LOADING

Type to search

Lainnya

Nomor resi hilang atau lupa?

Dalam proses pengiriman paket dengan menggunakan berbagai macam jasa ekspedisi maka kita akan mendapakan nomor resi (Istilah lainnya: AWB: Airway Bill, Connote: Consignment Note, Barcode, Tracking number, dan sebagainya) yang bisa kita gunakan untuk melakukan pelacakan paket. Yang jadi masalah kalau kita kehilangan nomor resinya atau lupa. Apa yang bisa dilakukan sebagai solusinya?

Singkatnya anda tidak bisa melakukan cek nomor resi pengiriman paket kalau tidak memiliki nomor resinya. Jadi memang tidak ada cara lain melacak paket anda kalau tidak ada kode yang bisa dipakai untuk mengidentifikasinya. Bayangkan paket sebanyak itu jelas susah kalau tidak ada cara membedakannya.

Bagaimana kalau menggunakan nama? Jelas setiap pengiriman pasti ada nama penerimanya, apakah bisa dibuat cek resi? Sayangnya tidak ada sistem tracking paket yang bisa memakai nama orang yang dituju. Saya kira ini disebabkan untuk melindungi privasi pelanggannya dan tidak ingin memperumit sistem yang anda.

Oke, kalau alamat kan lebih spesifik lagi? Kalau maksud anda tetap untuk pelacakan online saya belum pernah menemukannya. Tapi… saya pernah menggunakannya saat ingin menanyakan paket ke Pos Indonesia, jadi saya tanyakan apakah ada paket yang menuju alamat rumah. Mereka cuma minta bukti identitas untuk memastikan bahwa saya adalah orang yang dituju.

Apa yang bisa dilakukan?
Sebagai penerima:

  1. Tanyakan lagi ke pengirimnya. Sekaligus minta foto bukti pengirimannya untuk mencegah salah paham.
    Dari curhatan beberapa pengunjung ternyata ada penjual yang agak judes kalau diminta nomor resinya kembali. 🙁 Mungkin ini yang menyebabkan pelanggannya kelabakan mencari cara alternatif, padahal seharusnya ini sudah termasuk customer service.
  2. Hubungi jasa pengiriman yang digunakan dan tanyakan apakah ada paket yang dikirimkan ke alamat anda. Dari pengalaman saya Pos Indonesia bisa melakukan ini tapi cukup lama karena dicek manual dan saya menunggu di kantor pusatnya. Jadi jangan diandalkan.

Sebagai pengirim:

  1. Datangi kantor agen ekspedisi tempat anda mengirimkan paketnya. Biasanya akan diminta memperlihatkan kartu identitas asli, dan kapan paket tersebut dikirimkan.

Tidak ada cara yang aneh dan rahasia dalam mengatasi masalah ini sesungguhnya. Cuma karena terburu – buru kadang tidak terpikirkan kalau cek resi tanpa nomor resinya adalah hal yang selama ini tidak mungkin.

Tags:

707 Comments

  1. Kartim Kartobi November 27, 2016

    Mas paket ini CGK8L05811272616 sekarang masih dimana? Dari kemaren statusnnya udah di Karawang tapi blm nyampe rumah juga..

    Balas
    1. Chandra November 28, 2016

      Betul mas, dan masih dibawa kurir sampai sekarang.

  2. muh alay qomar November 28, 2016

    bisa ndak pengirim mending paketannya?

    Balas
    1. Chandra November 28, 2016

      Oalah… maksudnya pending/menunda kiriman ya mas?Kalau instruksi paketnya diambil sendiri oleh penerima bisa mas. Tapi kalau menjagakan barang seperti kasus anda ya tidak. Gini aja mas daripada mas bingung, langsung tanya saja ke JNE apa ada paket ke alamat anda.

  3. arni November 28, 2016

    No resi sy 01649516003921 tp knp sy cek hasilnya tdk di temukan

    Balas
    1. Chandra November 29, 2016

      Pakai ekspedisi apa mbak? Kapan dikirimkannya? Kalau sudah lewat 24 jam dan masih ga ada biasanya antara nomor resi salah atau memang tidak ada kirimannya.

  4. Nhovi November 29, 2016

    pak… Cek Kiriman saya AN DOMINGGAS MAWENE : MXGAS02108065416
    sdah dimna??
    smpenya ke Jayapura kapan??

