Cara mengatasi “The memory could not be written” di Windows

Pernah mengalami saat menjalankan sebuah program tiba – tiba muncul pesan kesalahan “The memory could not be written” di Windows? Masalah ini ada beberapa penyebab dan cara memperbaikinya. Walau error ini adalah salah satu ciri – ciri ada kerusakan hardware di komputer anda, semoga saja tidak terjadi.

Pesan error yang muncul biasanya akan seperti ini tulisannya:
iexplore.exe – Application Error

The instruction at 0xfcf21420 referenced memory at 0xfcf21420. The memory could not be written.
Click OK to terminate the program

Jadi alamat memory (RAM) tertentu tidak bisa ditulisi oleh program, ini bisa berarti buruk karena ada resiko RAM anda rusak atau minimal ada file dari sistem operasi yang korup.

Uji integritas file sistem operasi

Anda bisa menggunakan System File Checker untuk menguji integritas system file Windows, ini digunakan sekaligus untuk memperbaikinya apabila dideteksi adanya file yang rusak atau korup. Ketikkan perintah sfc /scannow pada command prompt Windows dan tunggu proses verifikasinya selesai.

windows-7-sfc-scannow

Bersihkan driver hardware Windows

Cara lainnya adalah dengan menghapus bersih seluruh atau beberapa driver yang sekiranya bermasalah, ini bisa anda lakukan satu per satu atau langsung saja gunakan software Driver Sweeper untuk menghapus driver terinstall secara massal. Setelah selesai maka sekalian saja cari driver versi terbaru untuk perangkat keras yang terpasang di komputer anda.

driver-sweeper-analyse

Mematikan Data Execution Prevention

DEP (Data Execution Prevention) adalah layanan keamanan di Windows untuk mencegah suatu program mengakses alamat memori dari program lainnya, ini mencegah adanya sabotase dan pencurian data pribadi anda. Anda bisa mencoba dengan mematikan DEP supaya perlindungan ini menjadi nonaktif.

windows-performance-options-dep

Cek RAM komputer

Solusi terakhir? adalah dengan menguji RAM anda apakah ada kerusakan secara fisik atau tidak, ini bisa dengan melepas salah satu modul memori yang terpasang kemudian menjalankan aplikasi bermasalah tadi kembali. Alternatifnya anda bisa menggunakan program Memtest86 untuk menguji RAM anda. Kalau memang ada kerusakan maka solusinya harus digantikan dengan yang baru.

Semoga sukses.

Tulis komentar...