Memperbaiki “Unable to start print job. Is printer available?”

Entah kenapa printer Canon MX308 di kantor tidak bisa dibuat mencetak dari Adobe Reader, bukannya yang keluar kertas hasil print dokumen malah muncul pesan error “Unable to start print job. Is printer available?”. Jelas printernya ada dan bisa dipakai. Wah… kenapa lagi ini. 🙁

Printer tersebut hanya tidak bisa mencetak PDF dari Adobe Reader atau Acrobat, tidak ada printing job yang sedang diantrikan (queue), driver printer juga tidak bermasalah, service print spooler berjalan lancar, dan dari aplikasi lain masih bisa mencetak. Karena itulah saya simpulkan masalah ada pada program Adobe Reader yang digunakan, dan kebetulan versi yang dipakai adalah 8.1 jadi sudah cukup lama.

windows-7-print-spooler-properties

Dari hasil pencarian saya untuk solusinya di internet dan sudah saya coba ada beberapa hal yang bisa anda lakukan:

  • Buka menu Help dalam program Adobe, klik Repair Acrobat Installation. Tunggu proses perbaikan instalasi sampai selesai dan semoga bisa (saya tidak).
  • Pada menu Print, klik pada Comments and Form maka akan ada beberapa pilihan (Document, Document and Markups, Document and Stamps). Pastikan setting yang aktif adalah Document saja, kalau bukan maka ubahlah opsinya.
  • Download dan upgrade Adobe Reader ke versi terbaru, sekarang sudah versi 11.
  • Hapus Adobe Reader kemudian install ulang, kalau tidak bisa diuninstall anda bisa memakai mengikuti panduan berikut..adobe-reader-and-acrobat-cleaner-tool-option
  • Terakhir… gunakan saja aplikasi alternatif pembaca PDF seperti Foxit PDF Reader, PDF Xchange Viewer, atau SumatraPDF.pdf-xchange-viewer

Mana solusi terbaik? Kalau tidak terpaksa menggunakan versi lama maka saya sarankan antara upgrade ke versi terbaru atau ganti ke software PDF Reader lainnya.

4 pemikiran pada “Memperbaiki “Unable to start print job. Is printer available?””

    • Halo Novia, tanyanya kok disini mbak. Haha. 😀 Ini pakai ekspedisi apa ya? Tidak bisa dicek. Jangan salah dengan nomor pesanan ya mbak.

Tulis komentar...