Nomor resi hilang atau lupa?

Dalam proses pengiriman paket dengan menggunakan berbagai macam jasa ekspedisi maka kita akan mendapakan nomor resi (Istilah lainnya: AWB: Airway Bill, Connote: Consignment Note, Barcode, Tracking number, dan sebagainya) yang bisa kita gunakan untuk melakukan pelacakan paket. Yang jadi masalah kalau kita kehilangan nomor resinya atau lupa. Apa yang bisa dilakukan sebagai solusinya?

Singkatnya anda tidak bisa melakukan cek nomor resi pengiriman paket kalau tidak memiliki nomor resinya. Jadi memang tidak ada cara lain melacak paket anda kalau tidak ada kode yang bisa dipakai untuk mengidentifikasinya. Bayangkan paket sebanyak itu jelas susah kalau tidak ada cara membedakannya.

bogdanco / Public Domain

Bagaimana kalau menggunakan nama? Jelas setiap pengiriman pasti ada nama penerimanya, apakah bisa dibuat cek resi? Sayangnya tidak ada sistem tracking paket yang bisa memakai nama orang yang dituju. Saya kira ini disebabkan untuk melindungi privasi pelanggannya dan tidak ingin memperumit sistem yang anda.

Oke, kalau alamat kan lebih spesifik lagi? Kalau maksud anda tetap untuk pelacakan online saya belum pernah menemukannya. Tapi… saya pernah menggunakannya saat ingin menanyakan paket ke Pos Indonesia, jadi saya tanyakan apakah ada paket yang menuju alamat rumah. Mereka cuma minta bukti identitas untuk memastikan bahwa saya adalah orang yang dituju.

Apa yang bisa dilakukan?
Sebagai penerima:

  1. Tanyakan lagi ke pengirimnya. Sekaligus minta foto bukti pengirimannya untuk mencegah salah paham.
    Dari curhatan beberapa pengunjung ternyata ada penjual yang agak judes kalau diminta nomor resinya kembali. 🙁 Mungkin ini yang menyebabkan pelanggannya kelabakan mencari cara alternatif, padahal seharusnya ini sudah termasuk customer service.
  2. Hubungi jasa pengiriman yang digunakan dan tanyakan apakah ada paket yang dikirimkan ke alamat anda. Dari pengalaman saya Pos Indonesia bisa melakukan ini tapi cukup lama karena dicek manual dan saya menunggu di kantor pusatnya. Jadi jangan diandalkan.

Sebagai pengirim:

  1. Datangi kantor agen ekspedisi tempat anda mengirimkan paketnya. Biasanya akan diminta memperlihatkan kartu identitas asli, dan kapan paket tersebut dikirimkan.

Tidak ada cara yang aneh dan rahasia dalam mengatasi masalah ini sesungguhnya. Cuma karena terburu – buru kadang tidak terpikirkan kalau cek resi tanpa nomor resinya adalah hal yang selama ini tidak mungkin.

723 pemikiran pada “Nomor resi hilang atau lupa?”

  1. Halo mas. Saya mau tanya mengecek status paketan tanpa no.resi tapi pake no.barcode apa bisa? Kalo bisa bagaimana caranya? Krn saya hanya dikasih no.barcode oleh si pengirim

    Balas
  2. Mas mau tanya? Biasa paket regular 1-2hari , biasanya plg terlambat brp hari ya?
    Kmrn saya mnt no resi nya ke olshop , katanya brg uda dikirim senin kmrn tp blm dikasi no resi ama pihak jne ..
    Olshopnya terpercaya sii kr aku dptnya dr artis2 yg pk olshop itu,
    Cm yg saya takutkan yg ngirim salah komplek lg kayak kemarin ..
    Apa pihak jne nya masi lg suasana lebaran ? Atau overload ?
    Mohon pencerahannya mas , trims

    Balas
    • Halo Eni, wah… kalau ga ada nomor resi ya ga bisa apa – apa mbak. Dan reputasi artis dengan iklannya itu ga ada hubungannya lho mbak. Mereka kan dibayar buat promosi.

      JNE itu pasti kasih nomor resi mbak, walaupun yang manual. Lha di kertas slip bukti pengiriman sudah tertera (pracetak), kecuali kalau ga ngirim ya ga dapat mbak.

  3. Mas, mau nanya ni. Aq krm barang lewat jne tp nomor resi y ke hapus, gimana mas cara y utk mengecek barang y? apa bisa pakai nama pengirim gitu. Makasih

    Balas
    • Halo Armunanto, wah… nama ekspedisi yang jarang digunakan nih mas. Keduanya sudah beberapa tahun tidak bisa dilacak secara online kirimannya. 🙁 Cuma pajangan doang di websitenya.

      Bahkan untuk Elteha ini dulu wajib telepon ke kantor pusat kota masing – masing buat melacaknya. Ga perlu nomor resi malah, cuma ditanya dari mana kemana dan siapa penerimanya.

