Mengatasi teks pada desktop Windows hilang

Saya mendapatkan kasus unik yang dikonsultasikan melalui email, jadi masalahnya adalah seluruh icon yang ada di desktop tidak ada teksnya. Label atau judul icon seakan – akan hilang tanpa sebab yang jelas. Tidak ada masalah lain yang terdeteksi, programnya tetap bisa dijalankan secara normal sehingga bisa dikatakan ini cuma masalah kosmetik saja.

Kalau anda mengalami hal serupa bisa mencoba beberapa solusi berikut untuk mengatasinya. Tidak ada satu cara pasti untuk memperbaiki desktop Windows yang tulisannya tidak muncul di layar monitor.
windows-7-no-text-on-desktop

Restart Windows Explorer

Mari kita mulai dari yang paling mudah dahulu, silahkan buka task manager (CTRL+ALT+DEL > Start Task Manager atau CTRL+SHIFT+ESC). Kemudian matikan proses explorer. exe, selanjutnya klik File > New Task (Run..) dan isikan dengan explorer.exe. Windows Explorer akan direstart dan seharusnya tampilan desktop akan normal kembali.

windows-7-task-manager-new-task-run

Install ulang driver GPU

Kartu grafis juga bisa menjadi penyebabnya. Apabila ada file yang korup akan membuat Windows tidak stabil dan memuat data yang tidak lengkap. Silahkan cari driver dari VGA komputer anda dan lakukan update atau install ulang.
lenovo-ideapad-s215-gpu-z

Oh ya, kalau anda mengalami masalah ini pada laptop harap mencari driver VGA di situs pabrikan notebook (ASUS, DELL, ACER, LENOVO dan sejenisnya) bukan dari situs pembuat graphic cardnya (INTEL, AMD, NVIDIA).

Cek system file Windows

Jalankan Windows dalam safe mode dan eksekusi perintah sfc /scannow dalam command prompt. Fungsinya untuk verifikasi apakah file – file penting sistem operasi Windows mengalami kerusakan atau tidak, bila iya akan diperbaiki.

win7-sfc-scannow-completed

Kalau masih tidak berhasil juga saya anjurkan jalankan melalui DVD instalasi Windows melalui system repair.

Membuat profil user baru

Masih gagal juga? Solusi terakhir yang bisa saya sarankan adalah membuat user account baru. Ini akan membuat profil desktop yang berbeda dan menggunakan setting default. Dari percobaan saya beberapa kali mengalami masalah serupa solusi ini yang paling tinggi tingkat suksesnya, tapi ya semua setting personal dari pengguna tersebut perlu dikonfigurasikan ulang karena masih tertinggal di profil lama.

Semoga membantu. 🙂 Kalau anda memiliki solusi lain silahkan ditambahkan. 😉

Tulis komentar...