Cara mengatasi hal.dll hilang atau korup

Mendekati jam makan siang rekan kerja saya melaporkan adanya masalah pada komputer yang dipakainya, memang masih Windows XP SP2 tapi selama ini tidak ada masalah jadi dibiarkan saja. Nah… kasusnya saat menghidupkan komputer malah muncul pesan error kalau hal.dll hilang atau korup bukannya masuk ke Windows.

Pesan kesalahannya yang muncul secara lengkap adalah sebagai berikut:

Windows could not start because the following file is missing or corrupt:
<Windows root>\system32\hal.dll.
Please re-install a copy of the above file.

Wah… agak repot kalau file untuk sistem operasi mengalami kerusakan tapi sebelum anda menginstall ulang ada cara yang bisa dilakukan untuk memperbaikinya. Tapi yang pasti anda membutuhkan CD installer Windows untuk solusinya.

Jadi silahkan booting menggunakan CD atau setup Flashdisk Windows dan akses Recovery Console dengan menekan tombol R pada menu instalasinya. Kemudian jalankan perintah berikut pada command prompt yang muncul secara berurutan:
Attrib -H -R -S C:\Boot.ini
Del C:\Boot.ini
BootCfg /Rebuild
Fixboot

Coba restart komputer setelahnya semestinya sudah normal kembali. Kalau tidak bisa coba kembali ke Recovery Console dan ketikkan perintah sfc /scannow.

win7-sfc-scannow-completed
Alternatifnya anda bisa melepas harddisk komputer tersebut dan memasangnya di tempat lain dan mengcopykan file hal.dll ke lokasi instalasi Windows. Biasanya di C:\Windows\system32\. Kalau masih belum berhasil juga bisa mencoba Repair Install di Windows XP dan kalau gagal kembali tampaknya tinggal install ulang solusinya.

Semoga bermanfaat. 🙂

7 pemikiran pada “Cara mengatasi hal.dll hilang atau korup”

Tulis komentar...