CDN Linker: Menambahkan dukungan CDN untuk WordPress

Untuk meningkatkan performa dan kecepatan WordPress maka layanan CDN (Content Delivery Network) bisa menjadi solusinya. Keunggulannya nanti seluruh konten statis (CSS, JavaScript, Gambar, Video, Audio, dan sejenisnya) akan disediakan dari server dari penyedia CDN dari lokasi terdekat ke pengunjung. Ini mengakibatkan server hosting website anda berkurang bebannya, menghemat kuota bandwidth dan jelas mempercepat akses situs.

Di WordPress sendiri tidak ada dukungan terintegrasi untuk menggunakan layanan CDN, jadi kita harus menggunakan plugin dan salah satunya adalah CDN Linker. Jangan download dari repository WordPress.org karena itu adalah versi lite (ringan), dan yang dari GitHub adalah versi standar. Keduanya sama – sama gratis untuk penggunaan pribadi.

Sebelum anda mengaktifkan plugin ini harap persiapkan dahulu Pull Zone pada CDN yang anda gunakan. Saya menggunakan MaxCDN yang merupakan layanan CDN berbayar, sedangkan kalau anda mencari layanan CDN gratis yang mendukung Pull Zone bisa mencoba InfinityCDN, ReadyCache, atau PaceCDN. Harap anda baca dahulu fitur – fitur dan batasan dari masing – masing layanan CDN gratisnya.

maxcdn-reporting

 

Jika sudah anda persiapkan maka silahkan aktifkan CDN Linker, setelah itu pada halaman settingnya isikan alamat dari CDN anda pada kotak CDN URL. Ini bisa menggunakan url untuk website dari penyedia CDN (misal: utekno.netdna.net) atau menggunakan subdomain atau nama domain memanfaatkan CNAME (misal: cdn.utekno.com).
wordpress-cdn-linker

Setelah itu anda bisa langsung menyimpannya dan kalau anda menggunakan plugin cache silahkan dibersihkan dahulu, maka situs WordPress akan sudah memakai CDN untuk setiap konten statisnya. Silahkan anda cek source code dari halamannya dan kalau sudah mengarah ke alamat CDN maka sudah berhasil. Selamat! 🙂

Nah… terakhir akan saya jelaskan opsi – opsi yang ada pada halaman pengaturan CDN Linker yang akan berguna kalau anda ingin mengoptimalkan konfigurasi CDN untuk WordPress lebih jauh:

  • rewrite root-relative refs – Aktifkan bila anda ingin file yang menggunakan url relatif (tanpa nama domain misalnya) menjadi statis menuju alamat domain anda.
  • subdomain “www” is optional – Aktifkan bila website anda bisa diakses tanpa subdomain www.
  • skip CDN if HTTPS – Jangan gunakan bila anda menggunakan HTTPS.
  • include dirs – Isi dari direktori WordPress apa saja yang akan diikutkan dalam CDN. Defaultnya adalah wp-content dan wp-include.
  • exclude if substring – Jangan ikutkan file – file dengan ekstensi berikut. Defaultnya adalah php.

CDN Linker merupakan salah satu plugin yang pasti saya install untuk memasangkan CDN pada WordPress. Ini dikarenakan penggunaannya cukup mudah sehingga tidak membingungkan. Kalau anda menginginkan solusi all-in-one maka bisa menggunakan WP Super Cache atau W3 Total Cache.

Semoga bermanfaat. 🙂

2 pemikiran pada “CDN Linker: Menambahkan dukungan CDN untuk WordPress”

  1. mas saya sudah pakai cdn77, cara block crawl agar tidak ngindex url cdn gmn ya? kaya cdn.utekno.com/robots.txt, itu buatnya kaya gmana mas? sementara saya tidak menggunakan cdn storage.

    Balas
    • Tambahkan ini mas di .htaccess:

      RewriteEngine On
      RewriteCond %{HTTP:VIA} cdn77
      RewriteRule ^robots\.txt$ robots_cdn77.txt [L]

      atau buat file robots_cdn77.txt dan isikan ini:

      User-agent: *
      Disallow: 

Tulis komentar...