Mengatasi Windows Defender tidak bisa aktif

Soal antivirus di Windows 10 memang banyak software gratisnya seperti Avira, AVG, Sophos, Panda dan seterusnya. Tapi sebenarnya sudah tidak wajib kita install antivirus karena dalam Windows 10 sendiri sudah terintegrasi Windows Defender atau nama barunya Microsoft Defender Antivirus.

Ceritanya karena sebelumnya pakai Panda efeknya Defender akan dimatikan supaya tidak bekerja bersamaan. Sekarang ingin menggunakan murni Windows saja karena kualitasnya sendiri sudah bagus dan tentu saja gratis.

Tapi yang terjadi adalah masalah, dimana Windows Defender hanya muncul layar putih dengan teks “Security at a glance”.

Cara mengatasinya yang berhasil bagi saya adalah lewat registry editor, bisa anda coba dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Panggil command prompt dengan hak administrator. Wajib hukumnya.
  2. Copas perintah berikut: REG DELETE HKLMSOFTWAREPoliciesMicrosoftWindows Defender /v DisableAntiSpyware dan tekan ENTER untuk eksekusinya.cmd disableantispyware
  3. Setelah itu restart komputernya.

Kenapa Windows Defender bisa error? Ini disebabkan aplikasi antivirus lainnya yang menonaktifkan defender tapi saat dihapus lupa atau gagal memulihkan settingnya. Jadi tetap dibiarkan mati oleh Windows 10. Solusinya ya secara manual dihidupkan.

Sekian dan semoga bermanfaat.

5 pemikiran pada “Mengatasi Windows Defender tidak bisa aktif”

  1. saya mau download aplikasi , di web nya di suru mematikan antivirus sementara, trus saya download deh aplikasi tsb, lalu tiba2 computer restart sendiri, dan pas masuk ke windows security muncul tulisan security at glance, nah itu gimana cara benerin nya mas, saya niat mau download doang malah eror jadi eror begini, tolong bantu saya mas plisss

    Balas
  2. disaya muncul error

    ERROR: Invalid key name.
    Type “REG DELETE /?” for usage.

    belumpenah instal antivirus lain dan sebelumnya cuma pernah nambah akun di administator saja

    Balas

Tinggalkan komentar