Kapan GameRanger bisa dipakai di MyRepublic?

Ini masih nyambung share saya sebelumnya soal main game Warcraft 3: Frozen Throne dengan LAN tapi online. Biar bisa mabar teman-teman jaman kuliah dulu, nostalgia.

Ada beberapa solusi yang sudah dicoba. Yang pertama itu ZeroTier dan dibahas dalam tutorial pada link diatas. Kemudian yang kedua adalah GameRanger.

Sekilas GameRanger

Sistem aplikasi ini kalau saya perhatikan mirip launcher yang mengarahkan trafik jaringan LAN ke server mereka. Makanya bisa bermain satu sama lain secara online.

Nanti proses daftarnya ada dalam program GameRanger, verifikasi lewat email. Bikin username dan add friend biar mudah menambahkan pemain lain. Kemudian gabung lobi servernya.

Sangat-sangat simple kalau bisa dipakai dengan normal. Hal ini dibuktikan beberapa teman yang menggunakannya pakai koneksi IndiHome, lancar banget dibandingkan ZeroTier.

Masalah GameRanger dengan MyRepublic

Sayangnya MyRepublic tidak bisa. Muncul error Firewall Problem.

gameranger firewall problem

Saya tidak sendirian karena laporan pertama itu 2018 di Kaskus.

myrepublic kaskus gameranger

Dan kemudian ada pertanyaan kedua di 2020 halaman Facebook mereka.

myrepublic facebook gameranger

Dan saya nulis ini kemungkinan jadi referensi ketiga di 2021 bahwa masih belum bisa.

Tidak ada solusi

Jelas kemudian saya melaporkan masalah ini ke customer service MyRepublic. Siapa tahu sudah ada solusi. Balasannya malah tidak nyambung karena mereka tidak mengenali aplikasi apa ini.

Hi Kak, Maaf ya sebelumnya atas kendala yang dialami. Untuk perihal kendala internet, dapat Mimin informasikan untuk saat ini kami mohon kesediaan Kakak untuk melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

• IP yang digunakan dengan cara cek di https://whatismyip.com atau https://whatismyipaddress.com
• Cek IP yang didapat ke https://mxtoolbox.com/blacklists.aspx untuk memastikan IP tidak terkena Spamhaus.
• Lakukan traceroute ke situs yang tidak bisa di akses, contoh : “tracert http://kompas.com” di command prompt windows.
• Ping ke situs yang tidak bisa di akses, contoh : “ping http://kompas.com” di command prompt windows. Thanks ^

Note, saya tidak menyalahkan mereka apalagi kecewa. Malah sudah saya asumsikan bakal seperti ini. Karena beda dengan game online lainnya yang masalah utamanya itu kestabilan ping dan rendah respon msnya supaya permainan lancar.

Tapi GameRanger adalah aplikasi perantara/pembantu menghubungkan koneksi beberapa ISP agar bisa main bareng satu game. Jelas pemakaiannya tidak setinggi Mobile Legends, Steam, PUBG, atau FreeFire misalnya.

Jadi gimana?

Ya… saya cuma bisa followup biasa. Sementara tetap pakai aplikasi pertama, nanti bakal coba Radmin VPN.

Yang bisa saya pastikan cuma IndiHome lancar langsung bisa nyambung. Tambahan MNC Play bisa nyambung juga. Tinggal First Media saja belum tahu.

Tinggalkan komentar