Memperbaiki tampilan Facebook yang rusak

Bila pada saat anda membuka Facebook dan tampilannya rusak seperti hanya ada tulisan juga backgroundnya berwarna putih, maka anda akan menemukan solusinya di artikel ini. Anda bisa mencoba 2 metode untuk mengatasi masalah tampilan facebook yang menjadi acak – acakan ini.

Sebelumnya coba bersihkan seluruh cookie dan cache pada browser anda, coba reload atau refresh halaman Facebook dengan tombol shortcut Ctrl+F5. Shortcut ini memberikan instruksi kepada browser untuk membuka kembali halaman yang sedang dibuka tanpa cookie dan cache yang telah tersimpan. Bila masih belum berhasil, anda bisa mencoba metode berikut.

Mengenai enkripsi koneksi internet HTTPS

Penyebab tampilan Facebook yang tidak sempurna ini biasanya adalah masalah pada enkripsi protokol https dan kompresi yang digunakan Facebook ke browser yang anda gunakan. Karena masalah dalam komunikasi browser dengan Facebook menyebabkan beberapa bagian tidak dapat dimuat dengan sempurna seperti file css dan javascript.

facebook-ssl-certificate

 

Mematikan Secure Browsing

Kalau bisa anda menggunakan komputer lain yang menampilkan facebook dengan benar atau browser internet lainnya, hal ini berguna untuk mempermudah anda melakukan navigasi setting facebook,

Untuk mengatasi masalah tampilan Facebook yang rusak, anda bisa mematikan enkripsi dalam browsing Facebook dengan mengakses Settings di menu pojok kanan atas? dan pilih Account Settings.

Facebook Account Settings

Pilih bagian Security dan klik Edit pada Secure Browsing.
facebook-secure-browsing-edit

 

Setelah itu hilangkan centang pada kotak browsing menggunakan koneksi yang diamankan (https).
facebook-security-browsing-enable-disable

 

Mematikan Secure Browsing lewat Facebook Mobile

Apabila anda tidak bisa atau kesulitan mematikan secure browsing dengan metode diatas, anda bisa menggunakan Facebook versi mobile untuk membetulkan Facebook yang berantakan ini.

Akses dulu Facebook Mobile dan langsung geser ke paling bawah.

facebook-mobile-bottom

Klik pada Settings & Privacy

facebook-mobile-settings

Pilih Security dan tekan “Disable” untuk mematikan Secure Browsing pada Facebook.

facebook-mobile-security-settings

Bila anda dimintai password kembali isikan saja, hal ini dilakukan Facebook untuk memverifikasi pengguna yang sah.

facebook-mobile-re-enter-password

Bila Secure Browsing berhasil dimatikan tampilannya akan muncul sebagai berikut.

facebook-mobile-secure-browsing-disabled

Sekarang silahkan anda coba browsing Facebook versi bukan mobile kembali, bila tampilan Facebook kembali normal saya sarankan nyalakan kembali fitur keamanannya. Fitur keamanan ini sangatlah penting untuk menjaga privasi dan keamanan akun Facebook anda, lebih lengkapnya anda bisa membaca panduan mengamankan akun Facebook.

Membenarkan waktu komputer

Tambahan cara lain yang mungkin berhubungan dengan tampilan facebook yang acak – acakan. Coba lihat jam komputer anda apakah benar waktunya?

Ubah waktu di komputer anda dan pastikan tanggal dan waktu dari komputer anda sudah sesuai dengan waktu sekarang, rusaknya tampilan Facebook ini masih berhubungan dengan waktu sertifikat SSL dari facebook yang harus sama dengan waktu sebenarnya. Jadi kalau tidak sama maka akan beberapa elemen dari facebook yang tidak bisa tampil karenanya.

Menggunakan DNS Server alternatif

Anda dapat mencoba mengganti DNS Server yang digunakan oleh komputer anda. Cara ini dapat mengatasi masalah rusaknya tampilan Facebook yang disebabkan error pada DNS Server seperti yang baru – baru ini terjadi pada rusaknya tampilan Twitter.

