Bisa tidak downgrade paket langganan MyRepublic?

Advertisements

Saya sudah berlangganan internet lama dengan MyRepublic, kurang lebih hampir 6 tahun dari jaman namanya Innovate. Singkat cerita awalnya dulu saya cuma ambil paket yang 2 Mbps seharga 150 ribuan, tak terasa pelan-pelan harganya naik walau speednya nambah. Terakhir di titik 30 Mbps dengan tarif Rp.339.000 per bulan.

Karena pandemi ini jelas pemasukan sudah mulai berkurang, jadi apa yang tidak terlalu penting akan diputus atau mencari alternatifnya yang lebih hemat. Salah satunya ya soal ISP ini, pertimbangan saya cari yang 200 ribuan saja sebulannya. Karena myrep 30 Mbps yang sekarang toh tidak pernah segitu di lapangan, paling dapat 10-20 Mbps naik turun.

Dari salah satu forum ISP saya mendapatkan kabar soal paket terbaru MyRepublic Indonesia 2021 ini seperti pada gambar.

brosur myrepublic 2021

Advertisements

Wah… kebetulan, saya langsung tertarik paket hematnya yang Alpha 10 Mbps Rp. 189.000 atau Jet 20 Mbps Rp. 199.000.

Akhirnya saya cari tahu informasi apakah pelanggan lama dapat downgrade paket internetnya? Dari hasil Google pasti muncul link ini di nomor satu: https://myrepublic.co.id/helps/bagaimana-jika-saya-ingin-downgrade-layanan/

Sumber resminya saya kutip:

Bagaimana jika saya ingin downgrade layanan?

Silahkan hubungi customer service kami untuk request downgrade layanan. Anda akan dikenakan biaya downgrade sebesar Rp.100.000,-

Note:
Downgrade layanan adalah pengubahan paket berlangganan atas permintaan pelanggan yang mengakibatkan biaya berlangganan per bulan (sebelum pajak dan biaya administrasi) berkurang

Ada harapan saya mengurangi beban tagihan per bulannya tanpa perlu repot-repot pindah ISP sebelah. Karena terus terang saya sendiri males ngurusnya kalau tidak terpaksa.

Advertisements

Langsung saja saya kontak customer service MyRepublic lewat media sosial dan email, kalau telepon saya kecewanya keburu habis pulsa sebelum bicara dengan petugasnya.

Hi kak, mohon maaf ya kak untuk perubahan ke paket Jet/Alpha belum dapat mimin proses karna paket tersebut hanya tersedia oleh pelanggan baru dan penawaran dari tim seles. Thanks^ ^

Naas jawabannya adalah negatif, dimana keinginan saya ganti paket ke Jet ataupun Alpha itu hanya untuk pelanggan baru. Zonk dah, walau saya sudah beri link ke dokumentasi resmi mereka sendiri bahwa cukup bayar 100 ribu bisa downgrade.

Akhirnya gimana? Dengan terpaksa saya mengajukan pembatalan langganan dan minggat ke penyedia internet sebelah. Sekarang saya pakai MNC Play, walaupun cuma 6 Mbps tidak terasa perbedaan signifikan kecuali banyak yang download atau streaming video secara bersamaan. Nanti akan saya review lengkapnya.

Secara pribadi saya siap bayar biaya jasa ganti paket langganannya daripada ganti provider. Tapi tampaknya MyRepublic lebih memberi prioritas pelanggan baru daripada mempertahankan pelanggan lama. Sayang sekali.

Advertisements

Tinggalkan komentar