btn persero uus . tapi no rekeningnya sama . Tolong infonya

    Balas
    • Ga ada respon ini maksudnya gimana mbak? Ditunggu saja.

      Tapi kalau konfirmasi pembayaran coba tunggu 1×24 jam baru komplain.

  31. Bagaimana dengan saya min. Salah masukin nomor rekening. Yg saya masukin malah nomor KTP tapi malah berhasil dan saldo di tokped saya sudah berkurang. Status nya sudah di transfer.
    Mohon bantuanya min

    Balas
  32. Saya ga punya rekening gan, itu gimana ya ngambil/tarik dana nya? Apakah tetep harus pake rekening orang lain? atau bisa ambil ke bank pas dulu kita transfer?

    Balas
  33. Saya mau tanya, bisa atau tidak dana saya di tokocash ditarik oleh Tokopedia untuk diberikan kepada penjual padahal penjual sudah setuju mengembalikan dana dari barang yang sudah saya komplain?

    Balas
    • Setahu saya sih tidak mbak.

      Tapi apa kejadian? Sebaiknya komplain ke cs Toped dan sertakan bukti kalau sellernya siap refund.

  34. Saya kan pesan bju tpi d btal kn otomatis trus uang y ada d saldo nyambil y bsa d indomaret g karna saya byar lewat indomret g ada no rekening bank

    Balas

Tulis komentar...