Apa itu Line Haul pada pengiriman barang?

Advertisements

Kalau diperhatikan, dalam melacak kiriman di Sicepat Express maka akan sering ditemukan status bertuliskan Line Haul dengan variasinya. Ini yang bikin saya penasaran maksudnya apa, walaupun bisa dikira-kira dari alur statusnya.

Ternyata setelah mencari tahu dan membandingkan definisinya, artinya cukup sederhana tapi pakai istilah bahasa Inggris saja.

line haul sicepat

Advertisements

Apa itu Line Haul? Line Haul dalam ekspedisi memiliki arti metode pengiriman barang atau kargo antara kota. Jadi bukan dimaksudnya proses paket dari pengirim asal ke alamat penerima.

  • Line Haul Darat: Berarti pergerakan paket antar titik distribusi ekspedisi melalui jalur darat. Mode transportasinya jelas truk logistik, kereta api, box, pickup semacamnya.
  • Line Haul Air/Laut: Ini menjelaskan bahwa kargo memang ditujukan antar pelabuhan kota dengan perjalanan air/laut. Kendaraannya ya variasi kapal.
  • Line Haul Udara: Tidak ada yang lain karena lewat udara, pasti pakai pesawat.

Tahap ini bisa lama karena akan dikumpulkan dulu semua paket dengan tujuan yang sama.

Walau saya mendasarkan kata-katanya dari status Sicepat, tapi sebenarnya istilah ini adalah standar dalam dunia logistik.

Pernah saya temukan saat tracking pesanan di AliExpress dengan kode received by line-haul. Ini maksudnya sudah di pihak ekspedisi di Cina, akan dikirimkan lewat udara atau laut ke Indonesia.

Bukan hal terlalu penting memang, karena ini bukan kode status yang menandakan ada masalah dalam pengiriman paketnya. Aman. 😀

Advertisements

Tinggalkan komentar