Cara mengubah password WiFi modem Huawei

Menikmati akses internet tanpa kabel di rumah sekarang merupakan hal yang wajar karena setiap pelanggan baru Telkom Speedy akan mendapatkan modem dengan kemampuan WiFi secara gratis. Tapi seringkali teknisi menggunakan password default yang mudah ditebak dan banyak orang tahu termasuk tetangga anda yang ikut menumpang.

Kalau anda rasa kecepatan koneksi internet anda tiba – tiba melambat atau tidak stabil bisa jadi karena terlalu banyak penggunanya, baik diijinkan maupun tidak. Karena itulah kita sebaiknya mengganti password WiFi secara rutin.

Salah satu merek modem yang dibagikan Telkom adalah Huawei dan kali ini saya membuat panduan ini berdasarkan model HG532e. Jika milik anda berlainan tipe bisa mengadaptasikan langkah – langkahnya, dari pengalaman saya tidak jauh perbedaannya.

Pertama silahkan login ke modem Huawei anda di alamat IP 192.168.1.254. Misal anda lupa apa username dan passwordnya bisa mencoba: admin dan admin, atau alternatifnya.
huawei-hg532e-login
Bila sudah maka buka menu Basic > WLAN. Anda akan menemukan selain nama hotspot anda juga baris bernama WPA Pre-shared key, ini adalah password dari jaringan nirkabel anda.
huawei-hg532e-basic-wlan

Silahkan isikan kata sandi untuk WiFi yang baru dan klik Submit untuk menggantinya. Misal ada laptop atau handphone yang sedang terhubung saat itu maka koneksinya akan terputus semua dan perlu disambungkan ulang.

Semoga bermanfaat.

Tulis komentar...