Mencoba IndiHome

Ternyata saya masih diberi kesempatan mencicipi IndiHome sejak memutus Telkom Speedy saya, walaupun ini milik teman tapi saya terlibat dari proses pendaftaran sampai pemasangan, ini karena teman saya tidak paham masalah teknis (gaptek) dan meminta bantuan saya mengecek apakah ada masalah nantinya.

Ini diawali dengan datang ke Plasa Telkom di Malang untuk registrasinya, yang pasti seperti biasa antrinya lama. 😀 Setelah bicara dengan mbak customer servicenya akhirnya teman saya memilih yang kecepatannya 10 Mbps dengan Usee TV 98 channel dan gratis telpon lokal/interlokal 1000 menit setiap bulannya, istilahnya Triple Play kalau dari marketing Telkomnya. Tarifnya kalau di Malang adalah harga promo Rp.320.000 dan setelah itu Rp. 495.000. Sedangkan kecepatan dibawahnya yaitu 1 Mbps selisihnya 50 ribu, jelas pilih diatasnya kalau cuma sedikit bedanya.
indihome-logo

Instalasi IndiHome

Sejak pendaftaran diatas kurang lebih 1 minggu teman saya dihubungi kalau teknisinya akan datang, saat saya melihat proses pemasangan kabel fibernya ke dalam rumah ternyata tidak lama kok. Kurang lebih 1 jam ditarik kabel dari tiang sampai ke lokasi modemnya nanti yang anda tentukan sendiri nantinya. Ternyata proses instalasinya ada 2 tahap, pertama adalah pengurusan kabel FTTH dan yang kedua adalah modem juga setting-settingnya.

Sore harinya teknisi kedua sudah datang, dan karena di rumah teman saya tidak ada pesawat telepon (siapa yang pakai telepon di rumah kecuali kantor?) dikenakan biaya sebesar Rp.120.000. Ya memang biaya pemasangannya gratis, tapi ternyata harus beli dulu alatnya. Nanti untuk TV Kabelnya (UseeTV) juga akan dipasangkan STB (Set Top Box/ Decoder). Proses ini juga tidak lama kurang lebih 30 menit.

Pengujian kecepatan koneksi IndiHome

Karena IndiHome sudah menggunakan kabel Fiber Optic jelas menawarkan luas bandwidth yang jauh lebih besar, ini juga tercermin dari harga dan paket yang disediakan. Saat dicoba ternyata kecepatan downloadnya memang rata – rata 900 KB/s sampai 1 MB/s, perhatikan huruf B kapitalnya. Ini membedakan antara bit dan byte. Pada dasarnya kecepatan yang dituliskan adalah dengan huruf b kecil menandakan bit, jadi dibagi 8 akan menjadi Byte. Memang kecepatan 1 MB/s sesuai dengan paketnya.

Mohon maaf tidak disertakan hasil pengujian speedtestnya karena ini dicoba di rumah teman saya dan tidak terpikirkan saat itu untuk menyimpannya. Lain kali akan saya update.

Pengujian Usee TV

Terus terang untuk mencoba produk TV Kabel Telkom ini cuma dilakukan sekilas, karena saya dan teman saya sudah sangat jarang menonton televisi. Yang pasti saat dicoba di televisinya yang berukuran 60 inci terlihat pecah atau ada artifak, malah lebih bagus menggunakan antena biasa daripada tv kabel. Kata teknisinya sebaiknya menonton channel Usee TV yang berkualitas HD (High Definition) supaya terlihat jernih dan juga memakai kabel HDMI. Tapi ini bukan prioritas saat itu.

Oh ya, penggunaan UseeTV ini tidak ikut mengurangi kuota bandwidth anda. Jadi nanti anda benar – benar mendapatkan murni sesuai layanan yang anda beli, dalam hal ini teman saya akan mendapatkan 10 Mbps tanpa dipotong bandwidth untuk TV kabel. Kata si teknisi lho.

Lainnya

IndiHome ini memang sangat jauh lebih baik dari Telkom Speedy, baik secara kecepatan dan juga kestabilan koneksinya. Apalagi di area teman saya juga kalau mendung atau hujan sering putus – putus, jadi ini merupakan perbaikan kualitas. Sayang harganya sendiri cukup tinggi dibandingkan pesaingnya yang sudah masuk Malang. Saya sendiri menggunakan Innovate dan terus terang puas karena harganya lebih murah dengan koneksi yang cukup cepat.

9 pemikiran pada “Mencoba IndiHome”

    • Standar sih mas, yang pasti jangkauannya paling luas dan harga non-promonya adalah yang termahal dibandingkan dengan ISP lain dengan spesifikasi setara.

  1. mau tanya emang harus tetep migrasi ya ke indihome yang dulunya masih pakai speedy? sering banget dapet tlp dari telkom kalau gak ,datang ke rumah teknisi indihome suruh migrasi ke indihome.

    • Telkom mulai menonaktifkan jaringan tembaganya mbak. Jadi telepon dialihkan ke fiber juga sekarang. Jangan kaget kalau tiba – tiba suatu saat telepon rumahnya mati dan solusi dari teknisinya tetap Speedy bisa berminggu – minggu atau ganti fiber hari itu juga selesai perbaikannya.

  2. Mas minta pencerahannya donk sy awam sekali masalah ini. Ditempat sy sdh ada pergantian kabel optik sdh 1thn yg lalu. Sy td nya pakai speedy 1kbps. 2 hr lalu sy ditawari pasang useetv promo pula gratis pemasangan dan dipinjami alat keluaran terbaru sdh hd kt nya. Tp akhirnya pas teknisi ke rumah utk pasang mereka bilang gak cukup 1 kbps minimal 10 kbps. Apa benar begitu? Akhirnya dibatalkan deh…..

    • Maksudnya 1 Mbps dan 10 Mbps kan? Memang yang paling kecil IndiHome sekarang 10 Mbps mbak.

      Itu mbak upgrade nanti tarifnya ganti pula, sebaiknya ditanyakan dulu atau sekalian ganti ISP yang lebih murah.

  3. Mas mau tanya, wifi yang harganya lebih murah dan kecepatannya stabil apa ya mas. Terus paling kecil kecepatannya berapa dan harganya berapa mas. Terima kasih mas

Tulis komentar...