Lonjakan pengunjung di WordPress Stats

Bagi pengguna WordPress baik yang versi hosted atau self-hosting pasti sudah mengenal salah satu tool Analyticsnya yaitu WordPress Stats yang terdapat dalam plugin Jetpack. Baru – baru ini saya mengalami peningkatan jumlah pengunjung situs yang sangat tinggi, di luar traffic rata – rata per hari. Anehnya ini cuma berlangsung dalam sehari, ini yang membuat saya penasaran.

Pertama saya baru tahu karena di WordPress Stats ada icon berwarna oranye di kanan atas dan berisi informasi “Your stats are booming! Looks like “uTekno” getting lots of traffic.”. Wah… ada apa gerangan kok traffic naik drastis.

wordpress-stats-booming

Saya cek grafik pengunjung untuk WordPress Stats, memang benar ada peningkatan untuk View. Tapi anehnya halaman yang ramai adalah Home Page/ Archives dan posting paling baru di situs ini. Wah… ada yang tidak beres berarti, sudah terlanjur senang karena pengunjungnya bertambah jauh.
wordpress-stats-chart

Selanjutnya adalah melihat asal pengunjung, aneh… jumlah visitor dan komposisi negara pengunjung tidak jauh berbeda dengan hari biasa tapi pageviewnya meningkat jauh.

wordpress-stast-view-by-country

Setelah mencari kesana – kemari di internet tampaknya ada beberapa teori yang menjelaskan lonjakan pengunjung di WordPress Stats:

  1. Ada orang yang membaca lebih dari 1 halaman, tapi tampaknya tidak wajar satu pengunjung melihat sampai berpuluh – puluh halaman.
  2. Sebuah bot sedang mengakses halaman website anda, tapi menurut WordPress bot tidak akan dihitung dalam statistik pengunjung.
  3. Website sedang diripping atau didownload, jadi maksudnya seluruh konten situs sedang dibuat duplikatnya oleh seseorang menggunakan software seperti HTTrack.
  4. Ada yang sedang mengecek struktur website menggunakan software link checker semacam Xenu’s Link Sleuth, karena setiap link akan dibuka tentu saja akan dianggap membuka halaman.

Secara pribadi saya yakin yang terjadi adalah poin ketiga atau keempat, karena itulah jumlah dan asal visitor tetap tapi jumlah halaman yang dilihat meningkat jauh. Kenapa tidak dianggap bot? Menurut saya karena aplikasi ini prosesnya menggunakan user agent dari browser yang sudah dikenal, karena itu dianggap traffic asli dari pengunjung. Hasil crosscheck dengan analytics lainnya seperti Google Analytics juga tidak memperlihatkan adanya peningkatan lalu lintas pengunjung.

Selanjutnya apa yang bisa dilakukan? Terus terang belum ada cara yang terpikirkan untuk mengatasi hal ini, walau proses ini merugikan karena membebani server hosting dan meningkatkan konsumsi bandwidth. Tapi untuk mengurangi dampak buruknya bisa menggunakan layanan CDN.

Satu pemikiran pada “Lonjakan pengunjung di WordPress Stats”

Tulis komentar...