Lamanya kiriman LWE

Tampaknya ekspedisi yang dipercaya Shopee untuk kiriman dari luar negeri bermasalah sejak akhir April kemarin. Banyak yang mengeluhkan pesanan yang pakai LWE tidak ada kabarnya mulai dari seminggu hingga sebulan.

Sayang dari Shopee dan LWE sendiri saat ditanya/komplain cuma bisa bilang ada masalah pada prosedur bea cukai. Ini yang membuat nasib kirimannya saat di Jakarta jadi tidak jelas. Berikut adalah balasan customer service LWE mengenai pertanyaan saya soal cabang LWE Indonesia dan kenapa lambat sekali prosesnya.

Greetings from Logistics Worldwide Express (LWE).
Please be informed that we did not have our branch in Indonesia but we will handover your item to be handle by our deliver partner in Indonesia that is JNE Express.
Kindly note that the Indonesia customs have enforced new regulations and are running a massive customs operation to check all shipments that arrived in Indonesia, which caused an unavoidable delay in the delivery of all shipments.
We’re trying our best to clear all the shipments out from the customs and would handover the shipments to our local delivery partner, JNE to arrange delivery to you as soon as they’re cleared from the customs.
We apologize for all the inconveniences caused and seek for your kind understanding in the delay of the delivery.
Thank you and regards,

 

Intinya banyak yang terhenti pada status Customs Info – HELD FOR INSPECTION yang artinya sedang diperiksa bea cukai Jakarta karena perubahan prosedur pemeriksaan atau SHIPMENT DELAY – FUTURE DELIVERY REQUEST yang maksudnya pengiriman ditunda dan lokasinya masih di SHEN ZHEN sana.

lwe customs info held for inspection

Apapun masalahnya, yang terpenting bagi buyer adalah kejelasan nasib pesanannya, apalagi kalau sudah berminggu – minggu tidak ada update.

Secara pasif kita bisa menunggu barangnya tiba. Dari beberapa komentar buyer lain yang tertahan pada tanggal 20an April kemarin (seperti gambar diatas) sudah banyak yang diterima. Sedangkan yang pesanannya tanggal 15an Mei keatas malah ada yang datang duluan. Tampaknya yang sudah terlanjur di bea cukai masih tertumpuk atau mungkin overload.

Secara aktif kita bisa komplain ke Shopee atau sellernya. Kalau sudah terlalu lama dan garansi Shopee habis jelas kita tidak ada perlindungan lagi. Syukur kalau bisa datang barangnya. Kalau tidak? Ya gigit jari nantinya. Beberapa pelanggan Shopee sudah ada yang mengajukan pembatalan pesanan dan permintaan refund uangnya. Ini tidak mesti disetujui oleh seller/admin Shopee, tapi bisa anda coba kalau sudah capek mengurusnya.

Khusus untuk bea cukai, tampaknya cuma bisa menanyakan resi dengan huruf, saya yakin maksudnya adalah jenis EMS (Express Mail Service) yang dipakai Pos Indonesia untuk kiriman internasional. Jadi kalau tanya resi LWE yang angka semua formatnya saat ini masih belum bisa dicek nasibnya.

Oh ya, kalau belum tahu, kalau sudah lolos bea cukai (Custom cleared and arrived at JAKARTA station.) atau ada di ekspedisi (Shipment departed from/to GATEWAY JAKARTA station.). Ini maksudnya dibawa oleh JNE. Bisa anda coba cek resinya LWE di JNE, mestinya sudah muncul datanya.

298 pemikiran pada “Lamanya kiriman LWE”

  1. terimakasih min, atas kepeduliannya menyediakan informasi untuk rekan-rekan yang belanja online via LWE. udah banyak bantu situs ini, setidaknya menentramkan para buyer yg bingung barangnya tidak sampai-sampai. seperti saya, hehe

    Balas
    • Banyak yang mengalami mas, dan dari komentar – komentar yang masuk (ratusan) ada informasi baru yang akan terlewat kalau tidak baca dari awal. Biar mudah paham sekarang kondisinya seperti apa.

    • iya min, saya juga mengamati perkembangan komentar di sebelah. sepertinya udah mulai jalan proses deliveri di bea cukai. berharap segera sampai

    • Yang masalah kiriman lama saja rasanya. Yang baru dialihkan ke Denpasar atau mungkin sudah taat ke regulasi/prosedur baru bea cukai.

