Cara menutup asuransi Cigna

Sebelum pakai asuransi kesehatan Cigna, saya sebelumnya menggunakan Prudential. Bedanya di asuransi lama itu gabung dengan investasi (unit link), maka di Cigna saya hanya ingin perlindungan murni untuk kesehatan. Tapi sama seperti sebelumnya, saya ingin menutup polis asuransi Cigna yang alasannya akan saya jabarkan di akhir.

Saya yakin anda yang mencari di Google dan membaca tulisan ini ingin langsung to the point saja. Jadi ya silahkan ikuti langkah-langkah berikut, dan bagusnya proses pembatalan polis asuransinya ga perlu datang ke kantor cabang Cigna sama sekali. Semuanya bisa online. 🙂

Cara menutup polis asuransi Cigna

  1. Silahkan email ke [email protected] dengan judul permintaan pembatalan/penutupan/pemberhentian polis asuransi.
  2. Dalam balasannya akan ditanyakan informasi lebih detail soal polis dan keanggotaan anda. Nama lengkap, nomor polis, nama ibu kandung, nomor kartu kredit dan sebagainya.
  3. Balasan berikutnya dari cs Cigna ada formulir permintaan penutupan polis dalam format file PDF. Kalau ada yang kesulitan mendapatkan/download form PDF ini silahkan request di komentar.
  4. Silahkan dicetak (hitam putih atau warna terserah), kemudian isi data-data yang diminta.
  5. Selanjutnya foto atau scan 3 lembar dokumen tadi. Jangan lupa KTP pemohon juga.
  6. Kemudian kirimkan ke cs cigna sebagai attachment/lampiran dalam email.
  7. Kalau tidak ada yang kurang maka akan dapat email balasan bahwa kita sudah sukses membatalkan polisnya.

Sekian

Sebagai catatan, walau kelihatannya singkat tapi waktu pembalasan email itu kurang lebih sehari setelah kita kirimkan. Dalam 24 jam akan direspon selama waktu operasional. Jadi kalau hitung kasarnya saya butuh waktu sekitar 4-7 hari total.

Buku polis, kartu nasabah dan sebagainya yang telah diberikan oleh Cigna ke anggota juga tidak perlu dikembalikan.

Ini kontras sekali dengan pengalaman saya dulu ingin menutup asuransi Prudential, selain balasnya lama juga berbelit-belit. Harus kirim fisik lagi. Benar-benar gampang masuknya, susah keluarnya.

Apakah berarti saya tanpa asuransi? Tidak, sebelum berhenti saya sudah pindah ke jasa asuransi kesehatan lain. Penting soalnya. Tidak saya sebutkan disini karena saya bukan sales. 😀 Dan belum tentu pilihan saya cocok bagi kebutuhan anda. Pakai BPJS Kesehatan pun tidak salah, yang penting ada jaminan kesehatan. Sakit itu mahal soalnya dibandingkan biaya asuransinya.

Semestinya tagihan Cigna yang autodebet ke kartu kredit saya akan berhenti untuk bulan depan Agustus. Tapi saya masih menantikan berapa lama prosesnya. Ini saya sukses membatalkan polisnya kemarin 19 Juli 2019. Dan semestinya charge ke cc sekitar 1-10 tiap bulan.

Semoga saja benar sudah distop semuanya, jangan hanya data saya di sistem mereka, tapi di kartu kredit juga.

Update 1: Tambahan, ya saya bisa konfirmasi kalau setelah dapat balasan bahwa permintaan pembatalan polisnya sudah disetujui maka tidak ada lagi yang ditagihkan. Autodebet sudah tidak aktif.

Update 2: Ada yang menghubungi saya bagaimana tahunya kalau memang sudah sukses keluar dari Cigna sebagai nasabah. Bisa dilihat dibawah adalah cuplikan dari email dengan subjek Pengakhiran Program Asuransi.


