Dr.Fone: Penyelamat data Android terbaik

Mudahnya kita mengabadikan momen penting menggunakan handphone kadang membuat kita lupa bahwa juga sama mudahnya untuk menghilangkannya. Kasusnya teman saya tidak sengaja menghapus foto dan video ulang tahun anaknya karena kapasitas penyimpanan di handphone Android miliknya sudah kritis, dan karena terburu – buru tidak sempat memperhatikan dengan baik apa aja file yang dibersihkan. Masalah besar jadinya karena sang istri sudah menagihnya.

Nah… akhirnya teman saya yang terkena musibah ini kelabakan mencari solusinya dan meminta tolong saya. Sejujurnya pada awalnya saya mencoba Recuva untuk memulihkan data – data yang terhapus, memang sudah andalan saya kalau masalah serupa di Windows tapi ternyata kalau di perangkat Android tampaknya kurang maksimal.

Setelah mencari kesana kemari akhirnya saya coba aplikasi Dr.Fone dari Wondershare yang fungsinya memang adalah menyelamatkan data – data penting di Android. Ini bukan aplikasi Android, melainkan untuk komputer jadi nanti anda harus memasangkan hp anda melalui kabel USB ke komputer. Disini saya menggunakan Lenovo A369i Jelly Bean. Jadi kita bisa melakukannya dengan 3 langkah mudah:

Jalankan program Dr.Fone.

Pasangkan handphone Android anda ke PC/Laptop. Saya yakin anda tidak kesulitan sama sekali kalau tahap ini.

dr-fone-connect-device-to-pc

Kemudian proses identifikasi handphone anda akan berjalan, kalau tidak berlangsung otomatis maka anda wajib mengaktifkan Developer Options (Opsi Pengembang) dan USB Debugging. Untuk mengaksesnya silahkan buka Settings > About dan kemudian tap berulang kali di Build number.

android-allow-usb-debugging

Setelah aktif silahkan diakses dan kemudian aktifkan “Allow USB Debugging”.

Identifikasi perangkat dan root otomatis

Dr.Fone akan berusaha mengenali apa perangkat Android yang telah anda pasangkan, ini supaya programnya bisa mengoptimalkan algoritmanya untuk mengembalikan data yang hilang atau terhapus. Setelah terdeteksi akan muncul tampilan jenis – jenis file apa saja yang bisa dipulihkan (Kontak, pesan, riwayat telepon, WhatsApp, audio, video, gambar, dokumen).

dr-fone-select-the-type-of-files-you-want-to-recover

Selanjutnya kita akan mencari file – file secara lebih spesifik dalam Storage scanning mode, apakah yang sudah terhapus (Scan for deleted files) atau semuanya yang berhasil terdeteksi (Scan for all files) di internal storage dan SD card. Disini saya hanya ingin mendapatkan kembali file yang lenyap.

dr-fone-storage-scanning-mode

Kerennya lagi Dr.Fone ini akan otomatis mengroot perangkat Android anda. Ini memang dibutuhkan untuk mengakses beberapa lokasi media yang diproteksi dan fungsi – fungsi tingkat lanjutnya. Jangan khawatir ini aman kok, dan setelah prosesnya selesai akan dikembalikan ke semula settingnya. Tidak ada resiko garansi anda hangus walau menggunakan software ini.

dr-fone-one-click-root

Proses analisa perangkat akan dilakukan lebih lanjut, jangan kaget kalau tiba – tiba handphone anda restart di tengah proses ini. Normal kok.

