Cara mengaktifkan klik kanan yang dimatikan pada website

Salah satu jenis proteksi pada konten website yang kadang saya temui adalah dimatikannya klik kanan, tujuan pemiliknya agar hasil tulisannya tidak dicopy-paste oleh orang – jadi cuma bisa dibaca saja. Ini memang hak pemilik situsnya, tapi kalau informasi yang dibutuhkan berjenis tutorial dan kita tidak bisa online jelas repot nantinya kalau harus dicatat semuanya. Maka dari itu kita kadang terpaksa mengatasinya dengan melewati perlindungan ini.

Kita tidak perlu menggunakan plugin atau mengedit halaman tersebut dengan Developer Tools, dan yang pasti saya tidak mengajarkan anda membuat screenshot halaman website untuk disimpan dan kemudian menggunakan OCR (Optical Character Recognition) menjadi teks. Cukup satu cara dan bisa digunakan pada semua jenis browser, baik Google Chrome, Mozilla Firefox, Internet Explorer, Safari atau Opera.

klik-kanan-website

Cara mereka mendeteksi adanya aktivitas klik kanan pada browser adalah melalui kode JavaScript, dan dari sini kita dapat melihat apa solusinya. Ya, matikan saja JavaScript pada browser anda, dan berikut cara singkatnya untuk menonaktifkan JavaScript pada berbagai macam browser populer:

Setelahnya maka anda bisa melakukan klik kanan secara normal kembali.

Oh ya, kalau anda sebagai pemilik situs yang ingin tahu konten anda dicopas orang bisa mencoba Tynt yang akan melacaknya.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...