    Balas
    1. Chandra November 30, 2016

      Hari ini ada di Jayapura.

  5. indah febrianti November 30, 2016

    bisa gak yah lacak pengiriman kalo resinya hilang? saya pakai wahana . biasanya 2 hari sampai. tapi ini d kirim sabtu pagi sampai sekarang belom nongol paketannya.

    Balas
    1. Chandra November 30, 2016

      Halo Indah, biasanya bisa ditanyakan berdasarkan alamat penerima mbak.

      1. Maulana Januari 12, 2017

        Tapi kalo pake alat itu bisa lewat hp gak?

        1. Chandra Januari 12, 2017

          Alat mas? HP?

          Mohon maaf mas, saya ga nyambung ikuti pertanyaannya. Soalnya komentar diatas ngomongin tanya pakai alamat. Atau mas salah tulis? Tidak bisa ngecek kiriman pakai alamat kecuali tanya langsung ke agennya mas.

  6. Nhovi Desember 1, 2016

    Trimakasih…
    udh dri kmrin di jypra tapi kok blum nyampe2 rmah ya??

    Balas
    1. Chandra Desember 1, 2016

      Berarti masalah sortir gudang dan penjadwalan antar kurirnya mbak.

  7. [email protected] Desember 1, 2016

    Saya ada keluhan nie paket saya belum nyampe resinya hilang dan penjualnya tidak aktif untuk meminta resi balek 🙂 apa bisa dibantu, barang dikirim dari pekalongan jawa tengah oleh batik kramat, apa bisa dibantu

    Balas
    1. Chandra Desember 1, 2016

      Langsung tanya ke agen ekspedisinya di kota anda, berdasarkan alamat penerima. Kalau benar ada ya akan diinformasikan.

  8. wita Desember 2, 2016

    Saya mau tanya kalo udah seminggu pengiriman dan baru mau minta nomor resi ke jne nya apa masih bisa?

    Balas
    1. Chandra Desember 2, 2016

      Kok telat sekali mbak? Tapi bisa dicoba ke agen terdekat berdasarkan alamat penerimanya.

  9. nana Desember 2, 2016

    mas bisa gak ya cek kiriman saya dari kota batam tanggal 1 desember an risna liza permata di tuju kan ke polresrabes medan jl hm said no 1 kampu g durian

    Balas
    1. Chandra Desember 2, 2016

      Halo Nana, wah… saya bukan orang ekspedisi manapun mbak. Cuma share pengalaman saja.

      Bisa ditanyakan ke agen ekspedisi disana berdasarkan alamat penerima.

  10. delfahmi mario Desember 2, 2016

    Maaf mas saya hilang no resinya cmn ada nama pengirimnya ajah a/n rastam dari bandar lampung dan dikirim ke bandung a/n delfahmi mario kira” kapan sampenya ya saya pake paket yea udh 2hari ga ada yg sampe k rumah mohon kompirmasinya mksh

    Balas
    1. Chandra Desember 2, 2016

      Kalau antar pulau agak sabar mas, 4 harian lah kalau lancar. Tapi akan lebih baik kalau konfirmasi ke ekspedisinya langsung pakai alamat penerima.

  11. nita faramita Desember 5, 2016

    saya mau check paket kak tapi oleh pengirim belum dikasih no resi nya soalnya dia nggak aktif bbmnya , gimana ya solusi nya?

    Balas
    1. Chandra Desember 5, 2016

      Waduh… semoga beneran ada mbak. Langsung tanyakan ke agen ekspedisi yang digunakan berdasarkan alamat penerima.

    2. Putri peny kartikasari Januari 17, 2017

      Sma mbk.q jg,blm nympk mint no resiy.orgy dh ga bs dhubgi.dn sdh hmpir 2mgg ni.brag blm smpai.pa penipuan ya ni?

      1. Chandra Januari 17, 2017

        Saya tebak begitu mbak, nomor resi tidak dapat dan seller lenyap.

  12. Rinie Fadliani Desember 5, 2016

    Mas tolong cek no resi ini SUBH501829172815,Dari tgl 30 sampe skrg blm smpe,

    Balas
    1. Chandra Desember 5, 2016

      Saya sangat menganjurkan mbak tanya langsung ke JNE beneran ada atau tidak kirimannya: [email protected]

  13. Rinie Fadliani Desember 5, 2016

    No resi nya di cek juga tidak bisa mas

    Balas
  14. Thomas Panji Desember 6, 2016

    Mas nomor resi saya TGRBX00039762716 bisa tolong di cek sudah dimana mas? Soalnya td siang saya cek ada “on progress” skrg “not found” terima kasih mas

    Balas
    1. Chandra Desember 7, 2016

      Ada mas, masih dalam perjalanan dari Jakarta.