Deteksi file yang bisa dikembalikan dan proses pemulihannya

Akhirnya proses scan data akan dimulai setelahnya, ini bisa memakan waktu lama tergantung berapa besar storage yang ada dan banyak filenya. Harap bersabar saja. Sewaktu saya coba bisa mendekati 1 jam.

dr-fone-scanning-device

Kalau prosesnya sudah selesai maka anda bisa memilih kategori filenya dan melihat preview dari file tersebut. Misal anda mencari gambar maka bisa dengan mudah melihat apa isi fotonya, beri centang pada file yang ingin dikembalikan. Misal ada gambar yang tampilannya rusak berarti memang itu maksimalnya.

dr-fone-recover-files

Klik Recover untuk melanjutkan prosesnya dan anda akan diminta mengisikan lokasi file – file hasil penyelamatan datanya. Selesai sudah, dan selamat kalau anda berhasil mendapatkan file penting yang hilang tersebut.

Semisal anda tidak berhasil menemukannya maka jangan berkecil hati dulu, silahkan ulangi lagi prosesnya tapi pada tahap Storage Scanning Mode jangan pilih Standard melainkan Advanced Mode. Dr.Fone akan melakukan pencarian dengan lebih teliti tapi waktu yang lebih lama.

Kesimpulannya? Dr.Fone merupakan solusi lengkap untuk menyelamatkan data yang hilang atau terhapus pada perangkat Android. Apalagi dengan kemampuan spesifiknya untuk mengenali jenis handphone dan otomatis menjadikan root sehingga jelas kemampuannya akan lebih baik dibanding software sejenis lainnya. Tidak menyesal deh. 😀

Sanggahan

Sebelum anda menggunakan aplikasi ini harap dipahami bahwa sistem recoverynya, terutama untuk internal storage adalah dengan mengakses sistem operasi Android. Ini perlu root. Dan ada resikonya apabila terjadi masalah maka bisa mengakibatkan kerusakan permanen ke hp. Do With Your Own Risk.

51 pemikiran pada “Dr.Fone: Penyelamat data Android terbaik”

  1. Mauu tanya ney..saya udah coba download wondershare…semua sudaah d jalankan tp pas recover tidak bisa..karna versi trial..mohon bantuannya..bagaimana caranya..?
    Terimakasih..

    Balas
    • Halo Shelly, ini aplikasi berbayar mbak sayangnya. Jadi mau tidak mau kalau memang ingin menggunakannya ya beli lisensinya.

    • Halo Agung, otomatis diroot oleh aplikasinya kalau belum mas. Tapi kalau handphone termasuk baru (3 bulan) biasanya ada yang belum dikenali.

  2. Help. Gan, saya mau recovery data internal HP. Tpi saya salah masukkan tipe dan jenis HH. jadi skarang HP stuck di Dr.Fone dan tidak mau terus.

    Tolong bantuannyua gan, adakah no WA, line, atau bbm yg bisa saya hubungi gan?

    Jika agan berkenan, tolong WA saya di 085788644636 (Pleeaaseeeee…)

    Terimakasih sebelumnya

    Balas
  3. bang mau nanya,sa at kita sedang menjalankan inityalizing device kok malah keluar baca an no conection internet??itu masalahnya apa ya bang?

    Balas
  4. Mas HP saya ke restart pabrik dan data” nya hilang semua , apa bisa kembali data” saya klo pake aplikasi ini, mohon bantuannya

    Balas
    • Wah… berharap yang terbaik saja mas. Memang fungsinya recover file yang terhapus/hilang, tapi ya ga ada jaminan 100% selamat semua.

  5. Mas saya juga ngalami data hilang. Sudah coba jalanin dr.fone, tapi lama banget ini. Udah dari jam 10an sampe sekarang cuma analyzing device sebesar 66% terus itu gimana ya? Emang selama ini prosesnya atau bagaimana? Makasih

    Balas
    • Saya tidak sampai selama itu mas, hitungan jam memang dan saya tinggal tidur jadinya. Coba di PC/laptop lain?

  6. bang nanya dong,, di dr fone saya trtulis no internet connection pdahal sudah connect wifi pc dan hp saya.. sebelum itu sebenrnya udah sampe 90% tapi ane cancel soalnya udah sejam lebih nunggunya.. solusinya gmna ya gan?