Ada 2 DNS Server yang patut anda coba, silahkan pilih salah satu:

Tidak ada salahnya membersihkan cache DNS komputer terlebih dahulu dan kemudian restart komputer anda. Efek positif tambahannya adalah kecepatan browsing bisa terbantu lebih cepat dan tidak ada sensor atau blokir, kecuali blokirnya menggunakan DNS Injection.

59 pemikiran pada “Memperbaiki tampilan Facebook yang rusak”

    • Sudah di CTRL+F5 dulu belum? Coba ganti DNS anda menggunakan Google Public DNS atau OpenDNS merupakan langkah berikutnya. Semoga berhasil.

    • Halo mas Vian, sudah dicoba refresh halaman Facebook dengan menekan tombol CTRL+F5? Soalnya browser akan menggunakan cache website dan dengan menekan kombinasi tombol ini akan dipaksa loading situs tanpa cache. Jam komputer juga mohon dicek lagi sudah benar atau belum.

    • Wah… ini agak repot kalau ga lihat komputernya sendiri, mohon bersabar ya. Dari cara – cara diatas sudah dicoba semuanya? Sudah coba browser alternatif seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Internet Explorer atau Opera?

    • Malam mas Luna, tampaknya sekarang Facebook mewajibkan seluruh penggunanya menggunakan Secured Browsing untuk mengakses Facebook. Ini baru saja saya ketahui dari komentarnya mas.

      Kalau si pengguna Facebook telah mengaktifkan fitur jelajah aman maka tidak ada opsi untuk mematikannya, perubahan kebijakan ini tampaknya dimulai sejak bulan Februari 2014. Jadi tidak ada solusi yang bisa saya berikan selain menerima nasib.

  1. waduh jadi susah om buat maen game kalo koneksinya lewat https:// soalnya kalo apps bisa buat maen bug di game :D. kalo fb yg lama masih bisa asal jangan di buka lewat app facebook buat android

    Balas
    • Haha… jadi tujuannya untuk ngecheat game Facebook ya? Memang karena menggunakan protokol HTTPS seluruh koneksi internet menuju server akan dienkripsi supaya tidak bisa disadap atau dimanipulasi, jadi efeknya positif untuk keamanan akun Facebooknya kecuali buat mas Luna dan yang lain yang membutuhkan koneksi HTTP biasa untuk ngebug gamenya.

      Yah sayangnya saya tidak bisa membantu mengatasi ini mas, karena memang kebijakan baru yang diterapkan Facebook ke seluruh pemilik akun.

    • Selamat pagi mas Nur, senang bisa membantu anda. 🙂

      Mengenai ijin copas artikel, saya harapkan supaya sebaiknya cukup memberikan link ke artikel ini daripada dicopas secara penuh.

      Komentar mas Nur saya jadikan satu juga biar rapi. 🙂

    • Halo mas Sarwandi, bisa dijelaskan maksudnya nyangkut bagaimana? Pertolongan pertamanya silahkan coba tekan tombol CTRL+F5 di Facebook untuk melakukan hard reload di browser, atau gunakan browser alternatif lainnya.

  2. Halo kak :v facebook saya masih aja ga bisa padahal mau coba settings lewat fb eee malah fb uda ga ada pengaturan secure browsingnya :v bingung nih

    Balas
    • Halo Michael, memang cara mematikan secure browsing (https) sudah tidak bisa lagi kalau sudah terlanjur diaktifkan.

      Sudah mencoba pakai browser lain? Sebelumnya coba tekan CTRL+F5 dulu untuk melakukan reload halaman tanpa menggunakan cache.

    • Halo Adit,

      Itu pertolongan pertama kalau tampilan website apapun rusak tampilannya secara tiba – tiba. Kalau situs tersebut menggunakan https dalam protokolnya dan cara tadi tidak mengembalikannya ke normal maka errornya bisa disebabkan dari sertifikat ssl, dan ini bisa bermacam – macam penyebab dan solusinya.

