Cara menggunakan PageSpeed Service

Mempercepat akses website merupakan hal yang patut dikejar oleh setiap admin, apalagi hal ini akan berpengaruh positif baik kepada pengunjung yang tidak menjadi frustasi karena lamanya membuka situs anda dan faktor SEO juga akan lebih baik karena Google juga memperhitungkan kecepatan loading website. Salah satu cara untuk meningkatkan kecepatan muat website adalah menggunakan layanan CDN seperti Google PageSpeed Service.

Dengan menggunakan PageSpeed Service maka setiap file media seperti gambar, audio dan video akan disediakan oleh server Google ke pengunjung anda. File – file statis lainnya seperti JavaScript dan CSS akan tersedia juga oleh Content Delivery Network milik Google ini. Tertarik? Mari kita simak bagaimana cara memasangnya di situs anda.

Google PageSpeed Service sementara masih dalam fase Beta dan semua penggunanya diwajibkan mengisi formulir pendaftaran, kalau anda diterima maka akan dikirim sebuah email dan setelah itu baru anda bisa mengaktifkan CDN ini di domain yang anda inginkan.

Selanjutnya akses Google API Console dari link yang diberikan dalam email tersebut, karena anda baru pertama kali mengakses Google PageSpeed Service maka akan diminta memasukkan nama domain yang ingin menggunakan layanan CDN. Pastikan anda menggunakan www didepan nama domain karena untuk saat ini PageSpeed Service belum mendukung bare domain atau naked domain, jadi harus www.utekno.com tidak bisa hanya utekno.com.

google-pagespeed-service-add-new-domain

Kalau anda belum pernah mendaftarkan website anda ke Google Webmasters Tools maka anda wajib melakukannya karena ini merupakan syarat verifikasi kepemilikan website oleh Google.

google-pagespeed-service-claim-ownership

Statusnya sekarang adalah Not ready.

google-pagespeed-service-setup-origin-server

Klik Setup domain dan Setelah itu anda akan diminta mengubah sebuah DNS record bertipe CNAME dengan nama origin yang menunjuk domain anda atau IP dari server hosting anda, ini tergantung dari setup web hosting dengan nama domain anda.

google-pagespeed-service-configure-origin-domain

Kalau anda menggunakan cPanel maka akses saja Advanced DNS Zone Editor dan isikan record sesuai dengan yang diminta, kemudian kembali ke halaman setting up Google PageSpeed Service dan klik Update.

cpanel-dns-add-a-record

Sekarang origin telah disetting maka selanjutnya adalah mengatur serving domain, klik pada setup domain kembali. Anda akan diminta mengarahkan sebuah CNAME untuk www ke pagespeed.googlehosted.com.

google-pagespeed-service-setup-serving-domain

Ubah setting CNAME untuk www di DNS Zone Editor dengan klik Edit, isikan record yang diminta kemudian simpan dengan Edit Record.

cpanel-advanced-dns-zone-editor

Selesai! Sekarang website anda akan menggunakan layanan CDN Google PageSpeed Service, yang bisa anda lakukan hanyalah menunggu proses propagasi DNS dikenali di seluruh dunia.

google-pagespeed-service-enabledDengan PageSpeed Service maka anda akan memanfaatkan jaringan Google untuk menyediakan file – file dari website anda, bisa dibayangkan betapa saktinya dan ini bisa kita gunakan dengan gratis. Alternatifnya anda bisa mencoba Incapsula atau CloudFlare.

5 pemikiran pada “Cara menggunakan PageSpeed Service”

    • Halo mas Dewo,
      Layanan CDN Google PageSpeed Service untuk saat ini masih belum mendukung Blogger, jadi walau anda sudah menggunakan custom domain dan tidak menggunakan subdomain blogspot.com tetap tidak akan bisa.

Tulis komentar...