Membatalkan pengiriman J&T Express

Ini pengalaman mengesalkan tapi lucu juga, keponakan saya jual barangnya via OLX juga Facebook Marketplace dan banyak sekali yang tertarik. Akhirnya ada satu orang yang tampaknya sangat serius ingin beli handphone yang ditawarkan. Hebatnya lagi ga pakai menawar dan ongkir ekspedisi ditambah sebagai ongkos capek. Langsung transfer lagi, asas kepercayaan katanya si buyer.

Pembeli ada di kota tetangga, dan karena sudah dikirim foto “bukti” transfer lewat WhatsApp jadinya langsung dikemas dibawa ke agen ekspedisi J&T Express siangnya.

Sorenya waktu saya di rumah ngobrol soal hpnya sudah laku. Otomatis saya tanya apa betul sudah masuk dananya? Saat dicek lewat mobile banking BCA nihil soalnya, dan konfirmasi ke pembeli ini transfer beda bank jadi kemungkinan masih kliring. Hooo.. tidak bisa begitu masbro, saya yakin ini penipuan.

Langsung saja saya beserta keponakan ke agen J&T yang digunakan tadi dan untungnya barang masih disana, belum jam pengumpulan paket. Jadi masih bisa diambil. Saya cuma berbagi informasi saja apa yang dibutuhkan nantinya.

Cara membatalkan pengiriman J&T Express

  1. Datang ke lokasi J&T Express tempat anda mengirimkan barang.
  2. <li>Langsung saja utarakan bawah paket yang anda kirimkan tidak jadi. Cancel saja mas/mbak.</li>
    
    <li>Nanti akan diminta nomor resinya dan bukti fisik resi/kwitansi, juga KTP sesuai identitas pengirim.</li>
    
    <li>Kalau barangnya masih belum dijemput, maka segera diproses dan bisa dibawa pulang.</li>
    
    <li>Tapi apabila paketnya sudah terlanjur dibawa ke gudang sortir, maka menunggu dikirim kembali ke agen.</li>
    
    <li>Selesai.</li></ol>
    

    Aslinya tidak susah, cuma repot dan makan waktu. Juga saya ingatkan kalau ongkos kirim yang sudah dibayarkan tidak dikembalikan. Ya rugi kecil ga masalah daripada hilang semua.

    Bagaimana kalau paketnya dikirim dengan sistem pickup kurir JNT? Ini saya tanyakan ke karyawannya, katanya tetap bisa dibantu untuk pembatalan pengirimannya. Tapi mungkin bisa langsung ke kantor cabang atau gudang J&T sekalian ambil barang. Karena jelas tidak di agen kecil dekat rumah.

    Kembali ke si buyer, tidak lama kemudian WA keponakan saya diblokir. Dan kalau saya perhatikan teknologi edit foto bukti transfer bank cukup meyakinkan sekali, atau mungkin sudah bisa cetak sendiri ya? Kan thermal printer bukan barang mahal.

    Demikian, dan semoga tidak terjadi pada anda. 🙂

Tinggalkan komentar