Mengenal System Diagnostics laptop HP

Salah satu fitur yang wajib anda gunakan saat baru membeli laptop dengan merek HP (Hewlett-Packard) dan secara rutin setelahnya adalah System Diagnostics. Ini fungsinya adalah menguji apakah pada hardware notebooknya normal semua apakah ada masalah. Jadi selain cek fisik apakah ada cacat kita harus tahu apakah jeroannya juga sehat.

Bagaimana cara mengakses System Diagnostics milik HP? Sangat mudah kok, pada saat baru dihidupkan langsung tekan tombol Esc dan akan muncul Startup menu. Disini saya mendasarkan panduannya pada laptop HP 14-af118au, kalau tipe milik anda berbeda harap diadaptasikan. Semestinya tidak beda jauh langkah – langkahnya.

hp-14-af1181au-startup-menu

Selanjutnya pilih System Diagnostics dengan menekan tombol F2, dan akan muncul menu berikutnya.

hp-14-af1181au-hp-pc-diagnostics-hardware-uefi

Akan ada 2 opsi hardware yang bisa dites, pertama adalah memori (RAM). Silahkan akses Memory Tests untuk menguji apakah RAM laptop anda normal atau tidak. Ini prosesnya cukup lama, 17 menitan untuk kapasitas 4GB. Tapi jangan sampai dilewatkan karena berhubungan langsung dengan performa notebooknya.

hp-14-af1181au-memory-tests

Kedua adalah harddisk, pilih Hard Drive Check dan ada 2 pilhan lagi nanti: Quick atau Extensive. Terserah anda yang mana, tapi kalau butuh yang menyeluruh jalankan yang Extensive. Lebih lama nanti prosesnya.

hp-14-af1181au-hard-drive-check

Menjalankan diagnosa sistem ini wajib hukumnya kalau anda membeli laptop HP baru maupun bekas, jangan sampai anda tidak melakukannya karena percaya atau pas dicoba masuk Windows lancar – lancar saja. Kerusakan kalau memori biasanya akan langsung terasa (BSOD atau restart otomatis), tapi kalau harddisk efeknya harus diamati. Kadang cuma lambat saja aksesnya dan lama – lama partisi tidak bisa dibuka.

Aslinya menurut saya masih kurang diagnosa layar LCD/LED, DVD-ROM, VGA, dan Network seperti milik Dell, atau ini cuma pada tipe tertentu saja adanya. Setidaknya pada notebook saya tidak ada.

Semoga bermanfaat. 🙂

14 pemikiran pada “Mengenal System Diagnostics laptop HP”

  1. Mau tanya, kalo setiap saya menghidupkan laptop kenapa selalu muncul system diagnostics ya, dan kalo sudah kembali ke layar windows keyboardnya tidak berfungsi.
    Terimakasih

    Balas
  2. cara exitnya gimana mas?aq pilih exit enter keluar yes ato no,saya arahin ke yes gak bisa?kenapa ya?efeknya laptop setiap dinyalain langsung ke sistem diagnostict gak mau ke menu windows

    Balas
  3. nanya juga juragan.. aku juga gitu dah keluar menu start up gt.. tp tpencet F2 kok gak respon ya…
    tipe laptop saama kayaknya gan..
    trims sebelumnya..

    Balas
  4. Mau tanya, kalo setiap saya menghidupkan laptop kenapa selalu muncul system diagnostics ya, dan kalo sudah kembali ke layar windows keyboardnya tidak berfungsi.
    Terimakasih

    Balas

Tulis komentar...