Mengatasi audio rusak di Google Chrome

Seharian saya berusaha memperbaiki Google Chrome agar audio yang dimainkan dalam browser lancar tanpa tersendat – sendat. Ya, anehnya kadang hal ini terjadi sekali saja sehari pada laptop teman saya. Suaranya keluar seperti ada yang terpotong atau glitch. Hal ini terjadi baik di situs YouTube, SoundCloud, Twitch.tv dan semuanya yang menggunakan Flash Player atau HTML5.

Solusi sementara seperti mereset Chrome bisa dilakukan atau mematikan plugin Adobe Flash Player, tapi entah kenapa akan kembali lagi setelah beberapa saat (bisa jam atau hari), entah apa penyebabnya. Sedangkan Windows 7 teman saya normal – normal saja, cuma di Chrome saja trouble. Heran saya. Setelah mencoba beberapa cara di internet akhirnya saya menemukan satu yang berhasil memperbaikinya secara permanen.

Metodenya sendiri sangatlah mudah, tanpa perlu mengutak – atik setting. Yang perlu dilakukan adalah menambahkan parameter –audio-buffer-size=2048 pada shortcut/launcher Google Chrome. Klik kanan pada iconnya dan pilih Properties, kemudian tambahkan parameter tersebut di akhir kotak Target, kurang lebih seperti digambar.

google-chrome-audio-buffer-size

Kalau di komputer saya nanti lengkapnya adalah “C:\Users\Chandra\AppData\Local\Google\Chrome\Application\chrome.exe –audio-buffer-size=2048”, tapi tanpa tanda kutip. Fungsinya adalah meningkatkan besar memori untuk buffer audio menjadi 2 MB sehingga bisa dimainkan dengan lancar.

Oh ya, dari laporan kenalan saya yang lain ini juga menjadi masalah sejak upgrade ke Windows 10 dan kabarnya cara ini juga bisa diterapkan. Ini disebabkan Microsoft telah menurunkan latensi suara hingga 15 ms sehingga timing audio Windows 10 berbeda dengan versi sebelumnya.

Oh ya kalau 2048 masih belum bisa maka tingkatkan menjadi 4096 (4 MB), dan format lokasi Targetnya kadang bisa menjadi “C:\Users\Chandra\AppData\Local\Google\Chrome SxS\Application\chrome.exe” –audio-buffer-size=4096, perhatikan memang ada tanda kutipnya dan parameter diletakkan diluarnya.

Semoga bermanfaat. 🙂

Satu pemikiran pada “Mengatasi audio rusak di Google Chrome”

  1. mau tanya, saya pakai win10, tapi volume chrome nya selalu mengecil dari volume sistem, saya sudah bisa memperbesar lagi lewat control panel, tapi itu tidak permanen, bagaimana cara memperbaikinya ?, apakah bisa dengan cara itu ?

    Balas

Tulis komentar...