Cara menghapus akun Tumblr

Advertisements

Nama Tumblr walau tidak termasuk layanan blogging populer di Indonesia, tapi bisa menjadi alternatif dari Blogger milik Google. Tapi lingkungannya lebih sosial daripada platform ngeblog umumnya.

Dulu, Tumblr sampai diblokir Kominfo karena kontennya yang terlalu bebas. Dan ini memang penyakitnya soal pembatasan akses yang kurang bagus dan reputasinya sendiri di mata internasional sudah terlanjur buruk.

Alasan kenapa menghapus akun Tumblr

Tumblr di Indonesia bukan berarti tidak ada penggunanya, karena menulis opini disini lebih mudah mendapatkan interaksi dari pengguna lainnya sehingga banyak yang memilih pakai layanan ini dibanding WordPress atau Blogspot. Mirip sistem penemuan konten oleh Instagram dan TikTok. Asal ada tagarnya, maka bisa dilihat umum kalau diinginkan.

Apalagi banyak sekali fandom yang aktif disini, mulai dari yang ringan sampai kelas berat yang tidak layak dikonsumsi umum. Tidak kaget kalau ternyata masih ada yang aktif menggunakannya.

Tapi tentu saja mungkin ini masa lalu anda, dan ingin memusnahkannya. Atau sekadar melindungi data pribadi dan menjaga data pribadi pada layanan tidak terpakai.

Menutup akun Tumblr

Untuk melakukan penghapusan blog dan akun Tumblr secara permanen, langkah-langkahnya sangatlah mudah. Saya ingatkan, sekali anda selesai melakukannya maka tidak bisa dipulihkan. Tapi bisa anda backup dulu anda dengan fitur ekspor di pengaturan blog.

Advertisements

Cara menghapus akun Tumblr

<ol>
  • Langsung klik link berikut: https://www.tumblr.com/settings/account
  • <li>Perhatikan di sisi kanan bawah, ada opsi <strong>Hapus akun</strong> atau <strong>Delete account</strong>. Klik saja.</li>
    
    <li>Anda akan diminta login kembali.</li>
    
    <li>Selesai.</li></ol>
    

    Catatan, saat ini hanya bisa membatalkan akun Tumblr lewat browser PC.

    Apa efek menghapus akun Tumblr?

    Seluruh konten yang telah anda publikasikan akan hilang. Juga nama pengguna dan alamat URLnya akan tersedia kembali untuk dipakai dengan bebas.

    Kalau anda tidak ingin agar usernamenya bisa diklaim orang lain, tentu solusi ini kurang ideal jika ada kekhawatiran sabotase.

    Menghapus massal pos Tumblr

    Solusi alternatif kalau anda masih ingin menjaga username dan alamat url blog sambil menghilangkan jejak adalah dengan menghilangkan seluruh pos yang ada.

    Advertisements

    Cara menghapus konten Tumblr secara massal

    1. Kunjungi link ini: https://www.tumblr.com/mega-editor/published/
    2. <li>Halaman <strong>Editor Posting Massal</strong> akan terbuka.</li>
      
      <li>Langsung klik saja untuk menandai pos-posnya, dan pilih <strong>Hapus</strong> di menu diatas.</li></ol>
      

      Ternyata jumlah postingnya seribu lewat. Capek? Sayangnya Tumblr tidak memberikan alat untuk memilih lebih banyak pos sekaligus, mau tidak mau ya satu per satu.

      Menyembunyikan blog Tumblr dari umum

      Ini trik saja sebenarnya, tapi anda bisa menyembunyikan blog Tumblr dari penglihatan umum. Jadi konten anda masih ada semua, cuma tidak bisa dibaca langsung dan tidak bisa dicari.

      <ol>
      
    3. Buka Pengaturan blog.
    4. <li>Akses <strong>Edit Tampilan</strong></li>
      
      <li>Aktifkan opsi berikut dalam <strong>Visibilitas</strong>: <strong>Sembunyikan nama_user.tumblr.com</strong> dan <strong>Sembunyikan nama_user dari hasil pencarian</strong>.</li></ol>
      

      Memberi password blog Tumblr

      Untuk lebih aman lagi melindungi konten Tumblrnya, bisa dengan memasang password untuk akses blog. Tapi sayangnya metode ini hanya bisa untuk blog kedua dan seterusnya, bukan yang utama.

      <ol>
      
    5. Akses pengaturan blognya, ingat bukan yang utama.
    6. <li>Pada halaman pengaturan akan ada opsi password protect.</li>
      
      <li>Aktifkan dan isikan kata sandinya.</li></ol>
      

      Asalkan ini bukan akun pertama, cara ini paling praktis untuk menghilangkah jejak digital di Tumblr. Apalagi kalau masih bimbang memusnahkan seluruhnya.

      Advertisements

    Tinggalkan komentar