Membantu mencari informasi menggunakan Google dengan Let Me Google That For You

Mencari tahu jawaban dari suatu permasalahan sangatlah mudah menggunakan Google, tapi masih ada orang yang belum tahu cara menggunakannya atau memang malas.

Kasus seperti ini kadang kita temui di forum saat seseorang yang bertanya sesuatu hal tanpa mencari tahu sendiri terlebih dahulu. Apa yang ditanyakan mungkin sederhana dan anda yakin jawaban atau solusinya pasti ada di halaman pertama, dan karena anda ingin mengajari orang tersebut untuk cari dulu informasinya dengan Google baru bertanya.

Budaya untuk berusaha dulu mencari tahu mengenai permasalahan yang dihadapi dengan Google merupakan hal yang lumrah di internet, setelah tidak menemukan solusi yang tepat baru menanyakan ke media lain lengkap dengan apa yang telah dilakukan. Hal ini akan membantu si penanya karena dianggap bukan orang yang melimpahkan bebannya ke orang lain, juga membantu si penjawab karena telah mengetahui deskripsi masalah si penanya dan sudah mencoba cara apa saja.

Mencari tahu secara mandiri sebelum bertanya sering kita temui dengan istilah RTFM (Read The Fucking Manual) yang memang terkesan kasar tapi merupakan saran yang valid dan biasa digunakan dalam dunia jaringan komputer. Tapi untuk kategori masalah yang lebih mudah dan umum terdapat istilah LMGTFY (Let Me Google That For You) yang berarti biarkan saya men-Googlekan masalah tersebut untukmu.

Anda cukup mengisikan kata kunci pencarian dan tekan tombol Google Search untuk membuat link pencarian dengan Google, atau I’m Feeling Lucky untuk membuat link ke hasil pertama di Google Search untuk kata kunci yang dimasukkan.
Let-me-google-that-for-you
Anda akan mendapati 3 pilihan lanjutan, Copy untuk mendapatkan url dari link LMGTFY, Shorten untuk memendekkan url hasil LMGTFY dan Preview untuk melihat apa tampilan yang dilihat pengunjung link tersebut.

Let-me-google-that-for-you-share-the-link

Bagikan salah satu dari 2 link diatas, tapi bila menggunakan link yang dipendekkan menggunakan bitly anda akan bisa melihat informasi dan statistik mengenai url pendek bitly tersebut.

Saran saya pergunakan Let Me Google That For You secara bijak, walau mungkin maksud anda baik untuk mengajari mencari informasi tertentu dengan Google Search. Tapi ada beberapa orang yang melihat bahwa dengan menggunakan layanan LMGTFY ini tidak membantu malah tindakan anda dianggap sarkasme terhadap si penanya.

Tulis komentar...