Cara mengetahui ada yang memakai WiFi anda

Mungkin tiba – tiba anda merasa koneksi internet WiFi anda menjadi lambat, atau anda cuma sekedar curiga ada orang lain yang menumpang koneksi hotspot di rumah anda. Ada cara mudah untuk memastikan apakah benar ada perangkat lain yang terhubung ke jaringan wireless anda, tidak perlu menggunakan software tambahan.

Pastinya anda wajib bisa membuka halaman admin modem-router WiFi (Wireless Fidelity) anda, coba ketikkan alamat 192.168.1.1 pada address bar browser dan tekan ENTER.

192-168-1-1

Jika anda diminta memasukkan username dan password dan tidak tahu apa isinya coba cek label di modem anda, biasanya username dan password defaultnya akan tertulis. Atau anda bisa mencoba username: admin dan password: admin.

192-168-1-1-tp-link-authentication-required

Semestinya halaman status dari wireless modem router anda akan terbuka (setidaknya modem bawaan Telkom Speedy rata – rata sama perilakunya, disini saya menggunakan TP-LINK), perhatikan pada bagian Wireless akan ditampilkan berapa perangkat yang sedang terhubung pada jaringan nirkabel anda beserta MAC addressnya. Untuk merek modem lain silahkan diadaptasikan caranya, caranya tidak jauh berbeda.
192-168-1-1-tp-link-status

Sekarang kecurigaan anda bisa terbukti apakah benar atau tidak dari halaman status anda. Kalau anda ingin tahu kenapa ada orang lain yang bisa menggunakan WiFi anda tanpa ijin maka kemungkinannya antara password anda terlalu lemah atau sudah bocor. Saran saya silahkan ganti password WiFi anda dan matikan WPS (Wi-Fi Protected Setup) karena mudah dijebol.

16 pemikiran pada “Cara mengetahui ada yang memakai WiFi anda”

  1. mas kenapa ya saya gak bisa masuk ke halaman admin modem-router tp link. ip modem saya 192.168.1.254 sudah saya ketikkan di browser hasilnya The 192.168.1.254 page isn’t working. Tp setelah 3 hari saya coba lagi berhasil masuk. dan besoknya saya coba lagi hasilnya The 192.168.1.254 page isn’t working. pertanyaannya kenapa nunggu 3 hari baru bisa masuk ke ip modem. trims

    • Halo El, saya sarankan mas matikan WiFinya dan akses langsung lewat kabel LAN. Mungkin ada konflik atau masalah dengan perangkat lain yang tersambung.

      Ini TP-LINK tipe apa mas?

  2. Mas saya mau tanya gimana cara mengetahui siapa yg memakai wifi saya dan cara memblokirnya/menyembunyikan ip supaya tdk bisa di bobol? Disini wifi yg saya gunakan first media.

  3. mas mau tanya, saya di rumah pakai wifi bulanan yang ngikut punya tetangga, pertanyaannya : 1. bagimana cara untuk mengetahui siapa aja yang ngikut ke wifi router saya karena kadang lemot kadang enggak, 2. kalo untuk ngeblokirnya gimana karena kan gak ada koneksi ke PC saya. 3. cara ngeblokirnya gimana mas?
    Terima kasih atas bantuannya

  4. Siang…mau tny jg dong. kaya nya wifi sy jg bobol ,pdhal ga ada yg tau pasawordnya.gimana cara ngeblock biar ga bs diakses org lain?sy pakai tp link

    • Pastikan:
      1. Pakai password yang karakternya panjang (minimal 16 karakter).
      2. Gunakan kombinasi angka dan huruf.
      3. Enkripsi yang dipakai adalah WPA-PSK2.

  5. Bang Gua Pengguna Modem Bolt!
    Perangkat Modem Orion (Aquila Slim).
    Nah Tu Niat Gua Pengen Ubah SSID & Password Modem Sekalian Gua Setting SSID Tersembunyi. Ok Status Berhasil,
    Via App My Bolt & Web GUI Udah Gua Satronin, Tapi Yang Bikin Jengkelnya Tu Berlaku Hanya 1 Hari, Lepas Tu Otomatis Reset/Default Ke Awal Lagi.
    Hadeehh..!! Berkali- Kali Gua Udah Setting Dil Reset Otomatis Melulu.
    Gimana Nih Bang SSID & Password Modem Bolt Itu Di Setting Sesuai Pengguna Tolong Donk Bang!!
    Gua Ngemis-Ngemis Ke Bolt Care Gak Ada Gunanya.
    Paling Cuma Di Bokongin Doank!!

    • Mohon maaf mas Din, kalau soal ini saya kurang tahu solusinya. 🙁 Kok sampai disembunyikan ini ada masalah apa? Biasanya ganti password sudah cukup.

Tulis komentar...