  4. Mau nanya kak. Inikan aku belanja, pengirimnya gamau ngasih no resi. Aku chat tp ga dibls2 di read aja engga. Tp giliran tanya udh dikirim/belum dia jawabnya sudah. Aku cm mau mastiin ini kesalahan dr pihak olshop atau jne nya. Aku mau ngecek ke jne kan gaada no resi. Bingung kak tlg sarannya. Mksh

    Balas
    • Halo Leni, wah… kalau ga ada nomor resinya ya mana tahu benar tidak barangnya sudah dikirim. Tanya ke JNE saja pasti ditolak kalau ga ada nomor resinya.

      Nomor resi itu pasti dapat mbak, ga mungkin tidak. Lha pas bayar dapat bukti kirim dan tercetak kok.

  5. Halo pak chandra, saya abis beli hijab di onlineshop. Alamat sudah saya tulis benar,cuma kurang kode pos sama rt/rw aja. Tadi saya cek nomor resi juga not found. Bisa dibantu cek resi pak? DDOHG00017046916, itu nomor resi nya. Saya tanya ke onlineshop yang saya order gada respon pak. Mohon dibantu. Terimakasih sebelumnya.

    Balas
    • Halo Deta, ini pertama kali saya tahu ada kode JNE yang diawal DD untuk resinya. Dan kalau tidak bisa dilacak maksimal 24 jam sejak dikirimkan ya berarti tidak ada kirimannya mbak.

  6. Malam pak, saya mau nanya. Barang sudah di jne hari ini untuk pengiriman besok. Apakah besok masih bisa kita batalkan untuk pengirimannya, sementara bukti pengiriman sudah kita terima..

    Balas
    • Halo Resty, ini kantor pos mbak? Kalau asal dan tujuan sama – sama kota ya 1-2 hari mbak, tapi kalau salah satu ada di luar pulau atau kecamatan seminggu lewat pun bisa.

  7. Selamat siang , saya vitri , saya mau tanya ni , kalo pengiriman hari senen dari bandung ke jakarta kira kira berapa hari ya ?
    Nah yang saya persulitkan saya tidak diperboleh kan minta nomer resinya , nah minta tolong dong gimana cara pengecekan nya , terimakasih tolong dibalas .

    Balas
  8. Maaf pak candra saya mau tanya.. Saya udah nunggu paket satu minggu.. Katanya paket dtang skitar 5hari(dri jombang ke madiun).. Nah kn udah klewat, saya mnta nomor resi nya tp pihak pngirim sulit dihubungi dn smpai skr blom dpt nomor resi.. Ini ada cara lain buat cek nya apa nggak kalo seumpama gak pake nomor resi?? dn yg saya tkutkan brang sudah di smpai di kota saya tp belum dikirim dr pihak ekpedisinya.. Krna ada pihak ekspedisi sini yg kirim barangnya ditunda2.. Gimana solusinya pak..?

    Balas
    • Halo Amel, yang saya takutkan malah sebenarnya tidak ada barang dengan nomor resi tersebut mbak. Lha tahu darimana benar dikirim atau tidak kalau tidak ada nomor resinya.

  9. Maaf pak, saya udh 2 minggu kirim paket, tapi paketnya blm sampai jg ke tgn konsumen.. sedangkan saya wkt itu ngirim paket dititipkan sama teman, pas saya minta no resinya ilang lupa nyimpen gtu.. gmna yah ??

    Balas
  10. Maaf pak mau nanyak aku kan dpet kiriman pket JNE dri lmpung keserang y jdi masalah slah penulisan almat ujung ny sama no tlpn saya,, Rt/Rw ny mah bner kecamatan ny juga bner,kota ny juga bner kira” bisa nympk gk ya pak barang nya
    Makasih

    Balas
  11. ane dropshipper ni om….
    nah supliyer ane di jkt… nah apa bisa ane minta print/scan/atau apalah ke jne melalui email dan bakala dikasih ngk ya ama jne nya…

    klo bisa.. apa yg harus ane isi selain no resi di email yg ane kirim atau hanya perlu no resi, nama/asal/no hp shipper, nama/tujuan/no hp si penerima paket

    atw ane bisa minta lagsung ke agen jne di kota ane

    coz supliyer ane ngk bisa ngasih poto resi dngan alasan banyak orderan… sedangkan ane di luar jawa

    Balas
  12. Malam pak chandra, sya mau konsultasi, rekan saya dr jakarta mengirimkan paket melalui jasa pengiriman TIKI pda hari senin kemarin tgl.22 agustus 2016 pukul 09:08 , nah rekan saya khilangan nomor resi nya pak, apa bisa saya ambil paket nya tanpa nomor resi pak? Mohon penjelasannya pak, thanks sebelum dan sesudahnya pak, salam.

    Balas
  13. Mas candra, minta solusi nih.. Saya pernah mengirim paket melalu pos indonesia. Masalahnya paket tersebut dikirim tahun 2013, dan saat ini bukti pengiriman tsb sangat dibutuhkan untuk keperluan kantor. Tapi sayangnya bukti pengiriman tsb hilang, kira2 apa yg harus sy lakukan utk bisa mendapatkan no resi pengiriman tsb? Terima kasih sebelumnya..

    Balas

Tulis komentar...