Cara setting CDN di XenForo

CDN (Content Delivery Network) merupakan layanan yang bertugas untuk menyebarkan aset – aset website keseluruh dunia sehingga website anda dapat diakses dengan lebih cepat, mengurangi beban server hosting dan menghemat konsumsi bandwidth hosting. Maka dari itu banyak keunggulannya untuk memasangnya di forum XenForo anda dibanding tidak menggunakan sama sekali, kecuali pengeluaran biaya tambahan tampaknya. 😛

Saya baru saja berhasil mengaktifkan CDN untuk konten statis (gambar, css, javascript, dan media sejenis) di forum. Dan berikut adalah langkah – langkah yang saya lakukan.

Pertama tentunya adalah silahkan buat Pull Zone atau Static CDN pada provider CDN yang anda gunakan, ini bisa MaxCDN, CloudFront dan layanan serupa lainnya. Kalau CloudFlare adalah layanan Reverse Proxy dengan efek samping CDN, jadi memang berbeda. Tapi kedua jenis CDN ini bisa digabungkan kok, sudah saya coba. 😀 Kalau anda ingin mencoba gratisan silahkan cek daftar penyedia CDN gratis. Saya menggunakan ReadyCache disini.

readycache-new-cdn-resource-details

Standarnya pada pembuatan CDN anda akan mengisikan alamat website sebagai origin konten, dan apa alamat CDNnya nanti bisa anda isikan sendiri atau menggunakan alamat dari penyedianya. Saya sarankan menggunakan subdomain sendiri (cdn.utekno.com atau static.utekno.com). Kalau anda menggunakan subdomain maka pada DNS hosting domain anda harus menambahkan DNS record bertipe CNAME baru yang mengarahkan subdomain tersebut menuju alamat CDN anda. Dalam panduan ini saya memakai CloudFlare sebagai DNS hostingnya.
cloudflare-dns-settings-cdn-cname-record

Setelah itu silahkan akses FTP untuk hosting anda dan buka file config.php yang berada didalam direktori library. Silahkan tambahkan kode berikut didalamnya:

$config[‘externalDataUrl’]? = ‘http://static.utekno.com/data’;
$config[‘javaScriptUrl’]??? = ‘http://static.utekno.com/js’;
Tentu saja ubah nama subdomain sesuai dengan yang anda isikan sebelumnya (tidak harus sama dengan contoh) dan nama domain yang anda gunakan.

Tinggal sedikit lagi. 🙂 Selanjutnya akses Admin dari forum XenForo anda dan buka Appearance > Styles > Default Style > Style Property Groups > General. Ubah isi dari Path to Image menjadi lokasi cdn anda, contohnya adalah: http://static.utekno.com/styles/default.

xenforo-style-properties-general-path-to-image

Harap anda ingat saya masih menggunakan style default dari XenForo, jadi sesuaikan saja kalau milik anda berbeda. Jika sudah maka lanjutkan dengan klik “Update Style Properties” dan selamat sekarang forum anda sudah menggunakan CDN untuk setiap aset statisnya. 😀

Tulis komentar...