Mengatasi gagal upgrade Windows 10

Seperti yang kita tahu bahwa setiap pengguna Windows 7, 8, 8.1 dan edisi lainnya akan ditawari upgrade gratis ke Windows 10. Nah… tanggal 29 Juli kemarin adalah saat diluncurkannya secara resmi Windows 10 dan ini berarti komputer anda bisa dimigrasikan ke versi terbaru Windows. Tapi kasusnya laptop teman saya tidak selancar itu prosesnya, gagal walaupun Windows 7 SP1 (64-bit) adalah asli dan sudah memasang update terbarunya.

Jadi hari Minggu kemarin saya berusaha mencari solusinya dan saya sekalian catat disini untuk membantu anda yang mengalami masalah yang sama.

Dan akhirnya saya berhasil. :)
Dan akhirnya saya berhasil. πŸ™‚

Pertama adalah metode memaksa Windows Update mengulangi dan mengenali bahwa upgrade sudah bisa dieksekusi, tapi anda diwajibkan membersihkan dulu folder updatenya di lokasi C:\Windows\SoftwareDistribution\Download. Hapus saja semua folder didalamnya, ini akan membuat isi Windows Update menjadi kosong seperti baru diinstall.

windows-7-software-distribution-download

Kemudian jalankan command prompt dengan hak administrator (klik kanan dan pilih run as administrator), dan ketikkan perintah wuauclt.exe /updatenow.

cmd-wuauclt-updatenow

Maka proses pembaruan Windows akan berjalan (siapkan internet dengan kecepatan tinggi atau tinggal tidur saja), dan semestinya dalam jendela command prompt tadi akan muncul notifikasi upgrade ke Windows 10.

Kedua adalah melalui Windows 10 Media Creation Tool. Kalau cara ini yang dilakukan sebenarnya adalah mendownload file – file sistem operasi Windows 10 untuk memasang upgrade (pilih Upgrade this PC now) atau instalasi ulang (pilih Create installation media for another PC).

windows-10-media-creation-tool

Tapi saat saya mencobanya kok muncul pesan error β€œSomething happened 0x80070002 – 0x20016”. πŸ™ Saya juga bingung solusinya kalau muncul pesan error ini.

Ketiga dan cara inilah yang berhasil bagi saya adalah melalui setting registry Windows. Silakan jalankan regedit dan buka lokasi berikut: HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\WindowsUpdate\OSUpgrade. Kemudian klik kanan dan buat sebuah key baru didalamnya bernama β€œAllowOSUpgrade” bertipe DWORD 32-bit, tanpa tanda kutip dan harus persis sama huruf besar kecilnya. Ubah nilainya menjadi 1 dalam jenis hexadecimal.

regedit-allowosupgrade-windows-10

Akhirnya tutup jendela regedit dan jalankan Windows Update lagi, niscaya dengan salah satu solusi diatas mampu memaksa sistem operasi anda sekarang menjalankan upgrade Windows 10 secara manual.

Semoga berhasil. πŸ™‚

204 pemikiran pada “Mengatasi gagal upgrade Windows 10”

  1. Type laptop
    Asus x454Y
    Ram 4Gb
    64Bit – W10
    Ane Pas Lagi Ada Updatetan W10 Ane Updat
    Kgk lama ada Bacaan , Instal windows not Instal, Restart Instal windows

    Kira Knp ea ? Bisa Bantu Kgk ?
    Kondisi laptop ada Logo Asus sama Logo Peringatan itu ,

    Balas
    • Ini jadinya tidak bisa masuk Windows?

      Wah ya perlu installer Windows lagi dan mencoba memperbaiki system filenya mas.

  2. saya asus x45a upgrade dari w7 mau ke w10 pake windows creation tool tapi pas checking update kenapa lama yaa 0% terus?

    Balas
    • Koneksi internetnya stabil mbak? Coba pakai kabel saja.

      Dan coba cek laptop tersebut apa ada driver Windows 10nya.

  3. mas saya pake laptop lenovo G40-70 dan saya pake Win 8.1 SL 64bit Ori, dan ram 4GB, i5 Generasi 4 dan Disk C saya tersisa ruang 152GB dan saya udah melakukan update driver laptop saya melalui esaydriver dan driverpack, saya udah downlad Windows 10 Media Creation Tool dan pengecekan udah beres pas mau waktu getting udpates this may take a fewminuts checking for updates kok stuck 46% dan udah saya tinggalin semalaman gak bergerak, dan saya cek jaringan wifi saya bagus ada 10mbps cuma saya cek di task manajernya di laptop wifi 0kbps dan gak bergerak naik naiknya aja gak sampai 1mbps, kalo melakukan aktivitas yg lain kayak buka situs dan yg lain youtube task manajer di wifi naik sampai 678kbps dan setelah gak ada aktivitas 0kbps, dan 46% dari semalam kenapaya mas gak bisa terinstalasi win 10nya di laptop saya itu, dan udah saya ulang 3 kali dan tetap stuck di 46% melulu, mohon solusi dan pencerahannya terimakasih.

    Balas
  4. Mas saya mau tanya. Kan saya ini win 7 32 bit. Saya udah mencoba upgrade this pc now, tetapi bukan mendownload win 10 malahan ada tulisan “this tool can’t upgrade your pc, edition of the version of windows currently installed on your pc isn’t supported by this tool” Mohon pencerahannya..

    Balas
  5. kak bisa tolong saya ngak mau upgrade je windows10 dari windows7.
    mau saya tunjukan gambarnya. tolong wa saya ya kak
    085845510877

    Balas
    • Mohon maaf mas, maksudnya tidak ingin upgrade dari Windows 7 ke Windows 10? Apa sudah berjalan prosesnya? Atau niatnya membatalkan?

Tinggalkan komentar