      1. wahyu Desember 10, 2016

        Mas coba cek resi saya 888106597855

        1. Chandra Desember 10, 2016

          Pakai ekspedisi apa mas? Saya cek tidak ditemukan, mirip JNT formatnya.

  15. fffarhhhan Desember 8, 2016

    CGKWZ05326352916 mas tolong cek resi ini. tadi pagi saya cek masih bisa tapi pas sore saya cek malah no resi tidak di temukan ada apa ya mas?

    Balas
    1. Chandra Desember 8, 2016

      Ada mas Farhan, kadang memang ngeglitch dan beberapa jam kemudian muncul lagi datanya.

  16. Rosi Desember 9, 2016

    Kak bisa bantuk cek no resi 888016997986 ekspedisi j&t express tidak valid terus 🙁

    Balas
  17. hanafi Desember 9, 2016

    gmna mas cara tanyanya klo lupa no resi dan hanya tau alamatnya aja

    Balas
    1. Chandra Desember 9, 2016

      Ga bisa mas. Harus tanya ke kantornya langsung.

  18. yuni ainiyyah Desember 10, 2016

    Mas mau tanya pengiriman saya atas nama yuni aini rifqi hidayat sudah smpai mn ya

    Balas
    1. Chandra Desember 10, 2016

      Mohon maaf mbak, saya bukan orang ekspedisi manapun. Mbak coba saja langsung datang ke agennya disana dan tanya berdasarkan alamat penerima.

  19. yuni ainiyyah Desember 10, 2016

    Sya ga di kasih no resi nya

    Balas
  20. Niken Desember 13, 2016

    Saya kirim dokumen penting lewat JNE paket YES dari Semarang ke Jakarta…saya kirim hari sabtu kemarin,kalau pakai YES harusnya hari Minggu sudah sampai,tapi sampai hari ini belum sampai juga.. bagaimana cara mencari tahu dimana dokumen itu, sedangkan no.resi’nya hilang…??

    Balas
    1. Chandra Desember 13, 2016

      Halo Niken, coba tanyakan ke agen tempat anda mengirimkan mbak biar dibantu mencarikan.

  21. Medot Desember 15, 2016

    2 hari yg lalu saya pakai jasa ojek online untuk mengantarkan paket saya ke jne untuk dikirim. Setelah ada pemberitahuan kalau barang sudah sampai jne, saya langsung memberi rating untuk si driver. Begonya saya, saya ga minta si driver untuk kirim foto resinya ke saya. Biasanya paket dari jakarta ke cilegon banten paling lama 2 (yg harusnya hari ini sudah sampai), tapi ternyata belum. Kira2 bagaimana cara saya cek status paketnya selain lewat resi ya? Saya jadi hawatir kalau paket tidak diantar ke jne ?

    Balas
  22. Tami Desember 16, 2016

    Kak dr kemaren resi TGR2K00075573716 barang masih departed from transit trs dr jakarta kenapa ya biasanya cepet loh.

    Balas
    1. Chandra Desember 16, 2016

      Biasanya menunggu jadwal kiriman mbak, dan ini memang sangat relatif dengan operasional di gudangnya.

  23. Dian Desember 19, 2016

    Tolong crk kiriman saya no. Resi pos 14135355067 dan 14135355054 tujuan wonodadi dari tgl 9 des sampe skrg blum sampai. Terimakasih

    Balas
    1. Chandra Desember 19, 2016

      Keduanya sudah diterima sendiri hari ini ya mbak.

  24. Zhella al aulia ramadami Desember 20, 2016

    Mas bisa cekan barang atas nma Zhella al aulia Ramadami kpan brang saya dikirim ke balikpapan

    Balas
    1. Chandra Desember 20, 2016

      Mohon maaf mbak, saya bukan orang ekspedisi manapun jadi ga bisa bantu kalau ini. Tapi anda bisa datang ke agennya di kota anda dan tanya berdasarkan alamat penerima.

