Melihat error Blue Screen yang baru saja terjadi di Windows

Kali ini saya akan membahas masalah troubleshooting error di Windows. Sering kasus BSoD (Blue Screen of Death) yang dilaporkan oleh rekan kerja pada komputernya itu tidak muncul lagi saat saya pegang. Aneh memang. Masalahnya setting default dari Windows akan otomatis restart apabila terjadi BSoD jadi kita harus menyisir secara manual untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi dan apa penyebabnya.

Nah… yang saya ajarkan kali ini adalah cara panjangnya memanfaatkan peralatan yang ada dalam Windows sendiri. Langkah pertama silahkan akses Event Viewer dalam Control Panel, atau lewat run command dan ketikkan perintah eventvwr.msc kemudian ENTER.

event-viewer-system-log

Pada jendela aplikasi Event Viewer dan seharusnya akan ada event bernama Kernel Power, klik untuk membuka informasinya dan perhatikan dalam tab Details seharusnya akan ada kode Bugcheck. Misalnya berisi 0xc000007b.

Kalau metode diatas dirasa terlalu repot maka anda bisa memanfaatkan BlueScreenView: http://www.nirsoft.net/utils/blue_screen_view.html dari Nirsoft, dan saya pernah membahas cara menggunakannya.
bluescreenview
Kalau menggunakan aplikasi ini akan lebih cepat dan mudah dalam menentukan error blue screen yang baru saja terjadi dan mendapatkan kode errornya. Juga file atau proses yang berhubungan pas terjadinya masalah ini.

Terus setelah dapat kode error BSOD apa langkah selanjutnya? Yang bisa anda lakukan setelahnya adalah mencari tahu dari halaman Bug Check Code Identifier: https://msdn.microsoft.com/en-us/library/windows/hardware/hh994433%28v=vs.85%29.aspx?f=255&MSPPError=-2147217396 untuk memahaminya secara teknis dari Microsoft. Atau langsung saja Google kode errornya. Mengenai apakah error blue screen bisa diperbaiki atau tidak tergantung ini disebabkan software atau hardware, kalau rusak ya terpaksa beli baru.

Satu pemikiran pada “Melihat error Blue Screen yang baru saja terjadi di Windows”

Tulis komentar...