KeyCDN: Layanan CDN murah dengan performa tinggi

Untuk meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pengunjung maka kecepatan loading website merupakan hal penting yang harus anda prioritaskan. Jangan sampai seseorang frustasi karena lambatnya membuka situs anda, ini bisa membuat dia menutup tab browser dan mencari alternatif lain. Akibatnya akan fatal apalagi kalau website anda merupakan toko online, calon pembeli akan memiliki kesan buruk nantinya. Salah satu cara termudah dan tercepat adalah dengan menggunakan layanan CDN, ini bisa gratis maupun berbayar. Tapi peribahasanya adalah “ada harga ada rupa”, maka KeyCDN ini bisa menjadi pilihan kalau anda sedang mencari layanan CDN berbayar tapi dengan kualitas tinggi.

KeyCDN merupakan penyedia layanan CDN berbayar dengan harga terjangkau (murah) dibandingkan dengan pesaingnya seperti MaxCDN, jadi anda bisa menggunakannya sebagai alternatif kalau menurut anda harga dari penyedia lainnya terlalu mahal. Performanya sendiri tidak usah diragukan lagi, seluruh file statis atau media anda akan disebarkan ke seluruh node yang mereka miliki di seluruh penjuru dunia.

keycdn

Secara umum KeyCDN menawarkan layanan Content Delivery Network bertipe:

  • Pull Zone untuk hosting file statis seperti (tapi tidak dibatasi) gambar, font, javascript, dan css.
  • Push Zone merupakan jenis CDN untuk menyimpan file – file yang sangat jarang berubah seperti dokumen pdf, file audio atau video. Umumnya digunakan menyediakan layanan download file.
  • VOD (Video on Demand) adalah tipe layanan CDN untuk melakukan streaming video atau audio.

KeyCDN memiliki jaringan yang luas di dunia, mereka memiliki puluhan POP (Point of Presence) di hampir seluruh benua, jadi pengunjung website berasal dari lokasi manapun akan selalu mendapatkan pelayanan CDN yang terbaik.

keycdn-network

Bagaimana dengan harganya? Saat ini KeyCDN menerapkan hanya 1 harga untuk layanan CDNnya berdasarkan konsumsi bandwidth anda nantinya, nominalnya adalah dalam sen dollar Amerika untuk setiap GBnya – cuma beberapa ratus rupiah jadinya. Kelebihan lain KeyCDN dibanding beberapa pesaingnya adalah untuk POP di Asia sudah termasuk, sedangkan di tempat lain kadang diberikan tarif tersendiri kalau mau menggunakannya.

Ingin mencoba CDN berbayar tapi masih ragu apakah ini langkah yang tepat? Jangan khawatir KeyCDN memberikan anda layanan CDN gratis sebanyak 25GB dan aktif selama 1 tahun cukup dengan mendaftar. Jadi anda bisa melakukan test-drive apakah dengan memasang CDN di website anda akan membantu anda. Mereka juga mendukung integrasi dengan beberapa CMS populer seperti WordPress, Joomla, Drupal dan Magento – Jadi jangan khawatir cara memasangnya akan menjadi susah.

keycdn-free-credits

Saya sendiri juga menggunakan KeyCDN dengan free credit yang ditawarkan tadi pada website lain, ini untuk menguji coba performa CDN mereka, tentunya dengan efek mempercepat akses situs, dan konsumsi bandwidth hosting juga ikut berkurang. Win – win solution lah istilahnya.

13 pemikiran pada “KeyCDN: Layanan CDN murah dengan performa tinggi”

  1. nanya pak. Apa alasan utekno menggunakan maxCDN daripada KeyCDN yang harganya lebih murah ?

    Lalu pertanyaan bewbie berikutnya kita bisa me limit penggunaan bandwith KeyCDN / MAxCDN engga ya. Perumpamaannya seperti kita beli pulsa Rp.100.000. Krn budget pulsa 100.000 dan kalau sudah habis pulsaya, namun kita ingin sms/nelpon ya tetap ga bisa krn pulsa habis dan ga jd masalah krn sesuai isi kantong dompet kita. Jadi istilahnya sesuai dengan maximal dg isi kantong dompet kita.

    Balas
    • Alasannya sederhana sih mas, saya masih dikenakan tarif lama yang bisa dikatakan setara murahnya. KeyCDN sempat pakai tapi sejak wajib minimal deposit $29 dan cuma aktif 1 tahun creditnya jadi kurang berminat.