  25. Zhella al aulia ramadami Desember 20, 2016

    Kaya mana yah saya ngk ada nmer resiny

    Balas
  26. Tika Octaviani Desember 21, 2016

    Mohon maaf. Saya mau tanya. Paket dakota resi 4749114 sampai mana ya? Dan atas nama siapa?
    Saya beli barang dari bekasi. Dan sudah sampai seminggu tidak sampai sampai di Bogor. Setiap hari saya cek trackingnya. Tapi ko tiba tiba hari ini sampai di Bandar Lampung. Penjual saya konfirmasi slow respon bgt, ga di baca baca bbm saya.
    Saya bingung, itu dia salah ngasih no resi atau gimana ya?

    Balas
  27. Sinta Desember 23, 2016

    Mas boleh minta tolong cek no resi tgrbh00344583316 makasih.

    Balas
    1. Chandra Desember 23, 2016

      Kapan dikirimkannya mbak? Ini dicek tidak ada soalnya.

  28. rikawahyuharjanto Desember 23, 2016

    Saya mau nanya nih kak…saya kirim paketan ..tp kok udah 3 bulan gak sampai ya ? Itu barang bisa kbali enggak ?mohon jawabannya ya kakak

    Balas
    1. Chandra Desember 24, 2016

      Nomor resinya masih ada mbak? Sudah dicek? Kalau belum diterima ya bisa dicoba diretur.

  29. witt Desember 24, 2016

    mas tolong cek kan resi 01072063869616 Pakai JNE dari kemaren tgl 21 kok sampai sekarang blm sampe padahal jakarta jogja biasanya 3harian sampe mas

    Balas
    1. Chandra Desember 24, 2016

      Jangan lupa mulai ini dekat libur panjang mbak, kiriman barang meningkat tapi ada beberapa lokasi JNE yang tutup. Otomatis overload.

      1. Fitri rosalina Desember 25, 2016

        Mas kalo hari ini bisa ngubungin pihak jne gak by phone?mau nanya nomor resi pengiriman..

        1. Chandra Desember 25, 2016

          Bisa saja mbak, sudah dicoba kah?

      2. mafrudoh Januari 2, 2017

        begini mas, teman saya ada yang mengirim paket dri tangerang untuk saya di serang, paket itu dia kirim ke kurir JNE sekitar seminggu yang lalu namun saya belumm juga menerima paketnya sedangkan no resi yan dia terima menghilang. lantas bagiamana mas?
        saya butuh paket itu

        1. Chandra Januari 3, 2017

          Waduh… mas coba tanyakan ke JNE terdekat apa ada kiriman menuju alamat rumah anda.

  30. Ridwan Desember 26, 2016

    mas kalau saya cuman dapet kode pembayaran itu langsung bayar aja di pos kota saya kah? jadi gaada resi nya

    Balas
    1. Chandra Desember 26, 2016

      Sebentar mas, belanja dimana cuma dapat kode pembayaran?

      Kalau dari BukaLapak, Tokopedia dan nama – nama besar lainnya ya aman – aman saja.

  31. desy marieska Desember 27, 2016

    Mas tolong dong cek barang saya a/n desy/jajang tujuan kuningan jawa barat sudah nyampe mana soal nya resi saya hilang,makasih

    Balas
    1. Chandra Desember 27, 2016

      Langsung kontak agen ekspedisi yang dipakai mbak, cari yang lokasinya terdekat biar dibantu.

  32. muhammad fauzi Desember 28, 2016

    mas tolong bantu saya minta resi yang hilang nama penerima =
    fauzi alamat jl.brawijaya di keday mie hot plate depan kantor asdp merauke nomer tlp 082335172707

    Balas
    1. Chandra Desember 28, 2016

      Saya bukan orang ekspedisi manapun mas. Segera datang ke agennya di kota anda dan minta bantuan melacak kirimannya pakai alamat tadi.

  33. Monica wulandari Desember 31, 2016

    Mas saya mau nanya ini mau nnya paket pengiriman ku udah sampe yogya belum. Soalnya pengirim ngirim paketku rabu tapi no resinya hilang. Dan pengirim tidak dapat dihubungi tapi rabu itu pengirim. Korim gambar bungkus pengiriman dengan atas nama saya

    Balas
    1. Chandra Desember 31, 2016

      Kalau ga diberi resinya ya anggap tidak ada kiriman mbak. Nomor resi hilang itu aslinya bisa ditanyakan ke JNE asal, ini kalau sellernya niat dagang.

