Kenapa “No Signal Detected”?

Ada teman yang minta tolong kenapa PCnya tidak bisa nyala. Setelah saya mampir lebih tepatnya di monitor tidak muncul tampilan apa-apa kecuali “No Signal Detected!”. Dari pesan errornya sudah bisa dikira-kira masalahnya apa.

Secara spesifik masalah yang terjadi komputernya bisa hidup, kipas normal dan adanya cuma tulisan di layar monitor tadi. Sudah jelas ditekan tombol apapun tidak ada efeknya.

monitor no signal detected

Hal fatal yang terpikirkan oleh saya adalah karena ini GPU internal (Intel HD/APU AMD), ikut CPU maka bisa jadi mahal.

Kabel VGA/HDMI rusak

Ini kerusakan paling ringan yang semoga saja terjadi untuk anda. Silahkan lepas-pasang kabel VGA/HDMI ke monitor, kadang perlu dilap sampai bersih juga konektornya. Apabila tidak ada efeknya coba pakai kabel lainnya.

Port VGA atau motherboard rusak

Ini yang agak berat apalagi kalau VGAnya internal. Cara tahunya kalau bagian ini yang rusak adalah dengan menggunakan kartu grafis eksternal, bisa beli yang murah-murah saja buat tes atau pinjam teman.

 

Kalau bisa tampil, berarti tidak ada masalah pada motherboard dan prosesornya.

CPU yang rusak

Kelanjutannya kalau sudah dipasang VGA dan tetap no signal, ya kabar buruknya CPU anda yang ada kemungkinan rusak. Solusinya beli baru.

Tapi, ada kemungkinan cuma kendor saja. Kalau berani bongkar silahkan dilepas prosesornya dan dibersihkan slotnya dengan lap bersih. Siapkan thermal paste untuk pemasangan ulang. Sering kali karena komputer tua jadi perlu sedikit peremajaan dan perawatan saja.

Terakhir

Celakanya yang rusak dari PC teman saya itu CPUnya, beli murah di Tokopedia satu set tanpa monitor cuma 1.8 juta rupiah. Dapatnya Core i5 2500 yang sudah jadul. Akhirnya saya anjurkan upgrade saja sekalian ke satu set AMD Ryzen murah-murah saja tapi modern.

Tinggalkan komentar