Masalah tombol SHIFT selalu aktif pada Windows

Advertisements

Mengalami setiap mengetik selalu muncul versi huruf besarnya, tapi yakin tombol CAPS LOCK mati dan jelas tidak sedang menekan tombol SHIFT. Kali ini masalahnya bisa dipastikan pada SHIFT karena setiap menekan tombol yang ada 2 fungsi seperti angka dan tanda baca, maka yang akan muncul adalah satunya.

Contoh hasil tulisannya kalau dipaksakan

MASALAH PADA WINDOWS SEPULUH KETIKAN JADI KAPITAL SEMUA DAN TIDAK BISA INPUT NOMOR KARENA MUNCULNYA SEPERTI !@#$%^&*().

Langsung to the point saja. Ini kemungkinan ada kerusakan pada keyboardnya dan jelas di bagian apanya. Kalau di PC mungkin murah ya tapi di laptop bisa lebih mahal belum biaya servis bongkarnya.

Advertisements

Tapi sebelum ada mengganti beli baru, ada harapan masalahnya dari sisi software atau driver yang terinstall di dalamnya.

  • Cek apakah fitur Sticky Keys aktif di Windows, ini fitur yang hanya dipakai pada situasi tertentu saja. Dan kalau tidak sadar sedang digunakan bisa kacau saat mengetikkan apapun hasilnya.
  • Kemudian mencari update drivernya dan coba perbarui.

Dari kedua hal diatas kalau tidak ada efeknya ya kemungkinan memang rusak papan ketiknya.

Apakah harus beli baru? Ya… bisa diakali dulu kalau ingin berhemat:

  1. Pakai aplikasi KeyTweak.
  2. Mematikan keyboard dari Device Manager, jadi kita hapus drivernya dan tidak bisa dipakai lagi. Khusus solusi ini biasanya touchpadnya ikut mati juga.
  3. Pakai keyboard USB sementara.

Tinggal pilih mana yang paling gampang cara mengatasinya menurut anda. Kalau pribadi biasanya coba yang pertama dulu, apabila gagal kemudian beli keyboard USB karena setelahnya tetap ada gunanya di PC atau laptop lain.

Solusi kedua mungkin aneh, kalau dimatikan kan jadi tidak bisa berfungsi. Tidak salah kok pertimbangan anda, tapi pada sebagian kecil laptop Lenovo dan ASUS yang pernah saya perbaiki (dari 6 tahun baru ketemu 3 kali) entah kenapa kalau masih aktif drivernya malah keyboard USBnya ikut error yang sama. Sungguh mengherankan.

Sekian dan semoga bermanfaat.

Advertisements

Tinggalkan komentar