Cara mengganti nama WiFi di modem TP-LINK

Mari kita kembali ke dasar pengaturan setting modem TP-LINK, terutama yang memiliki fitur WiFi untuk membuat jaringan hotspot pribadi. Secara default saat kita mendapatkannya secara gratis dari Telkom Speedy biasanya akan memiliki nama WiFi seperti: [email protected] dan biasanya juga terdapat [email protected] (ini bisa dimatikan). Sekarang bagaimana caranya untuk mengubah nama hotspotnya supaya memiliki identitas unik dan sehingga mudah dikenali ini milik siapa.

Tidak ada yang sulit, disini saya mendemokan caranya berdasarkan TP-LINK TD-W8151N, jika milik anda berbeda dari pengalaman saya langkahnya masih mirip.

Langsung saja buka halaman admin modem TP-LINK pada alamat IP 192.168.1.1 di browser, isikan username dan password dengan admin untuk keduanya kalau belum pernah diganti. Jika gagal silahkan cek username dan password default dari modem pemberian Telkom Speedy lainnya.
tp-link-192-168-1-1
Setelah itu buka menu Interface Setup dan pilih Wireless. Nah… geser kebawah sampai anda menemukan Multiple SSIDs Settings, dan silahkan ganti tulisan yang berisi dalam kotak SSID (Service Set Identifier), inilah nama dari WiFi anda sekarang dan nantinya.
tp-link-td-w8151n-broadcast-ssid-settings

Jika sudah maka klik saja tombol Save dan biasanya seluruh perangkat yang sedang terhubung ke hotspot tersebut akan otomatis terputus, jadi silahkan hubungkan kembali ke nama WiFi baru tapi masih dengan password yang sama.

Tulis komentar...