    Balas
    • kemudian ketika saya klik try again jawabannya gini gan.. data recovery is not supported on your device yet. if you still want to recover your data, please root your device first.. padalah usb debugging jga udah di on in… mohon pencerahannya gan.. terimakasih

  7. Saya juga stuck di 99% nih analyzing device nya.
    Masih muter2 terus aja di 99% sudah hampir 1 jam,
    Kalau di restart aman ga ya?
    Apa sudah ke root atau belum ya itu?
    Takutnya sudah ke root tp ga balik unroot

    Balas
  8. Googling sana sini ktemu forum diskusi yg ternyata pada bermasalah semua sama dr fone, dan at the end advuse untuk JANGAN PAKAI WONDERSHARE DR FONE.

    HIKS, HPKU OFF NI

    Balas
    • Halo mbak Maya. 🙁

      Pakai aplikasi ini memang ada resikonya, karena tidak seperti di Windows beberapa bagian dari sistemnya diproteksi (terutama storage internal) oleh Android dengan alasan keamanan data. Jadi aplikasi seperti Dr.Fone ini perlu akses root untuk melakukan tugasnya. Karena ini berhubungan modifikasi pada sistem operasi dan variasi perangkatnya maka apabila ada masalah bisa fatal akibatnya.

      Mohon maaf kalau tulisan saya memberikan kesan kalau aplikasinya pasti lancar/berhasil.

  9. Mau tanya ne..

    sy sdh download drfone
    dan sdh bbrapa x koneksi kan android ke laptop
    dan sdh ad bbrapa yg saya back up
    jadi ketika sy menginstall ulang laptop
    aplikasi sy di pindahkan dari local disk c ke local disk d
    jadi ketika sy membuka kembali aplikasi
    data yg sdh sy back up kmrn sdh tdk ada..
    bagaimana??

    Balas
    • Sebentar mbak, ini aplikasinya dipindahkan manual ke drive D? Setahu saya, data hasil backupnya tidak satu lokasi dengan programnya.

  10. Misi mau nanya, saya pas proses analysing minta advanced mode. Karena standard modenya gabisa2. Ini gimana ya? Bahaya ga? Please balas ya

    Balas
  11. gan ini saya minta tolong banget gimana caranya merecovery foto yang terhapus, nah permasalahannya file yang terhapus ini dari apllikasi lock dan fotonya itu dalam keadaan saya lock menggunakkn aplikasi secure gallery. gimana biar foto yang terlock dan terhapus itu bisa kembali. sekali lagi terimakasih gan kalo di respon

    Balas
  12. katanya kalau pake ini jadi otomatis ke root? dan otomatis ke unroot kak kalau sudah selesai? apa HP tersebut tetap dlm keadaan root?? dan yg saya lihat dari komen, semua ngestuck di 90%, kalau keadaan begitu ‘seandainya’ bisa di unroot, tapi prosesnya belum 100% kan, jadi tetap dlm keadaan root dong yaa…

    Balas
    • Otomatis keunroot mbak kalau sukses prosesnya.

      Tapi karena proses recovery ini sendiri butuh akses level tinggi ke dalam perangkatnya, dan walaupun kompatibel belum tentu lancar juga. Jadi benar – benar do with your own risk. Resiko ditanggung penumpang.

  13. malam saya mau tanya. jadi iphone saya itu mati dan selalu ke restart ulang. pas saya bawa ke tukang service resikonya hilang datanya. lalu saya coba cari di google dan ketemu dr.fone. pas saya download itu saya gunakan nah memang harus di system recovery. tapi saya takut jika datanya akan malah hilang. dan apakah jika kita pakai itu harus membeli tidak bisa jika pakai trial? mohon solusinya

    Balas
  14. malam,saya mau tanya saya baru ganti hp menjadi android kira kira bisa gak ya chat line saya di iphone dipindahkan semua ke android menggunakan dr fone?terimakasih

    Balas

Tulis komentar...