      Tapi mbak bisa tanya ke JNE Pusat: [email protected] untuk memastikannya kalau mau.

  34. Andoni Alexander Januari 2, 2017

    kak saya minta bantuan,nya, ada dimana paket kiriman saya, soal,nya saya gak dikasih no resi JNE,nya oleh penjual, dan saya gak bisa kontekan sma penjul,nya pesan transaksi sudah diblockir sma penjual,nya..
    atas nama :Andoni Alexander
    alamat :Jl.Raya Prancis gang nurul falah Rt:003 Rw:016, Rumah No47.
    produck pesanan:Baju ”YOGS REDROSE”
    Kak saya Mohon dibantuan anda.

    Balas
  35. Andoni Alexander Januari 2, 2017

    Bantu saya kak,
    Kaka coba tanya ke yogs store yang bertempat di tebet jakarta selatan..
    Tanyakan kiriman buat saya yg bernama Andoni Alexander,. yg pesan baju yogs redrose.
    karena saya gak dikasih no Resi JNE , udah gitu saya gak bisa kirim pesan ke dia lgi kak, udh diblok chatan saya sma dia..
    saya takut ditipu… bantu saya kak.

    Balas
    1. Chandra Januari 3, 2017

      Waduh mas… kalau sampai diblokir ya kemungkinan besar memang ditipu.

      Mas bisa tanya langsung ke ekspedisinya apakah ada kiriman untuk alamat anda.

  36. Zufar Januari 3, 2017

    Saya mau nanya nih paket saya blom sampe udah 4 mingguan terus resinya hilang kata pengirimnya sabar mulu saya udah gelabakan kepikiran katanya udah dikirim tapi aampe aekarang belum ada sampe kaya apa ya caranya klo mau ngambil barangnya langsung gitu tanpa resi?

    Balas
    1. Chandra Januari 3, 2017

      Kalau sellernya niat dagang tinggal tanya ke agen ekspedisi asal apa nomor resinya. Masa 4 minggu ga pernah ke ekspedisi lagi.

      Mas bisa langsung tanya ke agen ekspedisi yang digunakan di wilayah anda berdasarkan alamat penerima dan namanya.

      1. Zufar Januari 4, 2017

        Katanya resi pengirimannya kebuang nah saya pingin nya langsung ke kantor jne di daerah saya bisa gak ya takutnya harus pake resi..

        1. Chandra Januari 4, 2017

          Bisa mas minta bantuan ke ekspedisinya apakah ada kiriman ke alamat penerima.

  37. rully Januari 4, 2017

    minta tolong cek kan nomor resi sy kak.. 15285869937 kiriman dari tgl 28 kmarn lwat pos smpe skrg kok blm tiba” juga sy bingung knp tiap kali cek nomor resinya kiriman sy kok cmn tetap” sja tmpatnya gk beubah”.. sharusnya biasanya udh tiba dri kmarn.. mksih sblmnya..

    Balas
    1. Chandra Januari 4, 2017

      Memang seperti itu mas sistem trackingnya kantor pos: https://utekno.com/memahami-alur-pelacakan-resi-kantor-pos-13863

  38. Yusma Januari 4, 2017

    Mas mau nanya… klo cek pngiriman tanpa no resi bisa gak y?

    Balas
    1. Chandra Januari 4, 2017

      Ga bisa mas.

  39. Octafian Januari 5, 2017

    Permisi gan, saya mau tanya kalau mau ambil barang tapi tanpa nomor resi apa kah bisa?, no resi tidak ada karena orang yang mengirim barang sudah kembali kekampung dan nd ada sinyal buat menanyakan resinya, trims

    Balas
    1. Chandra Januari 5, 2017

      Bisa dicoba, pastikan alamat penerima dan KTP siap. Tanyakan dulu apa ada kiriman untuk alamat dan identitas yang dituju.

  40. RINALDI Januari 5, 2017

    Permisi gan,
    Mau tanya Kalau No Resi Hilang trus cara Ambil barangnya gimana ya??
    Soalnya saya KOS, dan Alamat Kirimnya ke Rumah Teman saya, tapi pakai Nama saya….
    Karena saya sibuk jadi jarang di Kos,,, klu kirim kos takut tdk ada yg terima…
    bisa Minta Solusinya…….