      Sudah dicoba untuk:

      1. Cek jam komputer jangan sampai salah.
      2. Ganti browser lain, atau lakukan update ke versi terbaru.
      3. Kalau ini Windows XP tampaknya anda terpaksa gigit jari, sejak masalah bug Heartbleed tingkat kekuatan enkripsinya ditingkatkan menjadi SHA-256 dan baru didukung setelah Windows XP SP3.
    • Halo Sholeh,

      Sudah mencoba semua cara? Cara paling efektif biasanya adalah dengan melakukan hard reload dengan menekan tombol CTRL+F5, tampilan Facebook yang kacau kadang disebabkan cache website yang disimpan oleh browser dan tidak diperbarui secara otomatis.

  3. mas, sdh sy ctrl+f5, sdh restart mozilla, tampilan ttp sj brantakn, tinggal nyari secure browsing di security tp g nemu2 adanya notification. sempat balik ke tampilan asli tp g bs upload/pun edit. ada obat yang lain? terima kasih

    Balas
    • Halo Anton, memang di Facebook sudah tidak dimatikan lagi SSLnya. Nah… saya curiga jangan – jangan masih pakai Windows XP SP2 atau SP1 ya? Ada algoritma kriptografi yang baru ada di SP3 jadi memang versi sebelumnya kadang bisa bermasalah saat membuka halaman Facebook, Twitter dan website yang menggunakan sertifikat SSL yang sejenis.

      Eh, jam komputernya sudah yakin benar? 🙂

    • Hmmm… jadi pakai browser alternatif juga tidak bisa ya mbak? Sementara cuma terpikir kalau ini masalah sertifikat SSL, ini bukan pakai Windows XP SP2 dan sebelumnya kan? Kalau ya harap diupgrade ke SP3 atau sekalian ke Windows yang lebih baru.

  4. Mas kok saya uda coba ctrl + f5 juga nga bisa tetap tampilan FBnya nga ada gambar n tulisan apapun juga format tanggalnya juga uda benar saya cb di komputer teman saya bisa kok di komputer saya nga bisa ya? uda coba clea cache juga. makasih sebelumnya

    Balas
    • Halo Ratu, boleh tahu apa browser yang digunakan dan apakah sudah mencoba browser lainnya? Menggunakan Windows apa juga mbak?

      Pada dasarnya ini masalah pada sertifikat SSL, yang repot faktornya cukup beragam. Secara umum cara mengatasinya sudah saya tuliskan dan anda mengatakan kalau gagal semua. Jadi tampaknya ini hal spesifik pada komputer anda.

      Oh ya kalau anda menggunakan Windows XP kemungkinan besar memang akan error kecuali sudah minimal SP3, ini dikarenakan ada versi SSL baru yang ada di service pack tersebut. Bisa juga disebabkan browser anda memakai versi SSL yang sudah tidak didukung lagi.

    • pc kantorku menggunakan windows XP mas aku pakai mozzila. kl browser yg lain aku belum pernah coba tp di pc temanku mozilla juga kok bisa n windows XP juga. saya jangan bingung …makasih

    • Nah… itu mbak, memang banyak kombinasinya sih dan memang dugaan awal saya mbak memakai Windows XP yang sudah sering bermasalah kalau diajak online (karena SSL).

      Tapi dibatasi dulu di Mozilla Firefox, sudah diupdate ke versi terbarunya? Kalau bingung silahkan buka tombol Menu (3 garis horisontal kalau di Firefox baru) > Help > About Firefox dan tunggu proses updatenya.

    • Halo, semestinya masih mirip solusinya. Sudah dicoba semua cara diatas? Kalau masih belum bisa mohon dituliskan menggunakan browser apa dan Windows apa.

    • Halo Fahreza, boleh tahu anda menggunakan Windows apa? Kalau anda menggunakan Windows XP tampaknya memang terbatas solusinya dan sangat disarankan diupgrade.

  5. om.. kalo facebook saya bagus, bisa juga di pake tapi dia kesorongke samping kiri, jadi nda bisa keliatan orang yang unggah status atau foto. jadi itu harus gimana ya?

    Balas
  6. mas g mna solusinya sy ga bisa buka Fb di leptopQ ketika buka brosur facebook tampilan spt angka2 ja dilayar leptopQ ,,mhon solusinya

    Balas

Tulis komentar...