Alasan saya berhenti menggunakan asuransi Cigna

Nah.. di akhir saya baru ingin cerita sedikit salah satu alasan yang mendorong saya berhenti memakai Cigna. Faktor utamanya malah ga ada hubungan dengan bagaimana layanan asuransinya, kebetulan belum pernah klaim. Tapi disebabkan telemarketingnya sangat-sangat mengganggu. Walau saya sudah minta agar tidak ditelepon untuk penawaran lagi, eh paling lama cuma awet sebulan. Disini saya cuma merasa risih.

Puncaknya ketika ada satu telemarketer/spammer cigna yang mengawali kalau ingin mengecek polis saya yang aktif dan mengupdate datanya. Disini saya ada kesan positif, masih diperhatikan ternyata. Dalam selingan perbincangan dikatakan kalau saya belum memanfaatkan secara maksimal polis asuransinya (Cigna Eazicare Platinum) dan ditawarkan untuk adanya refund/cashback premi.

Yang tentu saja saya ingin klaim dong, lumayan kalau bisa dikembalikan walaupun dapat berapapun. Disini letak pintarnya si agen Cigna, dengan sangat cepatnya menyatakan syarat dan ketentuan polis. Untungnya saya masih ingat nama polisnya, kok beda jauh. Tapi besaran preminya mirip makanya diawal saya ga terlalu sadar ini produk lain.

Langsung saya semprot ini menawarkan dengan kedok update data dan membantu nasabah. Yang ada menjebak. Sungguh tidak etis sekali cara mainnya.

Singkat cerita. Saya ini sudah bayar polis, masih kena spam. Eh juga mau dijebak. Cari untung ga segitunya lah.

BTW, ini link download formulir pembatalan polis asuransi Cigna: https://www.mediafire.com/file/uiddvcudjzzpej2/Formulir_Pembatalan_Polis_Asuransi_Cigna.pdf/file

Link backup atas request: https://www.dropbox.com/s/88pgl5wc2mlg1l7/Formulir%20Pembatalan%20Polis%20Asuransi%20Cigna.pdf?dl=0

117 pemikiran pada “Cara menutup asuransi Cigna”

  1. Pak tolong bantu saya karena Cigna ini sudah menarik saldo di rekening saya dan yang awalnya saya tidak tahu kalau ini asuransi, jadi saya intinya tertipi bahkan nomor polis pun saya tidak ada jadi bagaimana saya bisa batalkan polis saya ya

    Balas
    • Ke bank bersangkutan, minta pemberhentian autodebet ke csnya.

      Sambil kontak cs asuransinya untuk hal yang sama.

  2. Baru bbrapa hari yg lalu aku ditelfon org yg ngakunya dr BRI menawarkan produk Proteksi Sehat Optima, udh dibilang gk minta masih ngomong bla bla bla…
    Smp akhirnya scara gk sadar krn udh risih saat dia minta aku bilang setuju ketika dia mngucapkan bbrapa kalimat aku males2an jawab setuju, tryta lgsung aktif polisnya. Dia bilang stiap bulan isi ATM minimal da saldo 175k agar polis bisa berjalan otomatis, msh blm paham aku saatvtu.
    Krn agk curiga malamnya aku ambil saldo ATM smp isinya gk smp 100k, gk taunya hari ini kbetulan ada transferan 900k, dgn was2 aku check ke ATM tryta bener saldonya cm da 700k lebih (+sisa saldo ATM trakhir).
    Y Allah….mohon bantu agar bisa scepatnya batalin ASUransi ini!

    Balas
    • Betul mas, telemarketing asuransi bisa sangat agresif dalam menawarkan dan closingnya. Karena itu setiap ada nomor telepon yang ga dikenal jarang saya angkat, apalagi nomor Jakarta.

      Itu sudah minta auto debetnya dibatalkan ke BRI?

    • Tinggal ikuti pengalaman saya pak.

      Singkatnya:

      1. Download PDF penutupan asuransi Cigna.
      2. Cetak dan isikan data-data nasabah yang ingin diproses.
      3. Difoto.
      4. Email ke cs Cigna soal penutupan asuransi dengan lampiran foto formulir tadi beserta KTP.
      5. Tunggu balasan dan konfirmasi dari csnya.
    • Halo mas Abas, setelah saya cek ulang apa yang saya kirimkan ke csnya. Halaman pertama yang berisi data nasabah, dan terakhir yang tanda tangan saja yang saya isikan. Tapi tetap saya foto semua halaman (walau 2 halaman kosong) ke email cigna.