    Balas
    1. Chandra Januari 6, 2017

      Langsung ke ekspedisi dan tanyakan paket dengan alamat yang dituju. Siapkan KTP saat diminta mas. Mestinya bisa.

      Ga mungkin tanya ke pengirimnya mas?

  41. firayu Januari 7, 2017

    mas no resi 02020399304517 udah nyampe mana ya? ka uda 3 hari smpe saketi pandeglang blm datang juga??

    Balas
    1. Chandra Januari 7, 2017

      Itu maksudnya sedang menunggu jadwal ke wilayah tujuan mbak, tidak setiap hari ada berarti.

  42. Ardiant Dea Herlambang Januari 9, 2017

    Kalo lewat poslogistics bisa di check gak ya. Udah 3 hari kirim motor jogja ke bekasi. Cara checknya gimana ya

    Balas
    1. Chandra Januari 9, 2017

      Tampaknya beda mas. Ada nomor resinya?

      Kalau terpaksa ya tanya kesini: http://www.poslogistics.co.id/web/postics/hubungi-kami.html

  43. fadli Januari 10, 2017

    saya mau tnya tatus kiriman saya saya beli barang di lazada.com .. nama saya FADLI IS AMBO alamat GORONTALO KAB.BOALEMO KEC.TILAMUTA .. mohon infonya

    Balas
    1. Chandra Januari 11, 2017

      Mas sudah dapat nomor resinya belum? Sudah cek email dan akun Lazadanya?

  44. tiyan Januari 15, 2017

    Ka toloNg di cek dong faket saya blum nyampe juga. ? Ini No resi Nya CGK8C00458233617

    Balas
    1. Chandra Januari 15, 2017

      Loh sudah dibawa kurir sejak tanggal 12 kemarin mas. Coba kontak JNE setempat.

  45. tiyan Januari 15, 2017

    Udah 6 solnya belum sampe juga mohon bantunya..

    Balas
  46. Merci Januari 15, 2017

    Hallo kak, pengirim barang bilang No resi hilang dan dia udah nanya, kata mbaknya karna tahun baruan jadi agak lama tapi barangnya dikirim dari tanggal 27 desember 2016 skrg blm nyampe padahal sudah 2 Minggu lebih

    Balas
    1. Chandra Januari 15, 2017

      Biar mbak ga diPHP lagi, segera kontak agen ekspedisinya di dekat rumah dan tanyakan apa ada kiriman ke alamat anda. Tanpa nomor resi ya tidak bisa dipastikan apakah benar ada kirimannya.

  47. muhaimin Januari 16, 2017

    Barang saya kok lum nyampek ya,,atas nama muhaimin dari kanigoro jawa timur ke kalimantan timur muara wahau sangata

    Balas
    1. Chandra Januari 16, 2017

      Kalau ga ada nomor resinya sebaiknya kontak pengirim minta lagi mas. Apabila terpaksa langsung kontak ke ekspedisi yang dipakai apa benar ada kiriman ke alamat anda.

  48. Panji kharisma Januari 18, 2017

    Mnta tolong dong no resi 800197980517
    Kok di JNE data nya not found??
    Trima kasih sebelumnya

    Balas
    1. Chandra Januari 18, 2017

      Ini kiriman kapan mas? Kalau lewat 24 jam coba kontak pengirimnya dan tanyakan ke JNE: [email protected].

  49. Ais Januari 27, 2017

    Wkwkwkkw neh admin dah kaya tukang post ajah, banyak yg minta cek barang dah nyampai mana ? dan bla bla wkwkkw nggak bisa cek sendiri atau bagai mana, kasian admin, maaf min numpang ketawa doang

    Balas
    1. Chandra Januari 27, 2017

      Haha 🙂 Saya bantu sebisanya kok mas, mungkin karena pengirimannya ga wajar jadi pada galau.

  50. andre aga Januari 27, 2017

    mas cara mengecek barang dari JNE menggunakan alamat gmana mas?

    Balas
    1. Chandra Januari 27, 2017

      Harus tanya langsung ke JNE mas, telepon atau datang sendiri.

      1. andre aga Januari 28, 2017

        gmana cara tanya ke JNE nya mas?

        1. Chandra Januari 28, 2017

          Antara mas telepon atau datang sendiri ke JNE.

Tulis komentar...