Cara menutup asuransi Cigna

Last Updated on Januari 14, 2021

Sebelum pakai asuransi kesehatan Cigna, saya sebelumnya menggunakan Prudential. Bedanya di asuransi lama itu gabung dengan investasi (unit link), maka di Cigna saya hanya ingin perlindungan murni untuk kesehatan. Tapi sama seperti sebelumnya, saya ingin menutup polis asuransi Cigna yang alasannya akan saya jabarkan.

Saya yakin anda yang mencari di Google dan membaca tulisan saya ingin langsung to the point saja. Jadi ya silahkan ikuti langkah-langkah berikut, dan bagusnya ga perlu datang ke kantor cabang Cigna sama sekali. Semuanya bisa online. 🙂

Cara menutup polis asuransi Cigna

  1. Silahkan email ke [email protected] dengan judul permintaan pembatalan/penutupan/pemberhentian polis asuransi.
  2. Dalam balasannya akan ditanyakan informasi lebih detail soal polis dan keanggotaan anda. Nama lengkap, nomor polis, nama ibu kandung, nomor kartu kredit dan sebagainya.
  3. Balasan berikutnya dari cs Cigna ada formulir permintaan penutupan polis dalam format file PDF. Kalau ada yang kesulitan mendapatkan/download form PDF ini silahkan request di komentar.
  4. Silahkan dicetak (hitam putih atau warna terserah), kemudian isi data-data yang diminta.
  5. Selanjutnya foto atau scan 3 lembar dokumen tadi. Jangan lupa KTP pemohon juga.
  6. Kemudian kirimkan ke cs cigna sebagai attachment/lampiran dalam email.
  7. Kalau tidak ada yang kurang maka akan dapat email balasan bahwa kita sudah sukses membatalkan polisnya.

Sekian

Sebagai catatan, walau kelihatannya singkat tapi waktu pembalasan surel itu kurang lebih sehari setelah kita kirimkan. Jadi kalau hitung kasarnya saya butuh waktu sekitar 4-7 hari total.

Buku polis, kartu nasabah dan sebagainya yang telah diberikan oleh Cigna ke anggota juga tidak perlu dikembalikan.

Ini kontras sekali dengan pengalaman saya dulu ingin menutup asuransi Prudential, selain balasnya lama juga berbelit-belit. Harus kirim fisik lagi. Benar-benar gampang masuknya, susah keluarnya.

Apakah berarti saya tanpa asuransi? Tidak, sebelum berhenti saya sudah pindah ke jasa asuransi kesehatan lain. Penting soalnya. Tidak saya sebutkan disini karena saya bukan sales. 😀 Dan belum tentu pilihan saya cocok bagi kebutuhan anda.

Semestinya tagihan Cigna yang autodebet ke kartu kredit saya akan berhenti untuk bulan depan Agustus. Tapi saya masih menantikan berapa lama prosesnya. Ini saya sukses membatalkan polisnya kemarin 19 Juli 2019. Dan semestinya charge ke cc sekitar 1-10 tiap bulan.

Semoga saja benar sudah distop semuanya, jangan hanya data saya di sistem mereka, tapi di kartu kredit juga.

Update, ada yang menghubungi saya bagaimana tahunya kalau memang sudah sukses keluar dari Cigna sebagai nasabah. Bisa dilihat dibawah adalah cuplikan dari email dengan subjek Pengakhiran Program Asuransi.


Alasan saya berhenti menggunakan asuransi Cigna

Nah.. di akhir saya baru ingin cerita sedikit salah satu alasan yang mendorong saya berhenti memakai Cigna. Faktor utamanya malah ga ada hubungan dengan bagaimana layanan asuransinya, kebetulan belum pernah klaim. Tapi disebabkan telemarketingnya sangat-sangat mengganggu. Walau saya sudah minta agar tidak ditelepon untuk penawaran lagi, eh paling lama cuma awet sebulan. Disini saya cuma merasa risih.

