NetDepot CDN: Layanan CDN 100GB gratis setiap bulan

Kabar gembira bagi yang membutuhkah sebuah layanan CDN gratis untuk websitenya. Jadi bagi anda yang merasa sudah memaksimalkan setting situsnya dan server hosting maka dengan memasangkan Content Delivery Network selain mengurangi beban hosting, menekan konsumsi kuota bandwidth juga sekaligus mempercepat akses website. Jelas sangat menguntungkan bukan? Apalagi kita bisa mendapatkannya secara gratis.

Nama layanan yang saya bahas adalah NetDepot CDN dan baru saja saya ketahui hari ini. Yang fantastis kita akan mendapatkan kuota bandwidth CDN sebesar 100GB secara gratis setiap bulannya. Selama anda tidak melewati batas tersebut maka tidak perlu membayar apapun. Ini setara dengan sebuah situs dengan pengunjung sebesar 200.000 orang per bulan atau 6.000 per hari. Sungguh besar bukan jatahnya?
netdepot-cdn

Lokasi server CDN milik NetDepot sendiri ada di seluruh dunian dan saat ini (10 April 2015) ada di: NYC, New York, Atlanta, Georgia, Chicago, Illinois, Dallas, Texas, Los Angeles, California, Sao Paulo, Brazil, Iakhnau, India, Jaipur, India, Sydney, Australia, Auckland, New Zealand, Brisbane, Australia, Perth, Australia, San Jose, Costa Rica, Tunis, Tunisia, Cape Town, South Africa, Aurangabad, India, Calcutta, India, Istanbul, Turkey, Izmir, Turkey, Bursa, Turkey, New Delhi, India, Singapore, Singapore, Cyberjaya, Malaysia, Ankara, Turkey, Bangkok, Thailand, Hong Kong, Hong Kong SAR China, Tokyo, Japan, Hanoi, Vietnam, Bombay, India, Hyderabad, India, Delhi, India, Taipei, Taiwan, Seoul, South Korea, Ho Chi Minh City, Vietnam, Moscow, Russia, Shakhtinsk, Kazakhstan. Malah lebih banyak dari beberapa penyedia CDN saingannya.

Nanti anda tinggal memasukkan alamat website, setting CDN dan aktifkan agar seluruh file di situs akan dimuat dari CDN maka selanjutnya setiap pengunjung akan mengambil konten dari server terdekat dan tercepat dari lokasinya. Anda juga bisa mengombinasikan NetDepot CDN dengan CloudFlare atau Incapsula sehingga lebih mantap lagi optimalisasi situs anda.

10 pemikiran pada “NetDepot CDN: Layanan CDN 100GB gratis setiap bulan”

    • Halo Iqbal, saya kombinasikan mas keduanya. Lebih tepatnya saya menggunakan CloudFlare dan MaxCDN (tapi ini bisa digantikan NetDepot). Selain tidak membebani server hosting untuk melayankan konten – konten statis (gambar, arsip, video, audio, css, js, dan sebagainya) juga mengurangi konsumsi bandwidth.

    • Halo Joni, itu per akun dan akan direset tiap bulan mas. Jadi kuota bandwidth CDN kita 100GB per bulan. Saya tidak tahu berapa maksimal websitenya, selama ini diisi cuma 6 situs dan tidak masalah.

  1. Pas daftar di netdepot ada pilihan Configurable Options : 5, 10, atau 20 resource atau unlimited ?
    Nah yg disebut resource itu zona area bukan gan?
    Daftarnya harus pk paypal ya gan?
    Oya kalo Netdepot ada fasilitas purge cache ?

    • Loh, kok beda ya mas. Haha. 😀 Seingat saya tidak seperti itu dulu. Nanti saya cek lagi, sudah lama ga lihat panelnya. Rasanya memang maksudnya resource itu Pull/Push Zone yang bisa digunakan.

      Saya daftar ga pakai PayPal mas, langsung login dan buat Pull Zone saja. Ada mas Purge Cachenya.

  2. Mas Chandra,

    Saya sekarang pakai cloudflare. Tertarik juga kalau web jadi lebih cepat.

    Saya baca di atas, ada saran untuk dikombinasikan. Tolong tutorialnya.

    • Halo gan Syams, sederhana kok mas:
      1. Pasang plugin WordPress yang bisa CDN.
      2. Buat Pull Zone NetDepot untuk website anda. Subdomain khusus CDN tidaklah wajib tapi bisa.
      3. Aktifkan CDN dalam pluginnya.
      4. Kalau pakai subdomain jangan lupa nonaktifkan awan oranye khusus untuk CDNnya.

    • Saya lihat Utekno menggunakan SSL cloudflare. Apakah ada kendala?
      Saya bingung, banyak yang bilang SSL CF kurang bagus, lebih baik Let’s Encrypt, tapi kalau pakai LE, gak dapat CDN.

      Btw, CDN Utekno masih digabungkah, Netdepot dan CF?

    • Kurang bagus apanya mas? Kendala mungkin waktu awalnya setting, dimana redirectnya looping.

      Pakai CloudFlare+MaxCDN saat ini.

Tulis komentar...