  2. Mas mhn bantuannya…, Sy belanja di Shopee tgl. 26 April 2017 dengan no. pesanan 17042610587T0RE. Sampai saat ini barang belum sampai. Sedangkan status pd tgl. 27 Mei 2017 Pesanan Selesai. Pengiriman melalui Standard Express – LWE | No. Resi. 0173941600936971. Kira2 paket sy akan sampai ke alamat sy atau tidak ya ? Terima Kasih.

    Balas
    • Ini di status Shopeenya mbak?

      Padahal di LWE masih di bea cukai barangnya:
      Thu, 04 May 2017 16:05:45 JAKARTA, INDONESIA Customs Info
      HELD FOR INSPECTION

      Sudah kontak cs?

  3. Min saya juga mengalami hal yang sama udah 1 bulan ga gerak gerak resinya 0173941603998598
    Bagaimana ya cara menanyakan ke bea cukai?
    Makasih

    Balas
  4. halo kak mau tanya dong klo status barang shipment designated to indonesia apa artinya ya trs klo delivery date not available yet apa ya artinya thx ya kak.

    Balas
  5. Gan kalo dana kita udah dikembalikan, kira2 barangnya bakalan nyampe ke kita apa engga ya? Statusnya kan “held for inspection” dr tgl 6 Mei, trus pas telepon ke shopee katanya barang keluar dr bea cukai tgl 2 Juni tunggu 8 hari kerja. Kebetulan pas ngajuin pengembalian dana ditolak eh tapi tiba2 kemaren dana dikembalikan. Jd bingung mau pesen lg apa engga…

    Balas
  6. sama ternyata teman2 kita senasib yg belanja d shopee.
    kiriman saya masih di bea cukai dari tgl 27 april 2017, barang berupa kosmetik dikirim oleh seller tgl 24 april. sampai saat ini belum ada kemajuan tiap hari saya tracking LWE’y.
    tapi pesanan saya yg tgl 29 mei 2017 kemaren sudah sampai.
    kira2 keselip dimana kah kiriman saya ini yg hampir mau 2 bulan terjebak d bea cukai ga diapa2in d sana. khawatir rusak/pecah/retak/bocor soal’y pesen eyeshadow ma parfum.
    saya jg dah komplen k cs shopee cm sama aja dsuruh nunggu status msh d bea cukai.

    Balas
    • Kabarnya malah yang 15ribu barang (akhir april dan awal mei) dikembalikan ke Cina mbak. Jadi proses refund otomatis.

  7. barusan dapat balasan seperti ini dari fb bravo bea cukai:

    Bravo Bea Cukai
    untuk barang kiriman menggunakan LWE mohon untuk diinformasikan nomor master BL/AWB atas barang kiriman tersebut, agar dapat kami cek pada sistem apakah atas master BL/AWB tersebut sudah dilakukan pecah pos dan dokumen pabean sudah diserahkan oleh pihak PJT di Bandara ke pihak Bea Cukai Soekarno-Hatta, karena beberapa kasus untuk barang kiriman menggunakan LWE kebanyakan belum diajukan dokumen pabean ke Bea Cukai Soetta.
    apabila barang/dokumen pabean sudah diserahkan saudara dapat melakukan pengecekan secara mandiri melalui website http://beacukai.go.id/
    barangkiriman dengan menggunakan nomor house AWB/no resi dari LWE

    trus maksud’y gimana ini ya min??
    jd salah’y dimana ya kiriman kita jadi lama begini??

    Balas
    • Ya itu mbak, tampaknya dokumennya kurang lengkap jadinya menumpuk semua. Yang akhir april – awal mei kabarnya dikembalikan ke Cina.

      Bukan salah kita, tapi pihak pengirim (atau Shopee) yang datanya tidak memenuhi persyaratan bea cukai.

    • waduuhh,, klo dbalikin lg k china gimana cara proses refund’y kn garansi shopee abis dana udah sampe k seller. pesanan jg status’y sudah selesai.
      trus kemana qt bisa komplain klo gtu..

  8. status terakhir saya hanya shipment arrived at airport jakarta sejak tanggal 13 min. prosesi checking di beacukai bisa ditrace ngga sih min?

    Balas
  9. mau nanya mas. 🙂
    kira2 brapa lama ya sampai nya melalui standard express di shopee ..
    baru seminggu pesanannya. status terakhir shenzhen released from custom .

    Balas

Tinggalkan komentar