    • Ini bisa jadi solusi kalau terpaksa.

      Mungkin terlalu mepet dengan tanggal billing ya. Resiko dengan tagihannya muncul duluan sebelum cancel polis asuransi Cigna.

  3. Maaf tanya, kalo melakukan perberhentian… uang yg sblumnya autodebet, ba kembali?? Atau hangus?? Sya mgkin belum setahun ikut dlm Cigna…

    Balas
    • Ini kabar buruknya, tidak ada yang dikembalikan uangnya.

      Spesifiknya, saya beli produk asuransi konvensional tanpa adanya janji investasi atau uang kembali.

      Tapi misalnya anda beli produk asuransi dengan janji nilainya bertambah atau unit link populernya. Setahu saya beberapa tahun pertama itu kita membayarkan biaya akuisisi unit link/reksadana yang rasionya lebih tinggi dibandingkan perlindungannya. Intinya sih sama saja, ga balik dananya karena kena biaya dan pinalti.

    • Betul mbak, dari pengalaman saya sendiri begitu.

      Tapi kalau masih ragu, bisa kontak banknya menanyakan apakah ada autodebet yang aktif.

  4. Waduh tadi siang di telpon juga ngaku2 call centre BRI,nawarin asuransi kesehatan,namanya telepro sehat optima,karena lagi buru2 plus yg nelpon ngomongnya diulang2 belibet pula,saya iya iya aja,nah pas bilang pengiriman buku panduan polis,dia bilang “setuju ya pak”,saya jawab setuju,karena saya kira setuju untuk kirim buku panduan polis ke alamat rumah bukan ke kantor,ternyata jebmen,dikasih no call centre cigna,tapi cek produk di web cigna ,g ada itu telepro sehat optima,jadi solusinya bagaimana y?klo k bank bisa hentikan auto debet,,nah yg asuransi gimana y?no polis aja g tau

    Balas
    • Nah itu, ga etisnya telemarketing asuransi pada umumnya. Demi closing, segala cara dicoba.

      Untuk Telepro Sehat Optima ada dokumen PDFnya dari Cigna mas: https://www.cigna.co.id/sites/default/files/inline-files/Ringkasan-Informasi-Produk_HBRI2.PDF

      Saya kutip sebagian:

      TELEPRO SEHAT OPTIMA
      Merupakan produk asuransi kesehatan yang diterbitkan oleh PT Asuransi Cigna yang memberikan perlindungan berupa santunan perawatan rumah sakit.
      Santunan perawatan rumah sakit karena penyakit atau cedera tubuh akibat kecelakaan.
      Santunan pembedahan karena penyakit atau cedera tubuh akibat kecelakaan.
      Santunan ambulans.
      Santunan duka.
      Pengembalian premi.
      Layanan bantuan internasional.

      Ini kalau preminya dikembalikan, tampaknya gabung semacam investasi. Cover kesehatannya bisa rendah, masih mending BPJS walau prosedurnya agak repot sedikit.

  5. Mas sy mw nanya suami sy ikut asuransi cigna berikut sy dan anak sy jg di ikut sertakan ..
    Tetapi suami sy ingin membatalkan ny ..
    Pertanyaan ny kalo mw di batalkan hanya perwakilan nama suami sy atau nama sy dan anak sy juga di tulis ??

    Balas
    • Untuk Cigna saya kurang tahu ya bu.

      Saya cuma bisa mereferensikan pengalaman saya dengan Prudential karena polisnya untuk sekeluarga, kalau hanya ingin membatalkannya cukup yang nama yang membuat saja dan nanti akan otomatis anggotanya juga ditutup polis asuransinya.

      Tapi bisa langsung konfirmasi langsung ke Cigna bu lewat csnya.