      Sistem prepaid maksudnya mas? Setahu saya tidak ada mas, tidak standar soalnya sistem billing seperti itu. Ambil yang pay as you go saja mas atau yang flat per bulan bayar berapa.

  2. KeyCDN sempat pakai tapi sejak wajib minimal deposit $29 dan cuma aktif 1 tahun creditnya jadi kurang berminat.

    maksudnya “cuma aktif 1 tahun creditnya” itu apakah kita wajib deposit minimal $29 dan harus dihabiskan saldo $29 nya ?

    Sistem prepaid maksudnya mas? Setahu saya tidak ada mas, tidak standar soalnya sistem billing seperti itu. Ambil yang pay as you go saja mas atau yang flat per bulan bayar berap

    Iya prepaid maksud sy mas 😀
    Kalo flat per bulan itu maxCDN ya? Trus kalo melebihi batas bandwith gmn nasibnya ? tetap bayar kelebihan bandwith atau ga perlu bayar kelebihan bandwith?

    Balas
    • Betul mas, kalau dalam satu tahun ga habis otomatis hangus creditnya. Ya ga jadi nambah saldonya. 🙂

      Kalau kelebihan bayarnya sekitar 4 sen Dollar per GB, region US. Tidak mahal – mahal amat kok mas. Kombinasikan dengan CloudFlare/Incapsula biar dobel hematnya.

  3. Om Chandra,

    Mau tanya kalau situs kita pakai ssl termurah dari comodo bukan wildcard, di setting pull zone ssl pilih apaan ya?

    Harus setting w3tc lagi ngga ya?

    Terus javascript ngga akan ada masalah kan?

    Sorry banyak nanya, habis bingung, minim banget yang bahas tutorial mendalam tentang keycdn, di situs keycdn-nya aja kaya ngasal gitu tutorialnya.

    Keterangan tentang SSL itu cuma sebatas “ini kolom untuk SSL”, semua orang juga tahu sih itu buat pengaturan SSL lah tapi piling yang mana bingung… hahahahahha…

    Jujur jadi ngga percaya sama keycdn nih gara2 situsnya ngga lengkap, kalau CDN77 pernah coba ngga om? kan sama murahnya tuh, kalo lebih bagus saya pindah ke CDN77 aja, mumpung masih gratis di keycdn.

    Terus CS-nya keycdn ngga profesional ya, baru saya ngalamin perusahaan luar begini. Ketertarikan saya jadi hanya 10% untuk pakai keycdn, itu juga karena murah.

    Thanks.

    Balas
    • Halo Key, maaf sangat telat balasnya. Kalau di KeyCDN untuk HTTPS saya malah langsung pakai Let’s Encrypt, ga ribet dan sudah otomatis disettingkan.

  4. Saya lagi coba KeyCDN, sekarang Trial cuma 1 Bulan 😀

    Itung-itung pengalaman, MaxCDN didukung resmi oleh W3 Total Cache, dan next saya mau coba itu 😀

    CDN ternyata bayarnya Pascabayar yah 😀

    Wajar sih, dah seharusnya begitu.

    Oh ya, menurut saya, CDN menjadi mahal karena memang Multi Server/Clustered. Kalau Target Visitor International, harus pakai CDN, minimal CloudFlare yang gratisan.

    Tapi kalau Target Visitor Indonesia, mesti pakai CDN yang punya Server Indonesia, minimal Singapore.

    Saya pakai CDN untuk meringankan kinerja Server Utama saja sih 😀

    Balas
    • CDN belum ada di IIX sayangnya, paling dekat ya SG. Kalau mau bisa digabungkan kaya disini pakai CloudFlare+MaxCDN

      Dulu bisa bayar flat per bulan dapat kuota fix, habis ga habis.

  5. Sepertinya KeyCDN bukan jadi termurah lagi, saya sekarang pakai BunnyCDN, Minimum Desposit cuma $10, sedangkan KeyCDN $49 ?
    Bukan cuma Minimum Deposit saja, harga Bandwidth juga lebih murah.
    Mungkin harga KeyCDN segitu karena mengadakan program referral/afiliasi, ya BunnyCDN gk ada program referral.

    Balas
    • Betul mas. Maka dari itu opsi kita harus selalu terbuka, nama lama yang dulu terbaik belum tentu dalam 1-2 tahun tidak ada yang saingannya.

    • Asalkan url gambarnya pakai CDN memanfaatkan plugin cache di WordPress, begitu dinonaktifkan ya kembali ke url normal websitenya. Aman.

Tulis komentar...