Puncaknya ketika ada satu telemarketer/spammer cigna yang mengawali kalau ingin mengecek polis saya yang aktif dan mengupdate datanya. Disini saya ada kesan positif, masih diperhatikan ternyata. Dalam selingan perbincangan dikatakan kalau saya belum memanfaatkan secara maksimal polis asuransinya (Cigna Eazicare Platinum) dan ditawarkan untuk adanya refund/cashback premi.

Yang tentu saja saya ingin klaim dong, lumayan kalau bisa dikembalikan walaupun dapat berapapun. Disini letak pintarnya si agen Cigna, dengan sangat cepatnya menyatakan syarat dan ketentuan polis. Untungnya saya masih ingat nama polisnya, kok beda jauh. Tapi besaran preminya mirip makanya diawal saya ga terlalu sadar ini produk lain.

Langsung saya semprot ini menawarkan dengan kedok update data dan membantu nasabah. Yang ada menjebak. Sungguh tidak etis sekali cara mainnya.

Singkat cerita. Saya ini sudah bayar polis, masih kena spam. Eh juga mau dijebak. Cari untung ga segitunya lah.

BTW, ini link download formulir pembatalan polis asuransi Cigna: https://www.mediafire.com/file/uiddvcudjzzpej2/Formulir_Pembatalan_Polis_Asuransi_Cigna.pdf/file

85 pemikiran pada “Cara menutup asuransi Cigna”

  1. Assalamu’alaikum..
    Maaf mau bertanya. Kebetulan saya juga ingin menutup polis cigna ini. Baru kemarin saldo saya berkurang dan ada pemberitahuan bahwa polis saya sedang di cetak dan softcopynya akan di kirim via email.

    Nah saya ingin mengajukan pembatalan polis ini. Saya kirim email terlebih dahulu dengan mengirimkan formulir pembatalan atau langsung pergi ke pihak cs bank untuk pemberhentian atau tutup rekening. Baiknya gimana ya kaka? Mohon bantuannya. Tapi saldo yang kemari
    tertarik ingin bisa dikembalikan.

    Terima kasih..

    Balas
  2. Mohon maaf izin bertanya..
    Baru kemarin polis cigna aktif dan saldo saya sudah ketarik. Agar saldo kembali harus tunggu balasan dari email cigna atau langsung ke cs pihak bank ? Mohon pencerahannya. Terima kasih

    Balas
  3. Pak tolong bantu saya karena Cigna ini sudah menarik saldo di rekening saya dan yang awalnya saya tidak tahu kalau ini asuransi, jadi saya intinya tertipi bahkan nomor polis pun saya tidak ada jadi bagaimana saya bisa batalkan polis saya ya

    Balas
  4. Baru bbrapa hari yg lalu aku ditelfon org yg ngakunya dr BRI menawarkan produk Proteksi Sehat Optima, udh dibilang gk minta masih ngomong bla bla bla…
    Smp akhirnya scara gk sadar krn udh risih saat dia minta aku bilang setuju ketika dia mngucapkan bbrapa kalimat aku males2an jawab setuju, tryta lgsung aktif polisnya. Dia bilang stiap bulan isi ATM minimal da saldo 175k agar polis bisa berjalan otomatis, msh blm paham aku saatvtu.
    Krn agk curiga malamnya aku ambil saldo ATM smp isinya gk smp 100k, gk taunya hari ini kbetulan ada transferan 900k, dgn was2 aku check ke ATM tryta bener saldonya cm da 700k lebih (+sisa saldo ATM trakhir).
    Y Allah….mohon bantu agar bisa scepatnya batalin ASUransi ini!

    Balas
    • Betul mas, telemarketing asuransi bisa sangat agresif dalam menawarkan dan closingnya. Karena itu setiap ada nomor telepon yang ga dikenal jarang saya angkat, apalagi nomor Jakarta.

      Itu sudah minta auto debetnya dibatalkan ke BRI?

Tulis komentar...