  6. Hal yg serupa dengan apa yg saya alami, yang ingin saya tanyakan berhubung waktunya mepet dgn tgl pendebitan, apakah kita bisa blok auto debit dari cc dgn cara minta pemblokiran auto debit dari bank yg bersangkutan setelah itu baru kita urus penutupan polis asuransinya.

    Balas
    • Banyak mas yang begitu, jelas kena debit kalau ngajukannya dekat jatuh tempo pembayaran polisnya. Paling aman mungkin 2 mingguan sebelum tanggalnya, karena ngurusnya saja bisa sampai seminggu hanya via email.

      Mungkin bisa dicoba sambil telpon ke cs Cigna untuk mempercepat.

  7. Halo Kak, sebelum nya terima kasih telah membuat artikel tentang ini. Karena sangat membantu.
    Tapi saya mau tanya, apabila saya sudah menjadi member Cigna selama 3 tahun dan ingin berhenti, apakah Dana/Premi yang sudah saya taruh disana bisa dicairkan?
    Terima kasih!

    Balas
    • Tergantung ketentuan polis asuransinya mbak.

      Ini apakah ada investasinya/unit link atau murni asuransinya saja.

      Tapi umumnya tidak ada yang kembali kalau masih kecil tahunnya. Kena pinalti lagi.

  8. Halo kak, saya juga barusan di telpon atas nama asuransi BRI menggunakan nomor telpon +622127836300, dan bodohnya saya iyakan saja. Setelah itu saya google dan banyak laporan rekeningnya auto debet, karena khawatir jadi semua saldo saya transfer ke rekening lain. Yang jadi pertanyaan saya adalah :

    1. Apakah ini betul asuransi atau penipuan?
    2. Kalau tidak di urus proses pemberhentian apakah akan berhenti otomatis setelah 3 bulan rekening tanpa saldo?
    3. Bagaimana bisa data-data nasabah diketahui pihak lain mulai dari nomor telpon, alamat, hingga NIK?
    4. Jika saya menutup rekening yang ada sesegera mungkin dan membuka rekening baru di BRI apakah kira-kira tidak akan di ‘tawari’ asuransi lagi?
    5. Apakah sebaiknya saya menutup rekening BRI ini dan membuka rekening di bank lain saja?

    Terima kasih sebelumnya,

    Balas
    • Halo mbak Ika,

      1. Itu betul asuransi kok. Tapi caranya yang memang kurang etis, alasan yang sama bikin saya batalkan cigna.
      2. Kalau gagal bayar memang akan ditutup. Tapi saran saya blokir saja autodebetnya, tinggal minta ke banknya. Sayang duitnya mbak.
      3. Setahu saya minimal ada 2 mbak: Waktu pembukaan rekening tabungan baru ada ketentuan diperbolehkan berbagi data ke mitra mereka untuk marketing, dan satunya berbagi file nasabah ke rekan/kenalan secara tidak etis/tanpa ijin.
      4. Cek di syarat dan ketentuan pada formulirnya mbak, itu biasanya yang dicentang ada ketentuan pada poin sebelumnya. Ini mencegah satu cara resmi, tapi kalau yang tidak etis ya kita pasrah memang.
      5. Secara keseluruhan hampir semua bank itu sama mbak. BRI dengan Bringin Life/BRITAMA, BCA dengan Cigna, Mandiri dengan AXA, BTPN Jenius untuk Flexi Cash dan sebagainya. Perhatikan di formulirnya saja apakah anda mengijinkan data nasabah digunakan oleh mitranya.

  9. Saya baru saja merasa dibodoh i ( ditipu ) oleh telemarketingnya yang sudah disetujuh i oleh asuransi ini, sebesar 230 ribu, rasanya tidak ikhlas, semoga menjadi penghalang rejeki bagi yang membodohi saya. . . .

    Balas
    • Ini kalau autodebet mbak, harap segera ke banknya untuk membatalkan atau blokir tagihannya. Tiap bulan kena soalnya.

      Soal caranya memang kurang etis, karena itu saya memutuskan berhenti pakai asuransinya. Terbukti sampai sekarang tidak diganggu telemarketingnya lagi.

Tinggalkan komentar